#

Wali Kota Ternate Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana 2024 di Bandung

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Kegiatan yang berlangsung di Pullman Grand Central Bandung pada Hari Rabu 24 April 2024 ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin. Kegiatan ini sendiri diikuti lebih dari 2.000 peserta yang terdiri dari Kepala Daerah seluruh Indonesia serta instansi dan lembaga terkait kebencanaan.

Wali Kota dalam kesempatan tersebut menyampaikan tentang komitmen Pemerintah Kota Ternate untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai risiko bencana. Mengingat Kota Ternate sendiri termasuk dalam daerah berkategori rawan bencana alam, komitmen akan kesiapsiagaan ini patut untuk menjadi fokus bagi Pemerintah Kota Ternate maupun seluruh elemen Masyarakat. Untuk itulah, terkait kesiapsiagaan ini harus mengedepankan kolaborasi serta memperkuat kerja sama antar seluruh pihak terutama antara Pemerintah daerah dengan pemerintah pusat dalam upaya pencegahan, mitigasi, dan tanggap darurat bencana.

“Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2024 seperti ini menjadi momentum penting bagi pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya untuk merumuskan langkah-langkah strategis guna meminimalisir dampak bencana dan melindungi keselamatan serta kesejahteraan masyarakat,”ujar Wali Kota.

Selain itu, sesuai dengan amanat yang disampaikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia terkait dengan tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu “Pengembangan Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana", tentunya ini menjadi tugas bagi seluruh pemerintah daerah agar dapat menindaklanjuti arahan tersebut, karena arahan dan tema rakor ini memang relevan dengan apa yang terjadi di daerah. Seperti yang kita ketahui seluruh aspek kehidupan bergerak maju dan tumbuh beriringan dengan kemajuan teknologi yang mana seluruh sumber daya dituntut untuk terus berkembang dan berinovasi. Hal tersebut berlaku pula dengan kesiapsiagaan bencana, perlu adanya pengembangan teknologi serta peningkatan kapasitas sumber daya dalam berinovasi terkait upaya pencegahan, mitigasi, dan tanggap darurat bencana, yang mana tujuannya untuk dapat lebih menekan jumlah korban serta yang paling penting kesiapan dalam menghadapi pasca bencana.

Kedepan Pemerintah Kota Ternate akan berkomitmen untuk terus berbenah terkait hal tersebut, dan tentunya memerlukan kolaborasi dan partisipasi aktif yang aktif seluruh elemen Masyarakat baik para pemangku kebijakan maupun Masyarakat Kota Ternate sendiri.

Berita

Berita Lainnya

#

Pemkot Ternate Peringati HUT ke 25 dan Hari Otonomi Daerah ke 28

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si memimpin Upacara Peringatan ...

#

Peringati HUT Pemkot Ke-25, IKA 1996 SMPN 4 Kota Ternate Gelar Bakti Bersih Lingkungan

PEMKOT TERNATE - Ikatan Keluarga Alumni 1996 SMPN 4 Kota Ternate menggelar kerja bakti pem ...

#

Wali Kota Buka Kegiatan Kampanye Lawan Obesitas di Ternate Dan HKG PKK Ke-52

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si secara langsung membuka ke ...

#

Pemkot Ternate Gelar Nobar, Masyarakat Bakal Saksikan Semifinal Indonesia VS Uzbekistan di Piala AFC U-23

PEMKOT TERNATE — Pemerintah Kota Ternate, bakal menggelar nonton bareng (Nobar) laga sem ...