#

Hari ini, Wali Kota Ternate Lepas 276 Calon Jemaah Haji

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si melepas 276 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Ternate Musim Haji 1444 H/ 2023 M, Senin (29/5/23).

Pelepasan CJH digelar di Gedung Dhuafa Center dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME., Forkopimda Kota Ternate, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ternate Drs. Amir Tomagola, MM,MH., Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid, Ketua DWP Kota Ternate Ny. Nurjana K. Jusuf, dan sejumlah Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa ibadah haji adalah ibadah yang memiliki tingkat keunikan dan spesifikasi tersendiri bila dibandingkan dengan ibadah-ibadah lainnya.

“Hal ini karena ibadah tersebut selain diikat oleh waktu tertentu juga pada tempat yang tertentu sehingga membutuhkan informasi dan pengetahuan baik yang berkaitan dengan aspek hukum maupun yang berkaitan dengan perjalanan, pondokan maupun kondisi daerah tempat pelaksanaan ibadah tersebut," ucap Wali Kota.

“Untuk itu diharapkan para tamu Allah memiliki wawasan yang komprehensif tentang perhajian, baik figih haji, aturan perjalanan, akhlak dalam berhaji juga yang tidak kalah penting adalah ta'limatul haj, yakni ketentuan-ketentuan haji yang diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi, yang pada gilirannya akan menghasilkan para hujjaj yang memperoleh gelar kemabruran sebagai idaman dan harapan para tamu Allah” imbuhnya.

Beliau juga menambahkan bahwa Salah satu indikator kemabruran haji adalah sejauh mana jamaah calon haji memiliki pengetahuan perhajian sehingga para hujjaj semakin nyaman dalam menunaikan ibadahnya juga dimaksudkan agar pelaksanaan ibadah haji sesuai hukum dan syariah islam.

“Pemerintah Kota Ternate berharap para jama'ah calon haji kota Ternate dapat memiliki informasi tentang perhajian yang selalu berubah sistemnya, juga dimaksudkan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan tuntunan syariah,” harapnya.

Sesuai amanat UU No. 13 tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji, serta visi Kota Ternate "TERNATE ANDALAN" dimana salah satunya menjadikan Ternate yang agamais, maka pelayanan terhadap jama'ah calon haji semakin ditingkatkan dari tahun ketahun.

Berkaitan dengan hal tersebut, sambung Wali Kota, pemerintah kota Ternate mengharapkan kapada para calon jemaah haji Kota Ternate agar memperhatikan dua hal penting.

“Pertama, kiranya para jamaah calon haji senantiasa memanfaatkan moment ini untuk meningkatkan imam dan taqwa serta selalu melakukan diskusi dengan para pembimbing dan pendamping haji guna mendapatkan informasi dan pengetahuan sekaligus peningkatan kualitas ibadah haji,” jelas Wali Kota

“Kedua, Jadikan ini untuk saling kenal lebih dekat siapa yang bakal menjadi teman sahabat dalam perjalanan yang memungkinkan akan terjadi kekompakan dan kebersamaan selama dalam perjalanan maupun ketika berada di tanah suci, sehingga akan menjadi duta bangsa yang bermartabat dan berakhlakul karimah dimata jamaah dareah dan negara lain selama berada di tanah suci,” sebutnya.

Di akhir sambutannya, Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada kepala Kantor Kementerian Agama dan kepada para jamaah calon haji.

"Akhirnya saya ucapkan terima kasih kepada kepala Kantor Kementerian Agama selaku penanggungjawab pelaksanaan teknis Ibadah haji, juga terima kasih kepada para jamaah calon haji saya ucapkan selamat semoga senantiasa dalam lindungan dan ridha Allah SWT sampai kembali ke Kota Ternate yang kita cintai ini," tutupnya. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Ini Jawaban Wali Kota Ternate Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Kota Ternate Terhadap Ranperda RPJPD

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate,Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyampaikan secara resmi t ...

#

Wali Kota Ternate Instruksikan, Gerakan Aparatur Sipil Negara dan Masyarakat Ikut Memilah Sampah

PEMKOT TERNATE — Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si resmi mengeluarkan Instru ...

#

Wali Kota Buka Literasi Keuangan Inklusif Gender untuk Keluarga Petani Disabilitas

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuk ...

#

Wali Kota Resmikan Kapal Semarak Malut 01, Kapal Pertama yang Berganti Bendera di Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri acara peresmian ...