Jumat, 05 Maret 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
15 Januari 2021 - 22:01:12 - Read: 215

Pencanangan Vaksin Covid-19 di Kota Ternate Resmi Dimulai

DISKOMSANDI - Pencanangan vaksinasi virus Covid-19 (Sinovac) di Kota Ternate resmi dimulai, Jum’at (15/1/2021) di Puskesmas Perawatan Siko, Kalurahan Siko Kota Ternate Utara.

Sebanyak 1664 dosis vaksin telah disiapkan pemerintah untuk masyarakat Kota Ternate. Program suntik vaksin perdana di Kota Ternate dibuka oleh Wali Kota Ternate, Dr. H.Burhan Abdurrahman SH. MM, dihadiri oleh Wakil Wali Kota Ternate dan jajaran serta Forkompimda yang akan menjadi relawan untuk vaksinasi Covid-19.

Ada 4 tahap yang harus dilalui oleh para relawan penyuntikan vaksin yakni, pendaftaran, screening, proses penyuntikan serta observasi dan penerimaan kartu vaksin.

Screening dilakukan untuk mengetahui apakah relawan aman menerima vaksin dilihat dari riwayat penyakit, barulah dapat diputuskan apakah proses penyuntikan dapat dilanjutkan atau tidak. Setelah itu, perlu observasi selama 30 menit untuk memastikan para relawan tidak menunjukkan efek samping dari vaksin tersebut.

Dari hasil screening, ada beberapa relawan yang harus ditunda vaksinanya dikarenakan tekanan darah tinggi, namun hal tersebut tidak mengganggu jalannya acara penyuntikan vaksin perdana.

“Mengingat betapa pentingnya pemberian vaksin Covid-19 ini maka melalui kesempatan ini saya berpesan agar pada tahap pertama dan kedua pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan dan TNI/Polri, aparat hukum dan petugas pelayanan publik yang nantinya telah discreening dapat melakukan vaksinasi sebagai wujud contoh terhadap masyarakat,” ujar Wali Kota Ternate, H. Burhan Abdurahman dalam sambutannya saat melakukan pencanangan vaksinasi.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman juga menambahkan, walaupun sudah dilakukan vaksinasi kita harus selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 3M yaitu Menggunakan masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menjaga jarak. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA