Minggu, 01 Agustus 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
15 Juni 2021 - 19:37:32 - Read: 190

Kominfo Menggelar Vacational School Graduate Academy di Ternate

DISKOMSANDI – Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPPSDMP) Kominfo Makassar menggelar Vocational School Graduate Academy (VSGA) untuk angkatan kerja muda bidang vokasi. Acara tersebut merupakan Pelatihan sekaligus Sertifikasi dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang TIK yang akan memperoleh sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Kegiatan ini di gelar di Hotel Sahid Bela Ternate (15/6/21).

Kegiatan VSGA ini diikuti oleh 60 peserta dari lulusan Vokasi baik SMK maupun Diploma selama lima (5) hari yakni dari tanggal 15 Juni 2021 hingga 19 Juni 2021. Acara tersebut terdiri dari tiga (3) hari pelatihan dan dua (2) hari proses sertifikasi. Program VSGA ini mensertifikasi tiga bidang keahlian/profesi, yaitu Junior Networking Administrator, Video Editing dan Data Management Staff.
Kegiatan tersebut di buka oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, SP., ME. dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika khususnya Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar yang telah memilih Kota Ternate sebagai salam satu tempat penyelenggaraan SKKNI.

“Kementerian Kominfo telah memberikan kesempatan kepada Angkatan Kerja Muda Kota Ternate untuk mendapatkan sertifikasi atau pengakuan terhadap kompetensi yang dimilikinya,” ucap Sekda Kota Ternate
Beliau juga menambahkan bahwa terkait dengan upaya menyiapkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan, maka Pemerintah Kota Ternate berkomitmen untuk membangun kualitas manusia yang tercermin dari visi/misi Kota Ternate “Mewujudkan Infrastruktur Jasa dan Perdagangan yang merata antara Wilayah, membangun Kota Ternate sebagai Kota Pesisir dan Maritim, membangun Kota Ternate sebagai pusat destinasi wisata unggulan berbasis Budaya, Sejarah dan Bahari.”

“Saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan ini secara seksama sehingga semuanya dapat dinyatakan kompeten dan bersertifikat,” tambah Sekda Kota Ternate di akhir sambutannya.

Sementara, Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar Djunaedy Aspan, S.Sos,. MAP dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan level kompetensi para lulusan SMK bidang TIK atau Perguruan Tinggi Vokasi untuk jenjang Pendidikan formal dan jenjang operator pada level 2 menjadi jenjang teknisi/analis pada level 4.

“Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan daya saing bangsa dan melindungi tenaga kerja berbasis jasa dalam rangka menghadapi arus perdagangan jasa bebas, pemerintah menginginkan agar kualifikasi tenaga kerja dapat terukur,” ucap Plt. Kepala BBPSDMP Makassar.

Secara khusus Program Fasilitasi Sertifikasi berbasis SKKNI bidang TIK ini di prioritaskan bagi angkatan muda, terutama kelompok masyarakat yang memerlukan dukungan pemerintah dalam rangka meningkatkan kapasitas dan mencari pekerjaan serta agar mampu berdaya saing dan mampu berperan lebih bermanfaat di masyarakat. Terlebih dengan adanya tantangan perdagangan bebas wilayah Asean atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ucap Djunaedy dalam sambutannya

“Percepatan peningkatan kompetensi dan sertifikasi tenaga kerja bagi angkatan kerja muda, merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah dalam rangka mengakselerasi (mempercepat) pengembangan SDM berbasis kompetensi seperti yang selama ini dicita-citakan," tambahnya.

Upaya akselerasi tersebut dilakukan untuk melaksanakan salah satu program Nawacita Pemerintah periode 2019-2024, yaitu peningkatan daya saing tenaga kerja, yang dibidang komunikasi dan informatika, yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Komsandi Kota Ternate Anas Konoras, S.Pd, M.Par dan Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Ronny Aries Setyono, ST., M.Si yang sekaligus menjadi pemateri dalam pembukaan kegiatan Vocational School Graduate Academy. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA