#

Peluncuran Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, Dirangkaikan dengan Peluncuran Maskot dan Jingle

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate Tahun 2024 yang dirangkaikan dengan Peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada Kota Ternate yang dilaksanakan di Landmark Kota Ternate, Jum’at (24/5/24).

Acara tersebut digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate yang dihadiri langsung oleh Ketua KPU Kota Ternate M. Zen A. Karim, SIP., M.Si, Ketua KPU Provinsi Maluku Utara Mohtar Alting, S.H.I., Forkopimda Kota Ternate, Ketua Bawaslu Kota Ternate Kifli Sahlan, S.Pd., serta Kepala Kesbangpol Kota Ternate Nuryadin Rachman, SH.

Ketua KPU Kota Ternate, M. Zen A. Karim, SIP., M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa tahapan Pilkada 2024 yang telah dilakukan sampai saat ini adalah sosialisasi tahapan pemilihan, pembentukan badan adhoc, dan selanjutnya akan dilakukan pemutakhiran data pemilih.

“Saya harap kepada seluruh masyarakat Kota Ternate agar menyiapkan data penduduknya masing-masing.” Ucap Ketua KPU Kota Ternate.

Beliau juga menyebutkan bahwa di Kota Ternate juga tidak ada calon perseorangan atau independen. Sehingga, di tanggal 27-29 Agustus 2024 sudah akan dilakukan pendaftaran bagi bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Siapapun calon yang berkompetisi pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate tahun 2024 agar menyiapkan program kerja, visi dan misi,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) adalah pilar utama dari sistem demokrasi di Indonesia, melalui proses ini kita diberi kesempatan untuk memilih pemimpin yang akan memimpin kita ke depan dengan harapan pasti akan lebih baik.

“Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota adalah momen yang sangat penting, hari ini dengan penuh semangat dan komitmen yang tinggi, KPU Kota Ternate bersama stakeholder terkait meluncurkan tahapan-tahapan yang akan membawa kita menuju proses pemilihan yang adil transparan dan demokratis,” jelas Wali Kota.

Menurutnya, tahapan ini akan melibatkan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, karena setiap suara memiliki arti yang besar dalam menentukan masa depan.

“Kepada KPU dan seluruh pihak terkait, saya mengapresiasi kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukkan dalam mempersiapkan tahapan-tahapan pemilihan ini. Saya yakin dengan integritas dan profesionalisme yang tinggi, kita akan menjalankan profesi ini dengan baik dan menciptakan lingkungan yang kondusif demi demokrasi yang sehat ,” ungkapnya.

Sebagai Wali Kota Ternate, beliau juga menekankan pentingnya menjaga integritas dan keadilan dalam setiap tahapan pemilihan, kita harus berkomitmen untuk menghindari politik praktis dan memastikan bahwa setiap calon memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing secara adil.

“Mari kita jadikan prosesi ini sebagai contoh yang baik bagi daerah lain, bahwa di Kota Ternate khususnya, demokrasi bukan hanya sekedar slogan tetapi prinsip yang kita pegang secara teguh,” tuturnya.

Wali Kota juga mengajak seluruh warga Kota Ternate untuk berpartisipasi secara aktif dalam setiap tahapan pemilihan sampai aspirasi digunakan dengan baik dan bijak.

“Ingat, keputusan kita pada hari ini akan membentuk masa depan bagi generasi kedepan, Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam setiap tahapan pemilihan ini, mari kita manfaatkan hak pilih kita dengan bijak dengan memiliki pemimpin yang memiliki visi, integritas dan komitmen melayani rakyat. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa suara kita di dengar dan diwakili dengan baik di tingkat pemerintahan,” pungkasnya.

Lanjut, pelaksanaan Pemilu khususnya Pemilu Presiden dan pemilihan legislatif berjalan dengan baik, meskipun ada hal-hal yang perlu kita evaluasi dengan harapan pelaksanaan Pemilukada (Pemilihan Umum Kepala Daerah) dapat berjalan dengan baik.

“Sudah tentu suasana Pilkada kali ini akan lebih baik lagi karena sekitar 3 (tiga) tahun yang lalu kita baru saja menyelesaikan Pilkada di tahun 2020, itu terasa beda dengan susasana Pilkada nanti di tahun 2024 karena saat itu kita berada di situasi Covid. Saat ini situasi itu tidak ada dengan harapan mudah-mudahan kita semua tetap menjaga ini dengan satu harapan bahwa pelaksaan Pemilukada ini dapat berjalan dengan baik dengan aman dan tenang sehingga dapat melahirkan pemimpin yang nantinya akan memimpin pada 5 tahun kedepan,” tutupnya.

Usai sambutan, Wali Kota Ternate bersama tamu undangan lainnya meluncurkan Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate Tahun 2024 dan mascot serta jingle Pilkada Kota Ternate yang ditandai dengan sentuhan layer.

Usai diluncurkan, jingle Pilkada Kota Ternate dinyanyikan oleh penyanyi kebanggan Kota Ternate yakni Gunawan LIDA dan Alan Darmawan yang sekaligus menghibur seluruh warga yang hadir. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Ternate Mewisuda 2944 Siswa-Siswi Tahfidz Al-Qur’an dan BTQ

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Ketua TP PKK Kot ...

#

Aksi Penanaman Pohon Pada Rakernas APEKSI Sebagai Komitmen Pelestarian Lingkungan

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota ...

#

Rakernas XVII APEKSI di Balikpapan, Dirangkaikan dengan Cooking Class Untuk Para Istri Wali Kota

PEMKOT TERNATE – Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid mengikuti Cooking Class ...

#

Hadiri Sidang Rakernas XVII APEKSI Tahun 2024, Wali Kota Ternate Paparkan Poin Penting Dalam Pra Muskomwil

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate sekaligus Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) VI Asosia ...