#

Wali Kota Buka Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate 2025

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuka Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Ternate tahun 2025 yang digelar di Royal Resto, Rabu (27/3/24).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka sinkronisasi dan kompilasi program/kegiatan hasil pelaksanaan Musrenbang Kecamatan dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD), serta upaya menyatukan visi dan misi maupun arah kebijakan RKPD Kota Ternate Tahun 2025 dan akan digelar selama 2 (dua) hari, 27-28 Maret 2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., Perwakilan Unsur Forkopimda Kota Ternate, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara, Dwi Putra Indrawan, Ketua DWP Kota Ternate Ny. Hasmiati Rizal, Para Kepala OPD serta Camat di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Plt. Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Mohd. Taufik Djauhar, SE., M.Si. dalam laporannya menjelaskan bahwa maksud dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD ini, adalah untuk memenuhi tahapan Penyusunan RKPD Kota Ternate Tahun 2025. Karena, perencanaan pembangunan setiap tahunnya kedepan akan dibuat lebih fokus dan lebih terarah lagi, guna memaksimalkan pemanfaatan APBD yang terbatas, dengan menciptakan program kegiatan yang lebih berkualitas dan 5 lebih menyentuh langsung kepada peningkatan pelayanan masyarakat.

Sementara, tujuan pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate Tahun 2025, adalah untuk melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RKPD Kota Ternate tahun 2025, dan dituangkan dalam berita acara kesepakatan dan terpenuhinya tahapan dalam Penyusunan RKPD sebagaimana yang diamanatkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

“Metode pelaksanaan untuk Forum Perangkat Daerah, adalah diskusi antar perangkat daerah sesuai kelompok bidang, dengan fokus pembahasan sejumlah usulan, yang merupakan hasil dari pelaksanaan Musrenbang di Tingkat Kecamatan, Pokok pokok Pikiran DPRD Kota Ternate dan RENJA dari masing masing OPD, yang telah terinput dalam SIPD-RI, yang akan disepakati bersama dan menjadi penguatan Ranwal RKPD Kota Ternate Tahun 2025,” jelas Kepala Bappelitbangda.

Sementara itu, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD merupakan wadah yang disediakan pemerintah bagi masyarakat, untuk dapat berpartisipasi secara lebih aktif dalam proses perencanaan pembangunan.

“Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD juga merupakan ajang musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas, yang tercantum dalam daftar usulan rencana pembangunan kecamatan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kota Ternate,” jelas Wali Kota.

Wali Kota mengemukakan, Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang adalah agenda tetap yang kita laksanakan setiap tahun, dan memiliki makna strategis yang menentukan arah pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Ternate.

Musrenbang maupun hasil musrenbang nanti berbentuk dokumen perencanaan merupakan bagian dari kompilasi berbagai perencanaan yang bersifat formal dan non formal.

“Yang bersifat formal itu berarti dia merupakan kelanjutan dari musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan itu hal-hal yang bersifat normatif. Kemudian ada juga yang disebut dengan pokok-pokok pikiran dari DPRD Kota Ternate. Ditambah lagi dengan best practice yang sudah dilakukan Kota Ternate atau apa yang dimaksud dengan musrenbang komunitas,” pungkasnya.

Melihat hasil pembangunan yang telah dicapai, isu strategis pembangunan yang berkembang dan sasaran dalam RPJMD Kota Ternate, maka RKPD Kota Ternate tahun 2025 mengangkat tema “Pelestarian Cagar Budaya Dan Entitas Keragaman Sosial Budaya serta Mitigasi Kebencanaan untuk Pengembangan Ruang Kota Ternate yang Mandiri dan Berkeadilan”.

“Saat Musrenbang komunitas, tematik kita terkait dengan pemajuan kebudayaan dan terbukti pula pada saat Musrenbang komunitas di tahun 2023 lalu, dari hasil beberapa kreasi atau aspirasi komunitas sudah kita akomodir di tahun 2024,” ungkap Wali Kota.

Beliau mengungkapkan, khususnya kepada Dinas Kebudayaan Kota Ternate akan diberikan panggung khusus terkait dengan pelestarian budaya Ternate, ini juga sesuai dengan konsep kita terkait pokok-pokok kemajuan daerah.

“Alhamdulillah Ternate ini salah satu daerah yang sudah menetapkan pokok-pokok pembangunan kebudayaan daerah, yang mana saat ini sedang dilakukan penilaian baik untuk pelaku budaya dan Pemerintah Daerah yang akan mendapatkan apresiasi dari Kementerian atau Pemerintah Pusat, Alhamdulillah Ternate Insha Allah akan mendapatkan award untuk tahun 2024 ini,” harapnya.

Menurutnya ini juga menjadi penilaian tersendiri bagi jaringan kota-kota kreatif, Pemerintah Kota ternate yang mengakomodir aspirasi komunitas pun akan diberikan penghargaan karena itu menjadi salah satu dari instrumen penghargaan komunitas yang melahirkan ide melalui musrenbang ala Ternate yang disebut dengan Musrenbang komunitas.

“Di tahun 2025 pula ada beberapa hal yang ingin kita usulkan dan kita lakukan di tahun 2025. Yang pertama, menara Masjid Raya Al Munawwar akan kita bangun kembali, ada dua menara yang saat ini berada di laut akan kita bangun kembali dan itu juga menjadi ciri khas Kota Ternate sebagai bagian dari sejarah masa lalu Kesultanan Ternate,” ucapnya.

“Kemudian yang kedua adalah pemanfaatan lahan hasil reklamasi untuk pembangunan pusat-pusat kuliner untuk memerkuat basis kuliner di tahun 2025,”tambahnya.

Wali Kota berharap Musrenbang ini dapat melahirkan ide yang menjadi dokumen perencanaan dan akan kita akomodir di tahun 2025.

“Dan mudah-mudahan ke depan ketika ada orang datang di Ternate dapat terlihat wajah baru kota ternate dengan konsep yang sudah ada karena itu menjadi andalan kita, apa yang diharapkan yaitu kontribusi pada pendapatan daerah,” harapnya.

Wali Kota menegaskan akan mengawal setiap tahapan pelaksanaan Musrenbang yang dimulai dari tingkat Kelurahan dan Kecamatan sampai APBD itu disahkan, beliau menekankan bahwa akan tetap memperjuangkan dan memperhatikan hak-hak warga yang tersalur melalui tahapan Musrenbang ini.

“Untuk itulah, Saya sangat mengharapkan kepada semua Pimpinan Perangkat Daerah, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Bagian, Camat dan Delegasi, agar lebih fokus dalam melakukan pembahasan di Forum dan Musrenbang ini, dengan melihat urgensi kebutuhan dalam merumuskan usulan program kegiatan yang lebih terarah, terukur dan akuntabel serta menjawab isu-isu yang strategis dan permasalahan serta tantangan yang dihadapi, dengan memperhitungkan ketercapaian target indikator dan capaian pada program RPJMD yang telah terintegrasi,” tegasnya.

Di akhir sambutan Wali Kota menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Kepala Perangkat Daerah, Camat, Para Delegasi dan juga kepada semua pemangku kepentingan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada yang telah ikut berpartisipasi mengikuti semua tahapan perencanaan yang telah dilaksanakan oleh Bappelitbangda, mulai dari Musrenbang tingkat Kelurahan sampai pada hari ini kita bertemu pada pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate Tahun Perencanaan 2025”, tutupnya. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Ternate Apresiasi Kegiatan Sunatan Massal Gratis Di Masjid Al-Fajri

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus memb ...

#

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wali Kota Ternate Tanam Bibit Mangrove di Pantai Kastela

PEMKOT TERNATE — Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 Pemeri ...

#

Wali Kota Ternate Tandatangani MoU bersama Kejaksaan Negeri

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Daera ...

#

Sekda Kota Ternate Buka Sosialisasi Perda Nomor. 3 dan Tahun 2023 tentang Kebudayaan

PEMKOT TERNATE - Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., ME., meghadir ...