#

Pimpin Apel Gabungan, Wali Kota : Di Balik Kemampuan Pemimpin Yang Baik Itu Ada Kemampuan Anak Buah Yang Baik

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate menggelar Apel Gabungan ASN dan Non ASN di Lapangan Ngaralamo, Kelurahan Soa-Sio. Kecamatan Ternate Utara. Senin (23/9/24).

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bertindak sebagai Pembina Apel dan diikuti juga oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM., Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Sekolah, Camat serta Lurah di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam arahannya menyampaikan bahwa apel gabungan ini merupakan bentuk solidaritas ASN maupun Non ASN di lingkup Pemerintah Kota Ternate.

“Tentunya, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan/karyawati maupun para pimpinan OPD, para camat, guru yang hadir di kesempatan apel gabungan kali ini,” tuturnya.

Wali Kota memaparkan, ASN dan Non ASN Kota Ternate sejak dulu dikenal sebagai pegawai yang sangat solid. "Kita semua dibangun dengan kebersamaan dan sengaja direkat untuk memupuk soliditas karena memang itu adalah kunci kita untuk bisa bekerja,” jelas Wali Kota.

Menurutnya, sebuah pekerjaan yang berat jika dilakukan secara bersama-sama akan jauh menjadi lebih ringan. Ini adalah pandangan positif dari luar kepada Pemerintah Kota Ternate, bukan sekadar unjuk kekuatan atau show of force, tetapi juga ingin memperlihatkan bahwa Pemerintah Kota Ternate punya nilai kebersamaan.

“Dari dulu saya sangat percaya dengan ASN, Non ASN dan pimpinan OPD. Jika pimpinan tidak percaya kepada bawahannya Itu namanya bunuh diri. Hal ini karena, tidak mungkin secara full kita bisa sendiri melakukan tugas tanpa ada bantuan orang lain,” jelasnya.

Wali Kota mengatakan, terdapat cara atau strategi untuk menggerakkan seluruh ASN maupun Non ASN, yakni dengan cara memberi ruang, misalnya ruang kreativitas dan inovasi kepada seluruh OPD maupun masing-masing individu agar dapat bekerja dan berprestasi.

Lebih lanjut, Wali Kota menambahkan bahwa disiplin dan taat pada aturan juga menjadi kunci utama. Ini modal manajemen kepegawaian atau manajemen pemerintahan. Pemerintah Kota Ternate sendiri menjadi salah satu kota dengan penerapan manajemen pemerintahan yang baik, banyak prestasi yang didapat dari tahun-tahun sebelumnya sampai tahun ini karena penerapan prinsip manajemen yang baik.

“Saya menyampaikan terima kasih, terkait seluruh prestasi, yang telah diraih, itu bukan prestasi pribadi saya selaku Wali Kota, melainkan prestasi kita semua. Saya bertugas mengarahkan, dan di balik kemampuan pemimpin yang baik itu ada kemampuan anak buah yang baik,” tegasnya.

Wali Kota berpesan untuk terus menjaga performance pemerintah atau kinerja dengan baik. “Ukurannya adalah kita. Contoh yang paling penting yaitu rutinitas pengangkutan sampah, saya minta agar ini harus dijaga betul. Apa saja yang terkait dengan tata laksana di Kota Ternate harus dijaga, dalam konteks tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing dinas."

Saat ini Pemerintah Kota Ternate telah mengeluarkan sebuah kebijakan baru, yang disebut dengan ASN Peduli dan bersumber dari Korpri. “ASN Peduli adalah bentuk kesetiakawanan yang berikan kepada ASN kita," jelas Wali Kota.

Wali Kota berharap agar kebijakan ini mampu menjadi pemacu untuk lebih merekatkan antara satu dengan yang lain.

Wali Kota juga mengingatkan untuk tetap menjaga netralitas serta profesionalitas, dan tetap fokus pada tugas paling utama yakni sebagai pelayan masyarakat.

Apel gabungan tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) pensiun bagi ASN Kota Ternate TMT Oktober 2024 san penyerahan bantuan rehabilitasi rumah untuk pegawai Pemerintah Kota Ternate. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pemkot Ternate Serahkan Aset SMAN 8 Kota Ternate Kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM atas nama ...

#

Pimpin Apel Gabungan, Wali Kota : Di Balik Kemampuan Pemimpin Yang Baik Itu Ada Kemampuan Anak Buah Yang Baik

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate menggelar Apel Gabungan ASN dan Non ASN di Lapang ...

#

Wali Kota Ternate Resmikan 79 Rumah Layak Huni di Kelurahan Kasturian

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Kepala Dinas P ...

#

Wali Kota Lakukan Kunjungan Kerja di Pulau Moti

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama sejumlah Kepala O ...