Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
2018-11-11 23:34:15 -0500 - Read: 238

Launching Proyek Perubahan, Walikota Gelorakan Semangat bangkitkan kejayaan Ternate di masa lalu

DISKOMSANDI - Bertempat di Ballroom Gamalama Hotel Grand Dafam Ternate, Walikota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM, Sabtu (10/11/2018) melaunching enam proyek perubahan (proper)  DIKLAT PIM II  Angkatan XXII, tematik kepariwisataan, BPSDM Provinsi Bali Tahun 2018. Keenam proyek perubahan tersebut diantaranya Sadar Wisata Pulau layak Anak oleh reformer Dra. Hadijah Tukuboya, M.Si, Tourism Information Center (Ternate Beyond) oleh reformer Samin Marsaoly, S.STP, Pariwisata Berbasis Komunitas (Paris Kota) oleh reformer Drs. Mahdi Nurdin, ME, Jaringan Siaga Ternate (Jaga Ternate) oleh reformer Abdullah Sadik, S.IP, M.Si, Akselerasi Zona IKM Kepariwisataan (Ternate Azik)  dan Layanan Kompetensi Tenaga Kerja Kepariwisataan  (Lentera Wisata) oleh reformer Dr. Jusuf Sunya, ME.

Launching bersama ini dihadiri oleh Forkompimda Kota Ternate, Kepala BPSDM Provinsi Bali, Kepala Bank Indonesia Maluku Utara, Para reformer beserta tim efektif dan stake holdernya masing-masing.

Kepala BPSDM Provinsi  Bali Ida Bagus Sedhawa dalam sambutannya mengatakan bahwa potensi wisata di Kota Ternate tidak kalah dengan daerah yang lain. Ternate memiliki adat yang kuat, kerohanian yang kuat, kesenian yang luar biasa ditunjang dengan keamanan, Kebersihan, sarana dan prasarana yang memadai serta yang terutama adalah mindset masyarakat yang sudah mempunyai komitmen dengan pemerintah daerahnya, sehingga sangat layak untuk dikembangkan kepariwisataannya. “Ternate saya kira luar biasa, tidak ada alasan untuk mundur mengembangkan pariwisata” tegasnya. Dia menambahkan dirinya siap mendukung pengembangan pariwisata di Kota Ternate. “Mari Kita bangun Kepariwisataan Ternate dari Bali, Kami siap dukung” ujarnya di akhir sambutan yang disambut riuh tepuk tangan dari seluruh undangan yang hadir.

Walikota Ternate memberikan apresiasi kepada keenam reformer yang telah memberikan sumbangsih yang besar dalam membangun daerah melalui inovasi yang digagasnya masing-masing. Dalam  sambutannya Walikota  menyatakan optimismenya bahwa pariwisata di Kota Ternate akan berkembang. Menurutnya  potensi pariwisata yang dimiliki Kota Ternate sangat lengkap. Ternate memiliki potensi wisata sejarah, wisata alam dan wisata budaya. “Lima benteng masih utuh dan itu bukti nyata bahwa negeri ini pernah didatangi oleh Bangsa Eropa dalam kurun waktu panjang, Kita juga memiliki Kesultanan yang masih kita lihat ada hingga sekarang, dan hal serupa ini tidak banyak dimiliki daerah lain” tutur Walikota. Diakuinya bahwa memang sebelum 2019 Pemerintah lebih banyak memberikan perhatian pada revitalisasi potensi-potensi pariwisata, yang kini sudah siap dipromosikan. Walikota mengatakan bahwa mulai tahun depan Kota Ternate akan menyelenggarakan event-event yang berskala nasional dan internasional. Oleh karenanya Walikota menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersatu karena kita punya spirit yang sama untuk maju.

“negeri ini ratusan tahun yang lalu sudah terkenal di seantero dunia ini. Globalisasi sudah berjalan di negeri ini ratusan tahun yang lalu. Mari kita bangkitkan kembali kejayaan Ternate di masa-masa yang lalu”  himbau Walikota penuh semangat.

Dalam acara ini telah dilaunching aplikasi Ternate Azik dan Gerakan Hashtag Ternate atau gerakan mempromosikan Ternate melalui media sosial. Sejumlah MoU antara Pemerintah dengan beberapa stake holder untuk pengembangan kepariwisataan juga telah ditandatangani. Walikota juga mengukuhkan beberapa forum dan komunitas yang dibentuk untuk penguatan kepariwisataan. Setelah acara Launching rombongan BPSDM Bali diajak mengunjungi Foris IKM di Kelurahan Tongole. Dilanjutkan dengan meninjau Ternate Information Center di Landmark Ternate pada sore hari dan mengunjungi kadaton kesultanan Ternate pada malam hari guna mengikuti acara Malam Apresiasi dan Refleksi Pariwisata Berbasis Komunitas. Di Pendopo Kesultanan, Pemerintah Kota Ternate memberikan penghargaan kepada empat komunitas atau instagrammer yang telah mempromosikan Ternate melalui media sosial diantaranya Ternate Explore, Ternate Kuliner, Ternate Video dan Ternate Heritage Society. Acara diakhiri dengan menyaksikan Pertunjukan Seni dan budaya di Pasar Melayu Benteng Oranje Ternate. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA