#

Wali Kota Ternate : Serukan Kolaborasi dan Aksi Iklim , Wujudkan Ternate Geopark Nasional

PEMKOT TERNATE - PT Pertamina Patra Niaga DPPU Babullah bersama dengan IAGI Maluku Utara, Pokdarwis Limau Ma Tubu dan Ternate Geopark Youth Forum menyelenggarakan Konservasi Geowisata Batu Angus: Youth Clean-Up pada 28 Oktober 2022 di Zona III Batu Angus.

Kegiatan yang dihadiri oleh Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dan sejumlah Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Ternate tersebut juga merupakan peluncuran Kampung Wisata Tubo Pro Iklim.

Sejak 2021, PT Pertamina Patra Niaga DPPU Babullah telah merealisasikan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility (CSR)) di Kelurahan Tubo melalui program Kampung Eduwisata Tubo. Program tersebut turut berkontribusi mendukung pemerintah dalam penetapan warisan geologi Batu Angus sebagai Geopark Nasional.

Dalam sambutannya Wali Kota Ternate menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan yang apa sudah dijalankan oleh Pemerintah Kota Ternate. Terlebih, di Ternate, terdapat 43 titik Batu Angus, dan seluruh titik ini sedang diarahkan menjadi geowisata, tidak sekadar geopark. "Semoga Batu Angus secepatnya bisa diakui sebagai geowisata nasional," ucapnya.

Lebih jauh, Wali Kota mendorong Kelurahan Tubo menjadi kawasan Geowisata Batu Angus. Pasalnya, Tubo merupakan satu dari sekian kelurahan yang memiliki Batu Angus. Kegiatan Youth Clean-Up ini juga diharapkan bisa memicu kepedulian warga umumnya dan anak muda khususnya untuk lebih menjaga kebersihan di Batu Angus.

"Ini juga pekerjaan rumah Camat Ternate Utara dan Lurah Tubo untuk mendorong warga lebih peduli menjaga kebersihan," tandasnya.

Adapun Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku Utara Deddy Arif mengapresiasi kegiatan ini sebagai wujud aksi iklim dan bentuk nyata keberpihakan pemuda untuk mewujudkan Geopark Ternate. "Jika dikaitkan dengan SDG's aspek mitigasi dan perubahan iklim, kegiatan itu semakin penting," tambahnya.

Sementara itu, Spv Rec, Sto, & Dist PT Pertamina DPPU Babullah Yusmardono menyatakan, Tubo merupakan lokus dari realisasi program CSR PT Pertamina Patra Niaga DPPU Babullah. Ia berharap agar Pokdarwis Limau Ma Tubu bisa menjadi aktor penggerak pariwisata tidak hanya di Tubo, tetapi juga Ternate. Di samping itu, ia juga menekankan bahwa perubahan iklim merupakan masalah yang menjadi perhatian di level global.

"Itulah sebabnya, peluncuran Kampung Iklim di Tubo menjadi penting sekarang ini," ujarnya.

Ketua Pokdarwis Limau Ma Tubo Sufahri menyebutkan, kegiatan ini merupakan satu dari sekian program Eduwisata Tubo. Ia berharap bahwa pemerintah mendukung apa yang sudah dilakukan oleh Pokdarwis, seperti kegiatan konservasi Batu Angus.

Tidak lupa, ia menyoroti krisis iklim di Maluku Utara, wilayah yang terdiri dari kepulauan-kepulauan. Tanpa adanya tindakan nyata, pengikisan bibir pantai akan terjadi terus menerus. "Jadi, kita semua harus memberikan perhatian pada masalah perubahan iklim," tambahnya. (Tim IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Hari Ini, Sejumlah Lurah dan Pejabat Pemkot Ternate di Lantik

Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME melantik dan mengambil sumpah/janji Pej ...

#

Wali Kota Ternate : Serukan Kolaborasi dan Aksi Iklim , Wujudkan Ternate Geopark Nasional

PEMKOT TERNATE - PT Pertamina Patra Niaga DPPU Babullah bersama dengan IAGI Maluku Utara, ...

#

Wali Kota menjadi Irup pada Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menjadi Inspektur Upacara p ...

#

Sekda Kota Ternate Lantik 4 Pejabat Disdukcapil

PEMKOT TERNATE - Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME. melantik dan mengambi ...