#

Pemkot Ternate Terima Penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan melalui Program JKN

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate, kembali mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Penyerahan penghargaan itu diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin dan bertempat di Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur. Kamis (8/8/24).

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam mendaftarkan penduduknya pada Program JKN. Kegiatan tersebut juga mengusung semangat "Satu Dekade Program JKN-KIS untuk Negeri sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam Memberikan Perlindungan Kesehatan Bagi Masyarakat Indonesia".

Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada seluruh pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam mendukung Program JKN.

“Pencapaian ini tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, kementerian/lembaga, dan seluruh pemerintah daerah. Pemerintah daerah harus mendorong agar setiap penduduk yang berada di wilayahnya terdaftar sebagai peserta aktif dalam Program JKN,”tuturnya.

Wapres juga menegaskan agar pemerintah pusat, daerah, dan fasilitas kesehatan harus memastikan setiap warga negara dapat mengakses layanan kesehatan, tanpa terkendala biaya maupun lokasi.

Disamping itu, yang mewakili Plh. Wali Kota Ternate yakni Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr. Fathiyah Suma, M.Kes secara langsung menerima penghargaan UHC tersebut mengatakan bahwa Kota Ternate telah mencapai 100% penduduk yang terdaftar sebagai peserta JKN, dan dalam keaktifan kartu kota Ternate sudah mencapai 80%.

Kadis juga memaparkan, bahwasannya ada masyarakat yang setelah mendaftar sebagai peserta mandiri dan menunggak pembayaran iuran, sehingga mengakibatkan kepesertaannya di non-aktifkan. “Maka peran pemerintah Kota Ternate dalam hal ini adalah memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Kota Ternate melalui program Universal Health Coverage (UHC), yang mana seluruh masyarakat Kota Ternate mendapatkan jaminan kesehatan. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Bangga, Kota Ternate Raih 2 Penghargaan Terbaik dari Bappeda Maluku Utara

PEMKOT TERNATE - Kota Ternate meraih Juara 1 (satu) Penghargaan Pembangunan Daerah Kabupat ...

#

Tanamkan Budaya Gemar Menabung Sejak Dini, Plh. Wali Kota Buka Gerakan Indonesia Menabung

PEMKOT TERNATE – Plh. Wali Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM menghadiri s ...

#

Expo Kuliner dan Wisata Pulau Hiri 2024, Sagu Setir Dikukuhkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda

PEMKOT TERNATE – Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM ...

#

Pemkot Ternate Terima Penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan melalui Program JKN

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate, kembali mendapatkan penghargaan Universal Health ...