#

Kegiatan Gamalama Art Fest dan UMKM Expo Tahun 2023 Dibuka Secara Langsung Wali Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuka kegiatan Gamalama Art Fest dan UMKM Expo Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Gamalama Art Community, berlangsung di Kawasan Benteng Oranje. Sabtu, (18/11/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan minat dan bakat dalam bidang seni dan budaya serta penguatan city branding Ternate sebagai Kota Rempah, sekaligus upaya mewujudkan agenda-agenda pemajuan kebudayaan di Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyampaikan, kegiatan ini memberikan penegasan secara langsung bahwa ril terlihat pemanfaatan Fort Oranje merupakan bagian dari kekompakan komunitas, yang kebetulan simpulnya di dalam Fort Oranje.

Karena memang kata Wali Kota, benteng Fort Oranje ini sudah diakui sebagai pusat kreatif. Penegasan yang dimaksud adalah di akhir Oktober 2023 lalu, Ternate mendapatkan apresiasi dari Kementerian PUPR yaitu pengembangan inisiatif menjaga serta mengangkat nilai sejarah dan budaya dalam mewujudkan ekonomi berkelanjutan, jadi alhamdulillah hari ini bahwa pelibatan langsung UMKM dalam festival yang dimotori langsung oleh komunitas, salah satunya Komunitas Eko Enzim.

"Sehingga kita berharap bahwa kehidupan di dalam benteng sebagai bagian dari museum yang sudah ditetapkan Cagar Budaya, kita berharap agar semakin banyak kegiatan-kegiatan seni, budaya dan lainnya,"katanya.

Lanjut Wali Kota, untuk bagaimana kita mendorong Ternate ke depan bisa menjadi Cozy City artinya kota yang nyaman bagi masyarakat, termasuk memanfaatkan fasilitas sosial, fasilitas umum dan Cagar budaya.

"Maka kegiatan ini sangat terbantu, seperti dilakukan oleh Pemerintah Kota baik skala sedang sampai besar, maka harus gandeng dengan para pelaku UMKM di Kota Ternate, supaya produk mereka bisa di endorse langsung dalam kegiatan ini,"ucapnya.

Kemudian, lanjut Wali Kota, di dalam 1 tahun terakhir di Kota Ternate, salah satunya malam Minggu itu, ada kegiatan baik itu di Selatan Kota, Tengah Kota, Tengah Kota bahkan mungkin di belakang Kota.

"Sehingga ini menunjukkan bahwa Kota Ternate ini sangat hidup, dengan kehidupan ini lah yang menjadi penggerak utama ekonomi Kota Ternate dan karena memang Ternate ini sebagai Kota Jasa dan Perdagangan,"jelasnya.

Wali Kota menambahkan, maka ini akan terbantu bagi para pelaku UMKM yang akan hidup baik itu, Kuliner dan lain sebagainya. Karena memang, ada motor penggerak dan semakin banyak kegiatan kreatif seperti ini, akan memberikan dorongan langsung pada perputaran ekonomi yang ada di Kota Ternate, termasuk juga kegiatan seni, budaya dan lainnya.

"Mudah-mudahan ada kegiatan menjelang akhir tahun, karena ada beberapa kegiatan yang dilakukan, termasuk juga kegiatan-kegiatan yang berskala nasional. Dan saya lihat kegiatan-kegiatan itu akan berdampak positif bagi perputaran ekonomi di kota Ternate,"pungkasnya.

Jika ada orang memberikan kritik apa dampak positif nya, dengan kegiatan yang dilaksanakan? Maka saya sampaikan bahwa, dengan sejumlah kegiatan-kegiatan yang terkait dengan kegiatan positif masyarakat, termasuk kegiatan ekonomi, seni dan budaya.

Karena Ternate merupakan bagian dari salah satu Kota di Indonesia Timur, yang tingkat aktivitasnya tinggi, dan itu mendapatkan apresiasi dari beberapa Wali Kota yang hadir di beberapa waktu lalu, menyampaikan Ternate ini sebagai Kota yang hidup.

"Bahkan saya juga pernah sampaikan ke Presiden, saat berkunjung ke Ternate pada bulan September 2023 lalu, bahwa memang Ternate sebagai Kota hidup,"pungkasnya. [TIM_IKP Diskominfo Ternate]

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Pimpin Pawai Obor pada Festival Ela-Ela di Dufa-Dufa

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Dae ...

#

Dampingi Sultan Ternate, Wali Kota Bakar Obor Perayaan Malam Ela-Ela

PEMKOT TERNATE – Perayaan malam Lailatul Qodar di Kota Ternate ditandai dengan dinyalaka ...

#

Wali Kota Salurkan Zakat Bagi Para Pengasuh TPQ se-Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka merealisasikan Ternate Kota Zakat, Badan Amil Zakat Nasion ...

#

Sampaikan LKPD tahun 2023 ke BPK RI, Sekda: Pemkot Ternate Siap Pertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM mewakili ...