#

Wali Kota Ternate Serahkan Bantuan UMKM untuk Masyarakat Kelurahan Salahuddin

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Camat Ternate Tengah Fahmi Basa Amin, SH dan Lurah Salahuddin Sunarti, S. Kom., secara simbolis menyerahkan Bantuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bersumber dari Dana Kelurahan (DK) tahun anggaran 2024 untuk Masyarakat Kelurahan Salahuddin.

Kegiatan tersebut digelar di kantor Lurah Salahuddin, Jum’at (6/9/24) dan dihadiri juga oleh para Ketua Dasawisma, serta para Ketua RW dan RT se-Kelurahan Salahuddin.

Sunarti, S. Kom selaku Lurah Salahuddin dalam kesempatan tersebut melaporkan bahwa untuk program pemberdayaan masyarakat Kelurahan Salahudin tahun ini yang bersumber dari dana Kelurahan tahun 2024, akan lebih berfokus pada peningkatan dan penguatan UMKM yang sifatnya perorangan maupun kelompok.

“Kelompok yang dimaksud adalah kelompok Dasawisma, yang mana di Kelurahan Salahudin sendiri terdapat 9 (sembilan) Dasawisma yang aktif. Perkelompok Dasawisma ada bantuan berupa piring, sendok, kompor, dan blender. Untuk perorangan sendiri, yang mana untuk pelaku UMKM, bantuannya berupa kompor, oven, wajan, dan blender serta bantuan tempat sampah. Terkait bantuan yang sifatnya kelompok, bantuannya berupa alat pemotong rumput yang diserahkan kepada perwakilan dari RW di Kelurahan Salahudin. Nantinya itu bisa digunakan untuk kerja bakti di Kelurahan,” sebut Lurah Salahuddin.

Lanjut, Lurah Salahuddin mengungkapkan bahwa tempat sampah di Kelurahan Salahuddin sudah ada dari tahun sebelumnya hanya saja belum maksimal. Jadi dimaksimalkan pada tahun ini.

“Hal ini bertujuan agar supaya RT/RW bisa menempatkan atau meletakkan tempat sampah tersebut di titik-titik yang harus ditempatkan. Supaya lingkungan Kelurahan Salahuddin bisa lebih kelihatan bersih,” tutur Lurah.

Lurah Salahuddin berharap bantuan-bantuan ini bisa terakomodir dan memberi manfaat bagi warga Kelurahan Salahudin, juga sebagai inventaris perorangan maupun kelompok.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dana Kelurahan (DK) merupakan alat atau strategi penting dalam keberhasilan program pemberdayaan masyarakat.

“Alhamdulillah, tahun demi tahun semenjak diberikan tanggung jawab, kita terus memprogramkan kegiatan Dana Kelurahan. Di dalam dana kelurahan, ada dua kegiatan penting yang diharapkan, diantaranya untuk kegiatan pemberdayaan dan infrastruktur yang bersifat terbatas,” jelasnya.

Menurutnya, arah dari kegiatan dana kelurahan mempunyai kemiripan di beberapa kelurahan yang ada di Kota Ternate.

“Saya berharap kepada Dasawisma, agar bisa saling membantu terutama dalam kepentingan usaha. Serta mudah-mudahan dengan adanya pemberdayaan, baik dalam bentuk pribadi maupun kelompok itu nanti dapat meningkatkan produktivitas para pelaku usaha kecil dan menengah,” harap Wali Kota.

Disamping itu, Wali Kota juga menyampaikan bahwa di tahun 2024, Pemerintah Kota Ternate telah menjalankan program “Warung Mama”, yang mana dimaksudkan untuk mendekatkan antara pusat produksi dengan pasar.

Wali Kota juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kepada Lurah karena masih tetap fokus dalam masalah penanganan sampah.

“Terkait masalah sampah ini jauh lebih baik karena Lurah Salahuddin makin perkuat dengan penyediaan tempat sampah. Kemudian, saya mendapat dukungan dari dari ketua RT, ketua RW, tim Penggerak PKK, dan Dasawisma, berkat dukungan tersebut kehidupan sosial di Kota Ternate masih berjalan dengan baik,” tutupnya. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Ternate Tinjau Pembangunan Perumahan untuk Warga Terdampak Banjir Bandang

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate mulai menyiapkan pembangunan Rumah Instan Sederha ...

#

Wali Kota Serahkan Bantuan Untuk Para Pelajar Korban Banjir Bandang Rua

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Kepala Dinas Pen ...

#

APBD Perubahan Tahun 2024 Telah Disahkan

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Daera ...