#

Bappelitbangda Kota Ternate Gelar Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Tahun 2024

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME membuka Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kota Ternate Tahun 2024 yang digelar di Royal Resto. Senin (20/3/23).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka sinkronisasi dan kompilasi program/kegiatan hasil pelaksanaan Musrenbang Kecamatan dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD), serta dalam upaya menyatukan Visi dan Misi serta arah kebijakan RKPD Kota Ternate tahun 2024.

Mengangkat tema "Sinergi Program Prioritas RPJMD Ciptakan Industrialisasi Pengolahan Sampah Secara Partisipatif dan Konservasi Sumber Daya Air, Wujudkan Ternate Mandiri dan Berkeadilan", kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Forkopimda Kota Ternate, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan Lurah serta para Kasubag Perencanaan di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM pada laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RKPD.

“Kami telah menggalar Musrenbang Kelurahan dan Kecamatan, dan yang terakhir digelar di Kecamatan Batang Dua, dan besok akan ada narasumber dari Kabupaten Malang yang akan memberi paparan Pengolahan Sampah secara Partisipatif mengenai industrialisasi terhadap penguatan Ternate yang bersih dan terkonsep secara baik untuk menjadi cikal bakal lahirnya RAPBD,” ucap Kaban Bappelitbangda.

“Dan mengenai Sumber Daya Air akan hadir juga Dr. Kadri Daud, Dosen Fakultas Teknik Unkhair,” tambahnya.

Beliau juga memaparkan, bahwa hasil dari Musrenbang 8 Kecamatan ada 892 daftar usulan yang telah dirumuskan dalam Musrembang kecamatan dan menjadi prioritas usulan Musrembang RKPD Tahun 2024..

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME dalam sambutannya mengatakan bahwa Ketentuan pada pasal 27 ayat (2) Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, telah mengamanatkan suatu proses pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kepada Pemerintah Daerah.

“Proses penyelenggaraan Musrenbang tersebut haruslah bersifat partisipatif, akuntabel, transparan dengan menekankan pentingnya mendorong keterlibatan stakeholders,” ucap Sekda.

Menurutnya, Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD merupakan wadah yang disediakan Pemerintah bagi masyarakat, untuk dapat berpartisipasi secara lebih aktif dalam proses perencanaan pembangunan dan dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan, dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD Kota Ternate Tahun 2024 yang diharapkan dapat menyepakati Isu Strategis Pembangunan dan Prioritas Pembangunan.

“Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD, merupakan ajang musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas, yang tercantum dalam daftar usulan rencana pembangunan kecamatan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kota Ternate,” tambahnya.

Penyusunan RKPD Kota Ternate tahun 2024 merupakan langkah strategis dan merupakan rangkaian terencana dari upaya membangun kebijakan pengelolaan sampah dan air bersih, sebagai landasan dalam pendekatan pengelolaan sampah dan air bersih yang berkelanjutan.

“Hal ini sesuai dengan arah kebijakan pembangunan dan pentahapan dalam RPMJD Kota Ternate 2021-2026, yang menggambarkan bahwa program prioritas pembangunan tahun 2024, akan diarahkan pada Industrialisasi Pengolahan Sampah Secara Partisipatif dan Konservasi Sumber Daya Air,” lanjutnya.

Selain fokus pada 2 (dua) Program Prioritas tadi, Pemerintah Kota Ternate untuk di tahun 2024, juga akan fokus untuk penanganan 12 (dua belas) program dari 14 (empat belas) program prioritas RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026.

RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026, merupakan dokumen perencanaan Pemerintah Kota Ternate, yang merupakan arah, pedoman sekaligus kompas untuk memandu Perangkat Daerah, dalam merumuskan kebijakan 5 (lima) tahun kedepan.

“Esensi dari semua kebijakan program yang nantinya akan didiskusikan dan dibahas pada Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Tahun 2024, adalah implementasi Visi dan Misi TERNATE ANDALAN, yaitu Mewujudkan Ternate yang Mandiri dan Berkeadilan,” tutupnya (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pemkot Ternate Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Te ...

#

Wali Kota Buka Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate 2025

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuk ...

#

Sekda Lantik Sejumlah Pejabat Administrasi dan Fungsional

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM melantik dan meng ...

#

Safari Ramadan di Kelurahan Toboko, Sekda Serahkan Bantuan Paket Kebaikan Ramadan

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., serta sejumlah ...