#

Buka Musrenbang Kecamatan Batang Dua, Wali Kota Ingin Dengar Langsung Aspirasi Warga

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuka Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) Kecamatan Pulau Batang Dua Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Ternate Tahun Anggaran 2024. Sabtu (11/3/23) di Kantor Kelurahan Pantai Sagu Kecamatan Pulau Batang Dua.

Tema Musrenbang Tahun 2024, yakni, "Sinergi Program Prioritas RPJMD Ciptakan Industrialisasi Pengolahan Sampah Secara Partisipatif dan Konservasi Sumber Daya Air, Wujudkan Ternate Mandiri dan Berkeadilan".

Musrenbang tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME., Perwakilan unsur Forkopimda Kota Ternate, Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid, Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., Ketua DWP Kota Ternate Ny. Nurjana K. Jusuf, Para Kepala OPD dan Camat Pulau Batang Dua Yulianus Belian Ali, SKM serta Para Lurah di Kecamatan Pulau Batang Dua.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungannya ke Pulau Batang Dua bukan hanya untuk menghadiri Musrenbang tapi untuk bertemu dengan para warga di Kecamatan Pulau Batang Dua.

“Secara khusus saya hadir di Musrenbang Kecamatan Pulau Batang Dua, selain ada pelntikan dan kunjungan kerja, saya juga ingin hadir dekat dengan masyarakat dan menyampaikan berbagai hal dan mengumpulkan aspirasi dari masyarakat,” ucap Wali Kota Ternate.

Beliau mengatakan, Musrenbang itu pemahamannya adalah instrumen atau alat komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Instrumen yang dimaksud yakni ada aspirasi yang harus disampaikan oleh masyarakat dan ada penerimaan dari pemerintah terhadap aspirasi yang disampaikan.

Musrenbang ini menjadi acuan penting dari mekanisme-mekanisme perencanaan yang di bangun baik itu top-down artinya perencanaan dari atas ke bawah, atau yang paling murni adalah bottom-up artinya perencanaan dari bawah ke atas.

“Berapa hari lalu saya juga menghadiri Musrenbang tematik, Musrenbang dari komunitas. Dan itu pertama kali pelaksanaan mMsrenbang tematik khususnya yang dilakukan oleh para komunitas. Karena kita tahu tidak selamanya Musrenbang yang dilakukan bisa mengakomodir kepentingan dari seluruh masyarakat di kota ternate,” jelasnya.

“Jadi hari ini saya ingin ada hal lain yang dilakukan oleh Bappelitbangda, selain apa yang disampaikan secara dokumen, ada juga persoalan atau aspirasi yang disampaikan langsung oleh masyarakat ke saya, dan itu menjadi acuan kita untuk diterjemahkan sebagai dokumen perencanaan dan musrenbang, karna bisa saja ada aspirasi yang belum terakomodir melalui musrenbang kelurahan atau kecamatan,” tambahnya.

Beliau menjelaskan bahwa ada dua pokok penting yang harus disampaikan, pertama terkait dengan persolan inflasi dan yang kedua terkait percepatan penurunan stunting.

“Inflasi merupakan keadaan dimana harga menjadi tinggi karena kurangnya ketersediaan barang, dan ini bisa terjadi di Pulau Batang Dua. Sehingga inflasi harus menjadi perhatian kita, karena percuma kita membangun, melakukan kebijakan program tapi harga-harga mahal dan pendapatan masyarakat tidak mampu memenuhi kebutuhannya. Karena itu kita sangat menjaga hal yang terkait dengan inflasi.

Namun, diatas tahun 2013, sesuai kesepakatan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) berupaya memenuhi kebutuhan Kota Ternate dari pasokan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Maluku Utara, sehingga tidak bergantung full dari provinsi lain.

“Mengenai permasalahan stunting, kita harus mengejar target kita di 14 % di tahun 2024, tetapi jika ada determinasi terkait dengan upaya untuk mendorong angka stunting jauh dibawah angka tersebut akan jauh lebih baik,” pungkasnya.

Selain itu, terkait dengan Musrenbang Kecamatan Pulau Batang Dua, di tahun 2023 Tifure melalui DAK mendapatkan 5,8 Milyar dan Mayau 8,6 m untuk pembangunan jalan. Dan tahun 2024 ada tambahan mesin 150 KVa sebanyak 2 unit serta mobil ambulance, juga ada rumah singgah di seluruh kawasan BAHIM termasuk Batang Dua.

Pada kegiatan tersebut Wali Kota juga menyerahkan bantuan tongkat untuk penyandang disabilitas, penyerahan 13 buku posyandu kepada ketua kader Kelurahan Pantai Sagu dan Kelurahan Tifure, serta warung mama sebanyak 24 paket yang diserahkan secara simbolis kepada 5 penerima. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Buka Bimtek Mitigasi Resiko, Wali Kota : Mari Kita Bangun Sistem Pengadaan yang Lebih Baik Untuk Pelayanan Publik yang Prima

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si membuka Bimbingan Teknis (B ...

#

Wali Kota Lepas Jemaah Calon Haji Kloter 15

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si melepas Jemaah Calon Haji ( ...

#

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Wali Kota : Percepatan Transformasi Digital, Membuka Peluang bagi Indonesia

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024, ...

#

Wali Kota serahkan Bantuan Alat Pertanian Untuk Kelompok Tani Bina Bersama

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Kepala Dinas Per ...