#

Wali Kota Berikan Bantuan Asupan Pangan Untuk Anak Stunting, Kurang Gizi dan Ibu Hamil

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi Penanganan Kerawanan Pangan dan Gizi Kabupaten/Kota yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate.

Digelar di Aula Baabullah Kantor Wali Kota Ternate, Rabu (31/7/24), kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan Bantuan Asupan Makanan Pangan bagi Anak Stunting, Kurang Gizi, dan Ibu Hamil di Kota Ternate tahun 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketpang) Kota Ternate Muhammad Hartono, S.Pd., M.Eng. dan jajaran serta sejumlah Kepala OPD dan Camat di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Kepala Dinas Ketpang Kota Ternate, Muhammad Hartono, S.Pd., M.Eng. menyampaikan bahwa stunting masih menjadi persoalan mendesak untuk diselesaikan secara bersama-sama, sehingga untuk mencegah hal ini di masa depan, pemberian intervensi terkait stunting harus dilakukan secara bersama dan tepat sasaran.

Menurutnya, salah satu hal yang penting yakni penyerahan bantuan yang tepat sasaran, sehingga khususnya pemerintah Kecamatan harus dapat memetakan kantong-kantong wilayah stunting, serta mengidentifikasi layanan yang masih kurang dan harus diperbaiki.

"Pastikan bantuan stunting diberikan tepat sasaran dan tidak tumpang tindih dengan mekanisme pemberian bantuan yang sudah diberikan pemerintah dan optimalkan kolaborasi percepatan penurunan stunting lintas OPD,” ucap Kadis Ketpang.

Beliau menjelaskan, bahwa pemberian bantuan asupan pangan juga penting untuk ibu hamil dan balita seperti makanan pendamping ASI agar balita yang sehat tidak mengalami penurunan berat badan karna kurangnya asupan gizi.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Wali Kota melalui Dinas Ketahanan Pangan untuk peningkatan gizi keluarga dan penanganan masalah stunting di Kota Ternate, Saya berharap dengan adanya bantuan ini, anak-anak yang terdampak stunting dapat tertangani dan dapat mengurangi angka stunting di Kota Ternate,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa stunting masih menjadi persoalan besar yang mendesak untuk diselesaikan bersama, karena tidak hanya berdampak pada kondisi fisik anak, tetapi juga pada Kesehatan dan kemampuan berpikirnya.

“Stunting dan gizi buruk adalah permasalahan serius yang masih dihadapi oleh banyak anak dan ibu hamil di Indonesia, termasuk di Kota Ternate dan bukan hanya masalah kesehatan semata, tetapi juga berdampak pada kualitas sumber daya manusia di masa depan," jelas Wali Kota.

Wali Kota mengungkapkan bahwa pemerintah telah berkomitmen untuk terus berupaya menanggulangi permasalahan stunting melalui berbagai program dan kebijakan yang tepat sasaran, salah satunya dengan menyalurkan bantuan cadangan pangan.

“Bantuan ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi anak-anak kurang gizi dan ibu hamil, sehingga dapat mengurangi angka stunting di Kota Ternate," ungkap Wali Kota.

Wali Kota juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini, Wali Kota juga berharap bantuan yang diberikan semakin berkontribusi positif untuk menurunkan stunting di Kota Ternate.

“Pemberian bantuan pangan ini tidak hanya diberikan untuk anak stunting, tapi juga penting untuk diberikan kepada ibu hamil dan balita yang sehat untuk menjaga asupan gizi mereka agar tidak mengalami penurunan berat badan, utamanya ibu hamil dan anak-anak dari keluarga berisiko stunting," terang Wali Kota.

Wali Kota juga meminta semua pihak untuk gencar mengedukasi publik dan melakukan penyuluhan sebagai salah satu pilar pencegahan stunting, sehingga kesadaran masyarakat akan terbangun, dan timbul keinginan untuk turut berpartisipasi aktif dalam mempercepat penurunan stunting.

"Saya juga berharap kepada seluruh masyarakat Kota Ternate untuk terus mendukung program-program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Marilah kita bersama-sama bahu-membahu, bekerja keras untuk menciptakan generasi masa depan yang sehat, cerdas dan produktif," tutup Wali Kota.

Usai memberikan sambutan, Wali Kota Ternate didampingi Kadis Ketpang memberikan bantuan asupan makanan pangan berupa telur ayam, susu bayi, kacang hijau dan susu untuk ibu hamil kepada 96 warga penerima bantuan yang tersebar di 5 Kecamatan dalam wilayah Kota Ternate. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Juara Umum Popda ke XI Tingkat Maluku Utara, Wali Kota Beri Bonus Untuk Para Atlet Kontingen Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M Tauhid Soleman, M.Si secara resmi menyerahkan bon ...

#

Wali Kota Serahkan Bantuan Warung MAMA

PEMKOT TERNATE - Wali kota Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Kepala Dinas Koperasi da ...

#

Wali Kota Berikan Bantuan Asupan Pangan Untuk Anak Stunting, Kurang Gizi dan Ibu Hamil

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus memb ...

#

Wali Kota Tinjau Lokasi Pembangunan Kantor Lurah Torano

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersilaturahmi dengan warga ...