Sabtu, 15 Agustus 2020
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
08 Desember 2019 - 19:34:58 - Read: 950

Wali Kota Ternate Launching Hari Jadi Ternate 769 dan Buka Festival Kora-kora 2019

DISKOMSANDI – Hari Jadi Ternate (HJT) ke 769 dan Festival Kora-kora tahun 2019 resmi dihelat Sabtu, 8 Desember 2019 di Landmark Ternate. Soft Launching Pelaksanaan Hari Jadi Ternate (HJT) ke 769 ini dilakukan oleh Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM, yang ditandai dengan pemukulan dolo-dolo bersama Danrem 152/ Babullah, Kepala Bank Indonesia, Wakil Wali Kota Ternate, unsur Forkopimda, dan Sekretaris Daerah Kota Ternate.

Pelaksanaan Festival Kora-kora tahun 2019 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Dinas Pariwisata itu, diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi ekonomi di Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, dalam sambutannya mengatakan, Festival Kora-Kora Tahun 2019 adalah yang ke 9 kalinya, dan dari waktu ke waktu pelaksanaan Festival Kora-Kora terus berkreasi dan berinovasi. 

"Event seperti ini harus terus dikembangkan karena di masa depan, banyak event nasional maupun internasional akan dilaksanakan," cetusnya.

Selain itu Wali Kota juga meminta kepada para OPD, terkait dengan pengembangan wisata agar dapat berkolaborasi dengan baik, karena hal tersebut menjadi tanggung jawab kita semua, termasuk pemerintah dan komunitas yang ada di Kota Ternate. 

"Terima Kasih kepada Danrem 152/Babullah, yang melaksanakan kegiatan sport tourism, seperti Triathlon, lalu nanti ada  Tour the Gamalama, hasil kerja sama dengan Korem 152/ Babullah. Kegiatan seperti ini di masa yang akan datang harus terus dilakukan," jelas Wali Kota.

"Tema pada Hari Jadi Ternate ini sangat menarik, untuk mampu memotivasi kepada kita semua agar dapat memberi perhatian lebih dalam pengembangan dan promosi pariwisata," pungkas Wali Kota.

Sementara itu, Ketua Panitia HJT ke 764 Arifin Umasangaji yang juga Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate dalam sambutannya mengatakan, tema HJT kali ini adalah, Ternate Episentrum Peradaban Dunia. Tema tersebut diangkat karena Ternate terkenal sebagai negeri penghasil rempah-rempah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Samin Marsaoly, S.STP, dalam sambutannya, mengatakan bahwa Festival Kora-Kora kali ini agak berbeda,  karena pelaksanaannya kita rangkaikan antara Hari Jadi Ternate ke-9 dan Hari Juang TNI ke-74.

"Pelaksanaan kegiatan lomba dayung sedikit berbeda, karena tingkat partisipasi meningkat tahun sebelumnya 20 peserta dan tahun ini menjadi 42  peserta. Peserta ada yang dari Sanana dan Ambon, lomba under water fotography,  lomba kano juga peserta ada yang dari OPD," jelasnya.

Rangkaian Festival Kora-kora tahun 2019 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ternate (HJT) ke 769 tahun 2019 diramaikan dengan tarian kolosal Pemuda Pemberani dari sanggar Castle of Art, dan pemberian santunan kepada 4 orang anak yatim yang berada di kawasan wisata Kota Ternate. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA