#

Sekda Kota Ternate Tutup Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD

PEMKOT TERNATE - Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM., menghadiri sekaligus menutup Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Ternate tahun 2025 yang digelar di Royal Resto, Kamis (28/3/24).

Terdapat 5 (lima) agenda paparan pada kegiatan tersebut yakni pertama, paparan tentang program prioritas, kebijakan pembangunan, target dan sinergitas antar Kabupaten/Kota tahun 2025 oleh Iksan M. Saleh, SE., M.Si yang mewakili Kepala Bappeda Provinsi Maluku Utara. Paparan kedua yakni tentang menjaga entitas menjaga entitas budaya Ternate dalam peradaban oleh Rektor Universitas Khairun, Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum.

Paparan ketiga tentang pembangunan infrastruktur berbasis mitigasi bencana oleh Kepala Balai Prasaranan Permukiman Wilayah Maluku Utara, Ir. Firman Aksara, ST., M.P.W.K. lalu paparan keempat mengenai pelestarian cagar budaya untuk pemajuan kebudayaan oleh Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XXI Maluku Utara, Kuswanto, S.S., M.Hum. dan yang terakhir paparan tentang resiliensi mitigasi bencana dan perubahan iklim oleh Ketua IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) Pengurus Daerah Maluku Utara, Abdul Kadir Dahlan Arif, ST., M.Eng.

Plt. Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Mohd. Taufik Djauhar, SE., M.Si dalam laporannya, mengatakan bahwa dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah, telah disepakati 437 usulan, yang terdiri dari, kelompok bidang ekonomi dan SDA sejumlah 24 usulan, kelompok bidang infrastruktur dan kewilayahan sejumlah 272 usulan, serta kelompok bidang pemerintahan dan pembangunan manusia sejumlah 141 usulan.

Beliau menambahkan, hasil kesepakatan ini akan di kompilasi pada momentum Pasca Musrenbang, untuk kemudian menjadi Rancangan RKPD Kota Ternate Tahun Perencanaan 2025, sehingga dapat terpenuhinya tahapan dalam Penyusunan RKPD sebagaimana yang diamanatkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM. dalam sambutannya memaparkan bahwa dari hasil pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Musrenbang RKPD Kota Ternate, yang dilaksanakan pada selama 2 (dua) hari ini, telah menghasilkan rumusan-rumusan program prioritas, sekaligus melakukan kompilasi dan sinergitas usulan Musrenbang Kecamatan dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kota Ternate Tahun 2025.

“Perumusan tersebut, bertujuan untuk menyelaraskan Rencana Program dan Pendanaan, serta Indikator dan Target Kinerja masing-masing Perangkat Daerah, ke dalam Rancangan RKPD Kota Ternate Tahun 2025,” jelasnya.

Sekda menegaskan, agar selalu mengakomodir berbagai aspirasi, ide dan gagasan yang telah berkembang, baik pada Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD, karena ni akan menjadi catatan penting bersama untuk dapat menyempurnakan dokumen Rancangan RKPD Kota Ternate Tahun 2025.

Menurutnya, dengan tema sentral pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Tahun Perencanaan 2025, yaitu “Pelestarian Cagar Budaya dan Entitas Keragaman Sosial Budaya serta Mitigasi Kebencanaan untuk Pengembangan Ruang Kota Ternate yang Mandiri dan Berkeadilan”, diharapkan seluruh Perangkat Daerah harus benar-benar bekerja dan berkoordinasi.

“Perangkat Daerah harus mampu mengintegrasikan peran masing-masing Perangkat Daerah, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi, sebagai turunan atas amanah besar yang telah dititipkan, untuk bagaimana kita mampu mewujudkan pembangunan sesuai dengan harapan masyarakat Kota Ternate,” pungkasnya. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Pimpin Pawai Obor pada Festival Ela-Ela di Dufa-Dufa

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Dae ...

#

Dampingi Sultan Ternate, Wali Kota Bakar Obor Perayaan Malam Ela-Ela

PEMKOT TERNATE – Perayaan malam Lailatul Qodar di Kota Ternate ditandai dengan dinyalaka ...

#

Wali Kota Salurkan Zakat Bagi Para Pengasuh TPQ se-Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka merealisasikan Ternate Kota Zakat, Badan Amil Zakat Nasion ...

#

Sampaikan LKPD tahun 2023 ke BPK RI, Sekda: Pemkot Ternate Siap Pertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM mewakili ...