#

STQH Tingkat Ternate Telah Usai, Kecamatan Ternate Tengah Raih Juara Umum

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si secara resmi menutup Seleksi Tilawatil Qur’an Hadits (STQH) XXVI Tingkat Kota Ternat, Selasa (28/2/23) di Benteng Oranje Kota Ternate.

Kegiatan STQH tersebut telah berlangsung sejak 24 Februari 2023 dan diikuti oleh 8 qafilah dari 8 kecamatan yang ada di Kota Ternate.

Sesuai dengan Keputusan Majelis Hakim STQH XXVII Nomor : 02/KEP/DH/STQH-XXVII/2023 tentang penetapan juara umum diraih oleh Kecamatan Ternate Tengah dengan nilai 58.

Piala dan hadiah lomba STQH diserahkan langsung kepada Camat Ternate Tengah oleh Wali Kota dan Ibu Wali Kota Ternate.

Dalam sambutannya, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si memberikan apresiasi kepada Kecamatan Ternate Tengah yang telah berhasil meraih Juara Umum pada STQH ke 27 tahun 2023.

“Ayat-ayat Alquran bagaikan intan, setiap sudutnya memancarkan cahaya yang berbeda dengan apa yang terpancar dari sudut sudut lain,” ucap Wali Kota Ternate.

Menurutnya, insan yang berkarakter itu lahir dari kohesi antara kemampuan pikir serta kedalaman dzikir dan Alqur\'an hadir memberikan penguatan atas keseresian tersebut.

“Al-Quran yang diturunkan sebagai hudan dan syifa petunjuk dan obat penawar juga untuk memperindah etika disajikan dalam bahasa yang penuh dengan nilai estetika dan syarat dengan nilai nilai seni,” tambahnya.

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa Seni membebaskan manusia dari kungkungan individualistis, seni memerdekakan manusia dari penjara kesendiria,. Seni mendeklarasikan manusia sebagai mahluk, seni mempertautkan yang retak, apalagi saat ini kita berada di tahun politik yang rentan tehadap gesekan horisontal. Kehidupan dunia tidak akan berakhir terkecuali apabila dunia ini telah sempurna keindahannya dan manusia telah mengenakan semua hiasannya.

"Seni Islam adalah ekspresi tentang keindahan wujud dari sisi pandangan Islam tentang alam, hidup dan manusia yang mengantar menuju pertemuan antara kebenaran dan keindahan Al Qur’an mengajak manusia memandang ke seluruh jagat raya antara lain dari sisi keserasian dan keindahannya," pungkasnya.

Di akhir sambutannya, Wali Kota meningatkan bahwa STQH merupakan wahana bagi remaja Islam agar lebih gemar membaca dan mengkaji kandungan wahyu Ilahi yang pada gilirannya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Sehingga tujuan dari STQH ini tidak hanya meraih juara semata, melainkan roh dan semangat dari STQH adalah media dakwa dan syiar Islam," tutup Wali Kota.

Penutupan tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME., Forkopimda Kota Ternate, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ternate Drs. Amir Tomagola, MM,MH., Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid, Ketua DWP Kota Ternate Ny. Nurjana K. Jusuf, Sejumlah Kepala OPD serta Camat dan Lurah di Lingkup Pemerintah Kota Ternate. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pimpin Apel Se-Kecamatan Ternate Tengah, Wali Kota : ASN Harus Peka Terhadap Lingkungan dan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si memimpin apel gabungan Lu ...

#

Usai Cuti Bersama, Pemerintah Kota Ternate Gelar Apel Gabungan Sekaligus Halal Bi Halal

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si memimpin apel gabungan seka ...

#

Wali Kota Buka Festival Ela-Ela di Sango

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Dae ...

#

Wali Kota Pimpin Pawai Obor pada Festival Ela-Ela di Dufa-Dufa

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Dae ...