#

Expo Kuliner dan Wisata Pulau Hiri 2024, Sagu Setir Dikukuhkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda

PEMKOT TERNATE – Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM membuka Expo Kuliner dan Wisata Pulau Hiri 2024 bertajuk “Hiri Lestari, Hiri Berseri” yang diselenggarakan oleh Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang bertempat di Utara Dermaga Pelabuhan Togolobe, Pulau Hiri, Sabtu (10/8/24).

Pada acara tersebut dikukuhkan juga “Sagu Setir” sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh Mahasiswa KKN-PPM UGM.

Ketua Panitia Expo Kuliner dan Wisata Pulau Hiri 2024, Arka menjelaskan bahwa alasan Sagu Setir ini dikukuhkan dan akan diusulkan sebagai warisan bidaya takbenda karena memiliki nilai historis dan terancam punah.

“ Sagu Setir merupakan warisan budaya yang harus diperkenalkan secara turun temurun, karena sudah mulai hilang, jadi untuk mempertahankan Sagu Setir tetap terjaga, maka kita dari mahasiswa UGM memutuskan untuk mengangkat Sagu Setir sebagai warisan budaya,” ungkapnya.

Selanjutnya, Camat Pulau Hiri, Irwan Bakar, SH menyampaikan, expo kuliner dan wisata Hiri 2024 ini akan menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pariwisata pulau Hiri karena acara ini digelar sebagai upaya untuk mempromosikan potensi wisata sekaligus memberdayakan masyarakat melalui pelaku usaha UMKM, pemuda dan stakeholder lainnya.

"Saya berharap kepada seluruh masyarakat Pulau Hiri, terutama para pelaku usaha, UMKM, pemuda Hiri dan masyarakat secara umum untuk fokus dalam hal-hal yang sifatnya positif dan produktif dengan mamaksimalkan sumber potensi yang tersedia," harap Camat.

Camat juga meminta semua pihak di Pulau Hiri untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan potensi wisata, nilai-nilai budaya, adat se atorang dan tradisi maayarakat Hiri.

"Kami berharap, Pemerintah Kota Ternate melalui instansi teknis untuk memberikan dukungan dalam upaya melestarikan budaya, wisata dan tradisi dengan menyiapkan fasilitas pendukung termasuk dalam peningkatan SDM baik di bidang pariwisata, kebudayaan maupun pelaku usaha ekonomi di Pulau Hiri," harapnya.

Sementara itu, Plh. Wali Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM dalam sambutannya mengatakan, Sagu Setir bukan hanya sekedar makanan bagi masyarakat, tetapi juga simbol identitas dan kearifan lokal yang telah diwariskan turun-temurun, dan pengukuhan ini sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan terhadap warisan nenek moyang yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Adanya pengukuhan ini, kita berkomitmen untuk terus melestarikan tradisi dan budaya lokal, agar tetap hidup dan dikenal oleh generasi mendatang. Expo ini tidak hanya menjadi wadah untuk mempromosikan kekayaan kuliner dan pariwisata Pulau Hiri, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkenalkan kepada dunia keunikan budaya yang dimiliki dengan keindahan alamnya,” ucap Plh. Wali Kota.

Menurutnya, Pulau Hiri menyimpan potensi luar biasa untuk menjadi destinasi wisata unggulan, dan melalui expo ini, Pemerintah bersama-sama masyarakat dan didukung mahasiswa KKN UGM berusaha untuk menampilkan segala daya tarik yang dapat ditawarkan oleh pulau ini.

“Pulau Hiri, dengan segala keindahan alam dan kekayaan budayanya, memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan. Saya percaya bahwa melalui kerja sama antara pemerintah, akademisi, pelaku usaha, dan masyarakat, kita dapat menjadikan Pulau Hiri sebagai contoh sukses pengembangan pariwisata berkelanjutan yang berbasis pada kearifan lokal,” ucapnya.

Plh. Wali Kota juga berharap expo ini menjadi langkah awal dari banyak upaya lain yang akan datang untuk terus memajukan Pulau Hiri dan membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Untuk diketahui, acara tersebut menampilkan Expo Potensi Destinasi sehingga pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai destinasi wisata menarik di Pulau Hiri mulai dari keindahan alam hingga warisan budaya.

Selain itu, expo kuliner dan wisata Pulau Hiri juga dimeriahkan dengan panggung seni budaya dan berbagai stand kuliner untuk mempromosikan produk lokal UMKM. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Bangga, Kota Ternate Raih 2 Penghargaan Terbaik dari Bappeda Maluku Utara

PEMKOT TERNATE - Kota Ternate meraih Juara 1 (satu) Penghargaan Pembangunan Daerah Kabupat ...

#

Tanamkan Budaya Gemar Menabung Sejak Dini, Plh. Wali Kota Buka Gerakan Indonesia Menabung

PEMKOT TERNATE – Plh. Wali Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM menghadiri s ...

#

Expo Kuliner dan Wisata Pulau Hiri 2024, Sagu Setir Dikukuhkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda

PEMKOT TERNATE – Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM ...

#

Pemkot Ternate Terima Penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan melalui Program JKN

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate, kembali mendapatkan penghargaan Universal Health ...