#

Pesona Baju Adat Ternate di Pawai Budaya RAKERNAS XVI APEKSI 2023

PEMKOT TERNATE - Penyelenggaraan Rakernas XVI Apeksi Tahun 2023 di Makassar di warnai Karnaval dan Pawai Budaya. Pemerintah Kota Ternate yang turut serta dalam acara tersebut sukses menampilkan iring-iringan pawai budaya, busana adat Ternate yang tentu saja menghibur warga Ternate yang berada di Makassar, Rabu 12/7/23.

Tim Karnaval dan Pawai Budaya ini berjumlah puluhan peserta yang terdiri dari sejumlah kepala dinas dan camat serta pegawai di lingkup pemerintah kota. Mereka mendapat sambutan hangat dari masyarakat Kota Makassar.

Dengan slogan “Suba Joo, Joo Suba,” peserta pawai mengenakan pakaian putih yang menggambarkan ciri khas Kota Ternate sebagai kota kerajaan/kasultanan serta dilengkapi dengan Tualalipa (penutup kepala khas Ternate).

Tampil dengan tema Adat Khas Ternate, tentunya mengundang tepuk tangan dan decak kagum dari masyarakat yang menyaksikan, saat peserta pawai budaya melewati panggung utama.

Mochtar Hasim, Kepala Dinas Perhubungan Kota Ternate sekaligus Koordinator Perwakilan Rakernas XVI Apeksi 2023 di Makassar mengatakan, kehadiran rombongan tim karnaval dan pawai budaya ini telah disiapkan Pemerintah Kota dalam agenda APEKSI kali ini.

“Kalau untuk karnaval dan pawai budaya itu Kota Ternate menampilkan bentuk-bentuk pakaian adat khas Ternate serta tarian dan juga berbagai macam atraksi kebudayaan,” ujarnya.

Ia mengatakan, melalui momentum karnaval ini, pihaknya akan terus memberikan gambaran dan pesan agar menjadi daya tarik terhadap kota lain. Bahwa Kota Ternate kaya akan keragaman adat istiadat dan budaya.

“Ini juga sesuai tema yang diusung Rekernas XVI Apeksi 2023 Makassar, yaitu Kota Kita Kuat, Indonesia Maju yang digaungkan,” tuturnya.

Tak hanya itu, Pemkot Ternate juga mempromosikan sajian khas olahan rempah. Ini menandakan, Kota Ternate sudah siap menjadi tuan rumah Sarasehan istri Wali Kota se-Indonesia yang rencananya akan diselenggarakan pada September 2023 mendatang.

Menurutnya, dengan diselenggarakan Sarasehan ini, seluruh istri Wali Kota di Indonesia bisa hadir. Kehadiran istri kepala daerah se-Indonesia di Ternate tentu akan meningkatkan perekonomian di Ternate. (TIM IKP_DISKOMINFO KOTA TERNATE)

Berita

Berita Lainnya

#

Pjs. Wali Kota Bertindak Sebagai Irup Pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pan ...

#

Pjs. Wali Kota Ternate Senam Bersama ASN dan PTT Pemkot Ternate

PEMKOT TERNATE - Pjs. Wali Kota Ternate Tahmid Wahab, S.Sos., ME melakukan olahraga dan se ...

#

Dispersip Kota Ternate Gandeng Duta Baca Indonesia Masuk ke Sekolah, Baronda di SMP Negeri 2 Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka melakukan edukasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Dinas Pe ...

#

Tahmid Wahab Dilantik Sebagai Penjabat Sementara Wali Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Pj. Gubernur Maluku Utara Drs. H. Samsuddin Abdul Kadir, M.Si melantik ...