#

Ruang Tunggu dan Terminal di Resmikan, Wali Kota Berharap Pertumbuhan Ekonomi Kecamatan Ternate Utara Meningkat

PEMKOT TERNATE - Ruang Tunggu Pelabuhan Sultan Mudaffar Syah II dan Terminal Dufa-dufa Kota Ternate yang terletak di Kelurahan Dufa-Dufa Kecamatan Kota Ternate Utara secara resmi beroperasi dan digunakan oleh warga masyarakat Kota Ternate.

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, Rabu (4/1/23).

kesempatan tersebut turut hadir, Kepala KSOP Kelas II Ternate, Forkompimda Kota Ternate, Sekretaris Daerah Kota Ternate bersama sejumlah pimpinan OPD, Camat dan Lurah se Kecamatan Kota Ternate Utara.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman dalam sambutannya menyampaikan, pada akhir tahun 2022 lalu Pemerintah Kota Ternate telah meresmikan sejumlah fasilitas publik khususnya pada sektor perhubungan seperti terminal dan ruang tunggu Bastiong dan Ruang tunggu terminal Gamalama, dan pada hari ini diawal tahun 2023, telah diresmikan juga Ruang Tunggu Pelabuhan Sultan Mudaffar Syah II dan Terminal Dufa-dufa Kota Ternate.

Kehadiran fasilitas pendukung sektor perhubungan ini bertujuan agar perekonomian di Kota Ternate tumbuh dan terbagi secara merata, bukan hanya berpusat di tengah kota seperti Pelabuhan Ahmad Yani maupun di Selatan seperti Bastiong, akan tetapi kehadiran terminal dan pelabuhan Sultan Mudaffar Syah II ini secara tidak langsung membantu pertumbuhan ekonomi bergerak menyebar ke Utara Kota Ternate.

Wali Kota juga menyampaikan telah berkoordinasi dengan KSOP Kelas II Ternate, agar nantinya arah kapal-kapal besar dari arah Utara Halmahera seperti di Halmahera Utara, Halmahera Barat dan Morotai, yang rutenya ke Ternate berlabuh di Pelabuhan Dufa-dufa.

"Karena saya ingin agar ekonomi di Kota Ternate terbagi secara merata, baik di Selatan Kota, Tengah Kota dan Utara Kota. Saya berharap geliat ekonomi di Kelurahan Dufa-dufa dan kelurahan-kelurahan yang ada di bagian Utara kota ini bisa tumbuh, bangkit dan berkembang" ungkap Wali Kota dalam sambutannya.

Wali Kota menambahkan, kedepannya Pelabuhan Sultan Mudaffar Syah II ini akan dikembangkan dan diperluas lagi agar nantinya kapal-kapal besar dengan panjang lebih dari 70 meter dapat sandar dan beraktifitas di pelabuhan ini.

Sementara, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Ternate, Mochtar Hasyim dalam laporannya mengatakan, Ruang Tunggu Pelabuhan Sultan Mudaffar Syah II dan Terminal Dufa-dufa Kota Ternate ini bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Perhubungan Kota Ternate tahun anggaran 2022.

Pelaksanannya terhitung sejak 15 Juli 2022 dan alhamdulillah bisa selesai pada 120 hari Kalender dengan anggaran sebesar Rp.2.600.000.000 dengan item pengerjaan yang pertama pada sektor penerangan dermaga (lampu) di 5 titik, dan juga pemasangan fender dermaga sebanyak 7 buah, Pengaspalan Jalan Area terminal, rehabilitasi gedung terminal, dan ruang tunggu terminal dan Kantor para petugas pelabuhan.

Dinas Perhubungan berharap Pelabuhan ini bisa menghubungkan Pelayaran di Wilayah utaraProvinsi Maluku Utara, yakni Wilayah kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Utara dan Pulau Morotai. Hal ini tentunya akan meningkatkatkan sektor ekonomi, khususnya pada sektor transportasi laut, dan semoga usai diresmikan oleh Wali Kota Ternate, akan menjadi sentra ekonomi baru di Kecamatan Ternate Utara.

Pada kesempatan tersebut, dirangkaikan dengan penyerahan Bantuan Sosial oleh Wali Kota Ternate kepada Buruh Pengangkut, Motoris Kapal dan Speed Boat dan Petugas Terminal di Pelabuhan Sultan Mudaffar Syah II. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Ekspedisi Rupiah Berdaulat Sambangi Lima Pulau Terluar di Maluku Utara

PEMKOT TERNATE - Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Lc didampingi Wali Kota Tern ...

#

Wali Kota Ternate Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni di Kelurahan Sango

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, didampingi komisioner Bad ...

#

Spesial Tahun Ini, Expo Segitiga Emas Diikuti 4 Daerah di Maluku Utara

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuk ...

#

Deklarasi Perang Melawan Narkoba di Upacara Gerakan Disiplin ASN

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate menggelar Upacara Bendera Gerakan Disiplin dalam ...