Jumat, 05 Juni 2020
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
28 Maret 2020 - 21:57:59 - Read: 367

Ini Website Resmi Diskomsandi Ternate Bersama ZIT Ternate Yang Memuat Tentang Perkembangan COVID-19

DISKOMSANDI - Mencermati perkembangan penyebaran Covid 19 di Indonesia yang sudah sampai ke Kota Ternate maka Dinas Kominfo Kota Ternate bekerja sama dengan komunitas ZIT Ternate, membuat aplikasi berbasis website guna memantau dan menginformasikan kepada warga Maluku Utara umumnya dan warga Kota Ternate khususnya tentang penyebaran wabah Covid 19 di wilayah Ternate dan Maluku Utara.

Selain menginformasikan perkembangan covid-19, webaite dengan alamat website : covid19.ternatekota.go.id juga diharapkan mampu menetralisir informasi atau berita-berita hoax terkait coronavirus di Maluku Utara.

Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Ternate, Wahyu S Permana dalam keterangan resminya menjelaskan, konten website covid19.ternatekota.go.id berisi informasi jumlah pengidap serta informasi tentang edukasi virus corona dan informasi Hoax Buster.

"Aplikasi ini juga dilengkapi dengan peta sebaran berbasis MAP GIS. Website ini akan terus dikembangkan dengan penambahan fitur seiring dengan perkembangan penyebaran virus corona," kata Wahyu melalui telepon selularnya.

Dia berharap, dengan adanya website ini, masyarakat dapat mendapat informasi yang akurat dan valid, "Sehingga tidak ada lagi berita atau informasi liar yang kemudian membuat masyarakat resah dan panik," tukasnya. 

Sementara itu, Ketua ZIT Ternate, Muzamil atau akrab disapa Jemz mengatakan, sejak awal ZIT sudah mengikuti perkembangan pandemik ini sejak virus corona melanda Wuhan, kemudian menyebar ke beberapa negara.

"ZIT berpikir, jika seandainya virus ini sampai ke Indonesia, maka informasi harus segera disampaikan ke masyarakat secara luas. Informasi dari WHO saja tidak cukup. Bahkan informasi skala Nasional masih membuat masyarakat khususnya di Ternate kebingungan untuk mendapatkan informasi yang dapat dipercaya," kata Jemz melalui aplikasi pesan, telegram.

Maka dari itu, ZIT Ternate menilai lingkup informasi harus lebih didekatkan lagi, yakni dengan menggandeng instansi lokal dalam hal ini Pemerintah Kota Ternate.

"Alhamdulillah, dalam waktu yang bersamaan, Dinas Kominfo Kota Ternate juga memiliki inisiatif yang sama, yang kemudian menggandeng komunitas Zona IT Ternate untuk dapat membantu membuat sistem informasi seputar pandemik ini," tuturnya.

Jemz memastikan, data yang dipublish melalui portal ini, valid, sebab data yang ditampilkan merupakan data resmi pemerintah.

Sementara, Sulwan, salah satu staf ZIT yang ikut membangun website covid19.ternatekota.go.id Terkait menjelaskan, proses update data dalam portal covid-19.ternatekota.go.id, disadur dari website resmi pemerintah pusat yang telah menyediakan API data tentang COVID-19.

"Yang diudate bukan hanya soal angka-angka perkembangan covid-19, namun untuk menangkal berita-berita hoax, kami juga menampilkan di website, sehingga masyarakat memiliki pemgetahuan tentang mana berita atau informasi yang valid, mana i.formasi hoax, semua kita tampilkan," ujar Sulwan, sembari berharap, portal ini dapat berguna bagi warga Maluku Utara, khususnya Kota Ternate.

Untuk mengakses informasi perkembangan COVID-19, bisa diakses melalui,  https://covid19.ternatekota.go.id. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA