#

MTQ Tingkat Kota Ternate di Gelar

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 Tahun 2024 Tingkat Kota Ternate yang di gelar di Gedung Dhuafa Center Kota Ternate dan juga sebagai arena utama pelaksanaan MTQ.

Pembukaan tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., Forkopimda Kota Ternate, Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid, Ketua DWP Kota Ternate Ny. Hasmiati Rizal, Para Ketua Organisasi Wanita Kota Ternate, Para Kepala OPD serta para kontengen MTQ se-Kota Ternate.

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan rebana yang dilanjutkan dengan defile para peserta MTQ setiap kecamatan.

Diikuti oleh 8 Kecamatan di Kota Ternate, jumlah peserta masing-masing kecamatan yakni, Kecamatan Ternate Selatan sebanyak 35 peserta, Kecamatan Ternate Tengah sebanyak 43 peserta, Kecamatan Ternate Utara sebanyak 35 peserta, Kecamatan Ternate Barat sebanyak26 peserta, Kecamatan Pulau Ternate sebanyak 29 peserta, Kecamatan Pulau Hiri sebanyak 36 peserta, Kecamatan Pulau Moti sebanyak 26 peserta dan Kecamatan Pulau Batang dua sebanyak 17 peserta, sementara pendamping/official sebanyak 77 orang.

Selain itu, Pembukaan MTQ tersebut dirangkaikan juga dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW yang digelar atas kerjasama Pemerintah Kota Ternate dengan PHBI Kota Ternate dengan pembawa hikmah Ketua MUI Kota Ternate Prof. Dr. Haji Jubair Situmorang. Sabtu, 17 Februari 2024.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman M.Si, dalam sambutannya menyampaikan, saat ini kesadaran akan pentingnya sebuah akhlak dan moral yang kurang diperhatikan oleh masyarakat. Keadaan tersebut bisa dilihat dari berbagai penyimpangan sosial, sehingga akhlak dan etika juga dirasakan telah hilang di kehidupan masyarakat.

"MTQ adalah wahana memberikan rangsangan kepada remaja Islam agar lebih gemar membaca dan mengkajinya kandungan wahyu ilahi yang pada gilirannya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, hendaklah setiap qori dan qoriah senantiasa menjadikan ini sebagai motivasi dalam arena MTQ. Sejatinya, qori dan qoriah adalah pelopor dalam membumikan ajaran Al-Quran. Masyarakat menanti keteladanan dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur Al-Quran. MTQ tidak hanya melahirkan generasi Islam yang fasih dengan keindahan suara dan lagu yang merdu dalam melantunkan kalam ilahi yang namun lebih penting adalah penampilan dalam masyarakat yang penuh dengan moral akhlak dan etika. Dalam Islam, akhlak harus berkedudukan demikian sentral sebagai pendukung Aqidah dan Syariah, hubungan antara tuhan dan makhluknya tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh akhlak itu sendiri,” ujar Wali Kota.

Wali Kota juga mengatakan, sejatinya MTQ tidak hanya dengan pelaksanaan kegiatan, namun lebih penting adalah menampilkan sikap yang baik dalam masyarakat yang penuh dengan akhlak moral dan etika.

“Kepada Dewan Hakim, para peserta, kontingen dari masing-masing Kecamatan baik itu Kecamatan dalam Pulau Ternate maupun tiga kecamatan terluar yang hingga saat ini telah mengikuti pelaksanaan MTQ, selamat datang dan selamat bermusabaqah,” tandas Wali Kota.

Wali Kota berharap, pelaksanaan MTQ tingkat Kota Ternate ini dapat berlangsung dengan aman, lancar dan khidmat. (TIM IKP_DISKOMINFO KOTA TERNATE)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Pimpin Pawai Obor pada Festival Ela-Ela di Dufa-Dufa

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Dae ...

#

Dampingi Sultan Ternate, Wali Kota Bakar Obor Perayaan Malam Ela-Ela

PEMKOT TERNATE – Perayaan malam Lailatul Qodar di Kota Ternate ditandai dengan dinyalaka ...

#

Wali Kota Salurkan Zakat Bagi Para Pengasuh TPQ se-Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka merealisasikan Ternate Kota Zakat, Badan Amil Zakat Nasion ...

#

Sampaikan LKPD tahun 2023 ke BPK RI, Sekda: Pemkot Ternate Siap Pertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM mewakili ...