Jumat, 23 Agustus 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
05 Juni 2019 - 17:25:19 - Read: 176

Walikota Ternate dan Ribuan Warga Sholat Idul Fitri di Masjid Almunawar

DISKOMSANDI - Walikota Ternate, Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM melaksanakan sholat Idul Fitri 1440 Hijriyah di Masjid Raya Almunawwar Ternate bersama Forkompimda Kota Ternate, para pejabat di lingkup Pemkot Ternate dan ribuan umat muslim di Kota Ternate.

Pelaksanaan sholat di Masjid terbesar di Kota Ternate itu dipimpin oleh imam Masjid Raya Almunawar Ustadz Al-Amri, dengan khatib, ketua MUI Kota Ternate, Usman Muhammad.

Jamaah yang hadir melebihi kapasitas Masjid yang biasanya mampu menampung hingga 15.000 jamaah, sehingga sebagian jamaah harus melaksanakan sholat di area parkir dan halaman Masjid.

Dalam khutbahnya, ketua MUI Kota Ternate, Usman Muhammad menyampaikan bahwa makna hari Raya Idul Fitri  adalah sebagai momentum untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta menyebarkan Rahmatan Lil' Alaamiin.

"Secara substansial, hari raya Idul Fitri bermakna sebagai pengujian diri, membangun kemaslahatan, berperadaban, kesejahteraan, aman dan tentram," kata Usman dalam khutbahnya.

Menurutnya, kesolehan untuk kebangsaan yang diwujudkan dengan huhungan dengan Allah SWT dan hubungan sosial antar sesama manusia, "harus diwujudkan dengan Hablum' minallah dan hablum minnan'nas," tukas Usman.

Diakhir khutbahnya, khatib meminta seluruh anak bangsa untuk kembali membina ikatan persatuan,  "mari dengan hati yang terbuka, tangan yang terulurkan, salin memaafkan, mari lupakan perbedaan, lupakan konflik yang pernah terjadi sebelumnya, mari kita buka lembaran baru yang lebih damai, lebih aman untuk membangun bangsa kedepan," ujar khatib.

Pada kesempatan itu, khatib juga sempat mengutip pernyataan mantan Presiden BJ Habibi yang menyebutkan, membangun bangsa kedepan akan jauh lebih rumit, "untuk itu, kita harus bersatu, lupakan perbedaan yang pernah terjadi, semua elemen bangsa harus bersatu padu, masih banyak kendala yang dihadapi kedepan, jangan biarkan kita saling bermusuhan dan bercerai-berai, sinarilah hati dan sanubari semua elemen bangsa, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa dapat terjaga, aamiin" tutup khatib.

Sementara itu, Wakil Walikota Ternate, H. Abdullah Tahir, SH yang juga menjabat selaku Imam Bangsa Kesultanan Ternate, melaksanakan sholat Ied di Sigi Lamo atau Masjid Sultan Ternate, di bilangan Soa Sio Ternate Utara, bersama masyarakat adat Kesultanan Ternate dan umat Islam di Ternate.

Usai sholat Ied, Walikota, Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, langsung manggelar open house di kediaman masing-masing selama tiga hari berturut-turut. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA