#

Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok dan Menekan Laju Inflasi, TPID Kota Ternate gelar High Level Meeting

PEMKOT TERNATE - Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM memimpin langsung rapat koordinasi atau High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Ternate yang didampingi oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara Dwi Putra Indrawan dan Kepala Badan Pusat Statistik Kota Ternate Harim Arrosid, S.ST, M.Si dalam rangka untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan menekan laju inflasi di Kota Ternate. Rabu (10/7/2024).

Rapat yang digelar di aula lantai III Kantor Wali Kota Ternate tersebut turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Ternate, pimpinan OPD dan instansi terkait serta stakeholder lainnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Sekretaris Daerah Kota Ternate yang juga Ketua TPID Kota Ternate, Dr. H Rizal Marsaoly, SE., MM mengatakan, sebagai dukungan terhadap pengendalian Inflasi di Kota Ternate, Pemerintah Kota Ternate melalui kebijakan dalam APBD tahun 2024 telah mengalokasikan sejumlah program dan kegiatan serta tugas dan fungsi sejumlah OPD.

"Hal itu diharapkan mampu memberi satu solusi terkait dengan ketersediaan bahan pokok pangan dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas ketersediaan bahan pokok,” ungkap Sekda..

Lebih lanjut kata Sekda, ada kebijakan yang dilakukan Dinas Pertanian melalui kelompok tani maupun kebijakan Dinas Ketahanan Pangan serta OPD maupun instansi lain yang membantu menjaga stabilitas khususnya ketersediaan bahan pokok dan lainnya.

"Karena untuk menjaga stabilitas ekonomi Kota Ternate, Pemerintah Kota tidak bisa bekerja sendiri. Kami membutuhkan dari Bank Indonesia, TNI-Polri dan stakeholder lainnya membantu kami dalam penyiapan data dan informasi," jelas Sekda.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah juga berharap bahwasannya TPID ini bukan hanya tim yang hanya bertemu membahas masalah terutama ekonomi, tapi harus ada rumusan-rumusan, rencana aksi, implementasi terbaik dan terukur. “Sehingga, nantinya Pemerintah Kota Ternate menjadikan hal tersebut sebagai data base untuk mengambil kebijakan-kebijakan di lapangan.”

Menurutnya, "Laporan yang berkembang di media sosial, kemudian isu yang berkembang di media cetak, kemudian ada fenomena-fenomena yang terjadi di pasar, di beberapa aktivitas ruang ekonomi, ini perlu direspons secara bersama," terangnya.

Sekda juga berpesan agar Bagian Kerjasama maupun intens berkoordinasi dengan para pelaku usaha, dalam rangka pemanfaatan Plaza Gamalama, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan PAD Kota Ternate.

Rapat koordinasi TPID ini juga dihadiri sejumlah instansi terkait seperti BPS, BMKG, maupun KSOP dan Pelni serta para distributor. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Ini Jawaban Wali Kota Ternate Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Kota Ternate Terhadap Ranperda RPJPD

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate,Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyampaikan secara resmi t ...

#

Wali Kota Ternate Instruksikan, Gerakan Aparatur Sipil Negara dan Masyarakat Ikut Memilah Sampah

PEMKOT TERNATE — Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si resmi mengeluarkan Instru ...

#

Wali Kota Buka Literasi Keuangan Inklusif Gender untuk Keluarga Petani Disabilitas

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuk ...

#

Wali Kota Resmikan Kapal Semarak Malut 01, Kapal Pertama yang Berganti Bendera di Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri acara peresmian ...