#

Wali Kota buka Sosialisasi Keamanan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan dan Pangan Olahan

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Keamanan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan dan Pangan Olahan yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate di Royal Resto. Rabu (24/7/24).

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Maluku Utara Tri Wandiro, S.Farm., Apt., serta para pelaku usaha.

Kepala Dinas Ketahan Pangan (Ketpang) Kota Ternate Muhammad Hartono, S.Pd., M.Eng dalam laporannya mengatakan, maksud kegiatan sosialisasi ini berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 53/PERMENTAN/KR.040/12/2018 Tahun 2018 tentang Keamanan dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan dalam rangka mendukung penguatan dan pemanfaatan sistem keamanan untuk pangan bagi pelaku usaha di Kota Ternate.

“Tujuannya untuk menerima pengetahuan kesehatan dan keamanan untuk pangan bagi masyarakat utamanya bagi para pelaku usaha di Kota Ternate agar mampu menciptakan suatu produk yang aman, sehat, dan Higienis serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat adat se-atorang,” jelas Kadis Ketpang.

“Serta bisa memproduksi produk olahan yang halal, sehat, dan higienis yang bisa mencegah pencemaran biologis dan kimia yang membahayakan kesehatan bagi warga Kota Ternate,” tambahnya.

Beliau berharap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada warga dan masyarakat Kota Ternate khususnya kepada para pelaku usaha dan meningkatkan kesadaran akan keamanan untuk pangan yang ada di kota Ternate.

“Kegiatan ini juga merupakan kepedulian pemerintah Kota Ternate terhadap masyarakat dalam memberikan pemahaman dan pengertian tentang keamanan pangan dan mencegah kemungkinan terjadinya pencemaran,”

Sementara itu Wali Kota Ternate dalam sambutannya mengapresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan sosialisasi hari ini.

“Sosialisasi ini sangat relevan dan penting terutama dalam upaya kita untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat, sebagaimana yang di ketahui bersama, pangan segar asal tumbuhan dan panganan olahan merupakan bagian integral dari kehidupan sehari- hari,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota menambahkan, kualitas dan keamanan pangan yang kita konsumsi akan berdampak langsung pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai mutu dan keamanan pangan menjadi sangat penting.

“Sehingga diharapkan para peserta dapat meningkatkan pemahaman mengenai standar keamanan pangan, mulai dari proses produksi, penyimpanan hingga distribusi,” pungkasnya.

Menurutnya, penting terutama bagi para pelaku usaha di bidang pangan untuk selalu mematuhi regulasi yang ada dan terus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kota Ternate untuk peduli dan kritis dalam memilih serta mengonsumsi produk pangan, pastikan selalu produk yang kita konsumsi memiliki kualitas yang baik dan aman bagi Kesehatan,” tuturnya.

Wali Kota menegaskan kepada para narasumber, agar dapat memberikan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat serta aplikatif, sehingga dapat diterapkan oleh semua pihak yang terlibat.

“Mari kita bersama- sama wujudkan Kota Ternate yang sehat dan sejahtera melalui pangan yang aman dan berkualitas,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Ternate bersama Ketua TP PKK Kota Ternate dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate memberikan bantuan secara simbolis kepada kelompok penerima manfaat, yakni kepada 1500 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam bentuk bantuan cadangan pangan, 384 KPM dalam bentuk bantuan peningkatan gizi keluarga, 58 pelaku usaha kantin sekolah dan 70 pelaku usaha kecil.

Narasumber pada sosialisasi tersebut yakni perwakilan BPOM Provinsi Maluku Utara, Dinas Kesehatan Kota Ternate serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. (Tim_IKP Diskominfo Ternate).

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Tandatangani Kesepakatan Bersama PT. BSI Tbk

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Area Manager Ban ...

#

Wali Kota Serahkan Bantuan Untuk Pelaku Ekonomi Kreatif di Kelurahan Tanah Raja

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si yang juga sebagai Pemegan ...

#

Wali Kota Serahkan Dana Kelurahan Se-Kecamatan Ternate Tengah

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyerahkan Dana Kelurahan ...

#

Warga Terdampak Banjir Bandang Rua Akan di Relokasi ke Jambula

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan ...