#

Idul Fitri Jatuh Pada Hari Kamis, Gelora Kie Raha Jadi Pusat Pelaksanaan Sholat Ied di Ternate

DISKOMSANDI – Wali Kota Ternate Dr. M Tauhid Soleman, M.Si menghadiri Rukyatul Hilal Syawal 1442 H di BMKG Kota Ternate, Senin (11/5). Beliau didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME, Kepala Kementerian Agama Drs. Amir Tomagola, MM,MH, Kepala MUI (Majelis Ulama Indonesia) Usman Muhammad, dan BMKG.

“Dari sore tadi semua pihak hadir di tempat pengamatan hilal yang ada di kelurahan Afe Taduma. Dari Pemerintah Kota, Kementerian Agama, dari MUI juga, kemudian dari BMKG. Kita sudah menyaksikan sendiri tadi ada beberapa rangkaian acara sebelumnya. Dan setelah kita menunggu sampai jam 18.31 tadi itu tidak terlihat. Itu yang dapat kami sampaikan ke masyarakat,” ucap Wali Kota Ternate.

Beliau juga mengatakan, terlepas dari cuaca dan awan Hilal tetap tidak terlihat, sedangkan untuk pengumuman resmi akan di umumkan oleh pemerintah pusat.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Ternate sudah menetapkan pelaksanaan Sholat Ied 1 Syawal 1442 H akan dipusatkan di Gelora Kie Raha. Hal itu diputuskan setelah rapat Wali Kota Ternate bersama Kapolres Kota Ternate AKBP Aditya Laksimada S.I.K., Komandan Kodim (Dandim) 1501/Ternate Kolonel Inf R. Moch Iskandarmanto, MUI Kota Ternate, dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Ternate.

Kepala Bagian Kesra Kantor Wali Kota Ternate Mudjais Walanda mengatakan, selain penetapan tempat untuk sholat Ied, dalam rapat tersebut juga sudah diputuskan imam dan khotib pelaksanaan Sholat Ied.

“Insya Allah, yang bertindak sebagai khatib adalah Ketua MUI Kota Ternate Usman Muhammad, sedangkan Imam saya sendiri,” ucap Mudjais Walanda dalam wawancaranya.

Sholat Ied akan dilaksanakan pukul 08.00 WIT. Beliau juga memastikan bahwa Wali Kota Ternate Dr. M Tauhid Soleman, M.Si akan melaksanakan sholat Ied di Gelora Kie Raha yang rencananya akan didampingi juga oleh Wakil Wali Kota Ternate Jasri Usman, S.Ag, Forkompimda Kota Ternate dan para pejabat lain di lingkup Pemerintahan Kota Ternate. (Tim Redaksi)

Berita

Berita Lainnya

#

Pemkot Ternate Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Te ...

#

Wali Kota Buka Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate 2025

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuk ...

#

Sekda Lantik Sejumlah Pejabat Administrasi dan Fungsional

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM melantik dan meng ...

#

Safari Ramadan di Kelurahan Toboko, Sekda Serahkan Bantuan Paket Kebaikan Ramadan

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., serta sejumlah ...