#

Badan Pengelola Aspiring Geopark Ternate Perkuat Kerja Sama "Geopark"

PEMKOT TERNATE - Aspiring Geopark Ternate dan Geopark Ranah Minang Silokek, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) terkait dengan Pengembangan kajian biodiversity, geodiversity, cultural diversity sebagai pendukung Geopark di Kota Ternate. Penandatanganan kerja sama dilaksanakan pada Senin (20/11/2023) di Kabupaten Sijunjung - Sumatera Barat.

Kepala Badan Pengelola Aspiring Geopark Ternate, Dr. Rizal Marsaoly, SE., MM, menggarisbawahi bahwa kerja sama ini diharapkan membawa manfaat positif bagi kedua geopark (taman bumi). Serta, akan memperkuat hubungan antara kedua daerah, memfasilitasi pertukaran pengetahuan serta praktek terbaik dalam pengelolaan dan promosi geopark.

“Dan mendorong praktik pengelolaan yang lebih baik, yakni untuk melindungi dan mempromosikan kekayaan alam, budaya, dan warisan geologi yang ada,” ujar Kepala Badan Pengelola Aspiring Geopark Ternate sekaligus Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly, SE., MM.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan antara Ketua Badan Pengelola Geopark Ranah Minang Silokek Dr. Zefnihan, AP, M.Si, sekaligus Pj. Wali Kota Sawahlunto Sumatera Barat dengan Ketua Badan Pengelola Aspiring Geopark Ternate, Dr. Rizal Marsaoly, SE., MM, yang diwakili oleh Sekretaris BP Aspiring Geopark Ternate, Ronny Aries Setyono, ST., M.Si, dan disaksikan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Deputi Bidang Kemaritiman dan SDA Bappenas, Dr. Vivi Yulaswati, M.Sc, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP., M.Si, dan Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah.

Penandatanganan MoU merupakan rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perencanaan 2023 Geopark Indonesia, yang difasilitasi oleh BAPPENAS-RI, dengan tema Rakornas "Perencanaan Pengembangan Geopark di Daerah". Kegiatan Rakornas ini menjadi ajang diskusi tentang koordinasi, sinergi dan sinkronisasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pemangku Kepentingan dalam rangka penetapan kebijakan dan pengembangan Geopark.

"Penandatanganan MoU ini kami maksudkan untuk menetapkan dasar bagi kerja sama, dalam meningkatkan pengelolaan geopark melalui pertukaran ide dan praktik terbaik dari kedua geopark di banyak bidang. MoU ini juga diharapkan komunitas dari kedua geopark mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan pemahaman satu sama lain,” kata Ketua BP Geopark Ranah Minang Silokek, Dr. Zefnihan, AP, M.Si.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman juga, antara Badan Pengelola Aspiring Geopark Ternate dengan Ketua Harian Badan Pengelola Batur UNESCO Global Geopark (UGGp), I Wayan Gobang Edy Sucipto, AP., MM, dengan tujuan besarnya untuk memfasilitasi hubungan kerja sama terkait pengembangan geopark antara kedua daerah. [TIM_IKP Diskominfo Ternate]

Berita

Berita Lainnya

#

Menyambut HUT Ke-79 RI, Pemkot Ternate Bagikan Bendera Merah Putih dalam Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

PEMKOT TERNATE - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia ...

#

Proper "SI BATAGI", Pengoptimalan PAD Dengan Pemberdayaan Jukir Liar

PEMKOT TERNATE - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ternate, Mochtar Hasyim, S.Pi., ...

#

Konsolidasi Organisasi Roadshow Penasehat dan Pemberian Bantuan Pendidikan

PEMKOT TERNATE – Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Ternate Ny. Marliza M. Tau ...

#

Lantik Pengurus Kota Purna PPI Ternate, Wali Kota : Semoga Bisa Menjadi Mitra Strategis Pemerintah

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si membuka dengan resmi Rapat ...