#

Wali Kota Lantik Tiga Pejabat Di Batang Dua, Kadis Kominfo Didefinitifkan

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si melantik dan mengambil sumpah jabatan 3 (tiga) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Pulau Batang Dua tepatnya di Kelurahan Pantai Sagu Kecamatan Batang Dua, Sabtu (12/3/23).

Pelantikan di Kecamatan Batang Dua ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Pemerintah Kota Ternate yang biasanya di lakukan di Kantor Wali Kota Ternate atau di Aula Dinas.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji JPT Pratama ini berdasarkan pada Surat Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor : B-792-JP.00.00/02/2023 Tentang “Rekomendasi hasil seleksi terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Ternate”.

Berdasarkan SK nomor : 821.2/KEP/2006/2023 tanggal 6 Maret 2023 di Pulau Batang Dua, Ada tiga pimpinan OPD yang dilantik Wali Kota diantaranya, Damis Basir, SE., ME. dilantik pada jabatan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, dr. Fathiyah Suma, M.Kes dilantik pada jabatan Kepala Dinas Kesehatan, dan Mochtar Hasyim, S.Pi., M.Si dilantik sebagai Kepala Dinas Perhubungan.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam sambutan pelantikan mengatakan bahwa pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ini melalui proses yang sesuai dengan tata cara, norma standar dan prosedur sehingga 3 pejabat yang dilantik hari ini merupakan yang terbaik untuk memimpin 3 OPD. Pelantikan ini juga mencatat sejarah karena pertama kalinya pelantikan pejabat digelar di pulau terluar.

“Proses pelantikan JPT Eselon II yang dilakukan di Pulau Terluar ini baru pertama kali terjadi di wilayah Pemerintah Kota Ternate, dan dilakukan bukan juga di ibukota kecamatan yaitu Mayau tapi di Tifure,” pungkasnya.

Wali Kota menegaskan bahwa pelantikan ini sengaja dilakukan di Tifure karena ada kaitannya dengan bagaimana upaya pemerintah mendorong agar ketertinggalan dari BAHIM (Batang Dua, Hiri, Moti) dapat disegerakan dan dipercepat utamanya di bidang perhubungan, bidang komunikasi dan bidang Kesehatan. Karena ketiga hal ini menjadi pelayanan dasar yang harus dipenuhi.

“Contohnya, kalo kita bicara tentang Perhubungan kita tahu persis bahwa keterisolasian, kemudian orditasi atau jarak pemerintahan antara Batang Dua yakni Tifure dan Mayau sangat jauh dengan pusat ibukota yang ada di Ternate,” ucap Wali Kota.

“Dan itu harus menjadi perhatian Pemerintah Daerah bagaimana agar persolan transportasi ini sedapat mungkin layanan nya harus menjadi lebih baik lagi, jadi saya meletakan beban dan kewenangan ini kepada Kadis Perhubungan yang baru dengan maksud agar ada kepedulian, langkah-langkah, program, kebijakan yang harus dipercepat, diperluas dan harus memberikan kenyamanan kepada masyarakat terutama di BAHIM,” tambahnya.

Selanjutnya, Wali Kota juga berpesan kepada Kadis Kominfo yang baru dilantik untuk dapat memenuhi ketersediaan tower terkait dengan jaringan internet.

“Saya minta, Kadis Kominfo perlu bergerak cepat untuk bagaimana agar persoalan tower BTS (Base Transceiver Station) dan persoalan komunikasi di Batang Dua harus betul-betul diutamakan,” ujar Wali Kota.

Yang ketiga, Pesan Wali Kota kepada Kadis Kesehatan yakni usahakan bagaimanapun hal yang terkait dengan pelayanan Kesehatan harus menjadi perhatian utama.

“Oleh karena itu, kepada ketiga kepala OPD ini saya mengucapkan selamat sekaligus harus bekerja keras, cerdas dan ikhlas sekaligus berlari, maksudnya harus dipercepat langkah-langkahnya,” tegasnya.

Diakhir sambutannya, Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada dr. Muhammad Sagaf dan Anwar Hasjim yang telah melaksanakan tugas sebagai pelaksana tugas di Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan.

“Tolong dirangkul secara internal semua pegawai di lingkungan dinas masing-masing, karena kebersamaan itu penting, kekuatan kita itu kekompakan dan kebersamaan. Tetap dijaga harmonisasi dan kekuatan internal, rangkul dan berdayakan potensi-potensi SDM di internal OPD," pesannya.

Pelantikan tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME., Perwakilan unsur Forkopimda Kota Ternate, Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid, Para Kepala OPD dan Camat Pulau Batang Dua serta Para Lurah di Kecamatan Pulau Batang Dua.

Usai pelantikan, Wali Kota Ternate dan rombongan menghadiri kegiatan Musrenbang Kecamatan Pulau Batang Dua, penilaian lomba 10 program PKK, serta meninjau talud dan gedung mesin PLN di pulau Tifure. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Ternate Mewisuda 2944 Siswa-Siswi Tahfidz Al-Qur’an dan BTQ

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Ketua TP PKK Kot ...

#

Aksi Penanaman Pohon Pada Rakernas APEKSI Sebagai Komitmen Pelestarian Lingkungan

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota ...

#

Rakernas XVII APEKSI di Balikpapan, Dirangkaikan dengan Cooking Class Untuk Para Istri Wali Kota

PEMKOT TERNATE – Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid mengikuti Cooking Class ...

#

Hadiri Sidang Rakernas XVII APEKSI Tahun 2024, Wali Kota Ternate Paparkan Poin Penting Dalam Pra Muskomwil

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate sekaligus Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) VI Asosia ...