Kamis, 13 Mei 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
03 Mei 2021 - 11:15:52 - Read: 271

Wali Kota Ternate menghadiri Kegiatan Bulan Mutu Karantina Tahun 2021

DISKOMSANDI - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus memberi sambutan dalam kegiatan Bulan Mutu Karantina tahun 2021 dengan tema "Ikan Sehat Bermutu Untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat" di Kantor Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Kota Ternate Komplek Bandara Sultan Babullah Ternate Utara, Sabtu (1/5).

Acara tersebut dihadiri juga oleh Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyak Daerah Republik Indonesia (DPR-RI) Alien Mus.
Dalam sambutannya Wali Kota Ternate mengatakan bahwa kegiatan pada hari ini ada kepentingannya juga dengan Kota Ternate yang dilihat dengan dua cara yang pertama luas pengelolaan laut Kota Ternate mencapai 4.950 kilometer sedangkan luas daratannya hanya dibawah 10% saja. Artinya bahwa potensi kelautan Kota Ternate sangat besar karena didominasi oleh luas pengelolaan laut. Oleh karena itu, pemerintah berupaya agar nantinya potensi perikanan ini bisa mendorong dan sekaligus memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah.

“Memang saat ini belum signifikan memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah, bahkan bagi hasil untuk sektor perikanan pun masih kecil. Tetapi kalau lihat potensi yang begitu besar dengan luas wilayah yang begitu besar, semestinya ada nilai keadilan yang bisa diterima oleh masyarakat Ternate khususnya atau Maluku Utara secara umum,” ucap Wali Kota.

“Oleh karena itu masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita kelola, kebetulan ibu Alien Mus adalah wakil kita di pusat khususnya di Komisi IV, mudah mudahan bisa memperjuangkan kepentingan Maluku Utara secara keseluruhan dan Kota Ternate secara khususnya sebagaimana tadi misalkan dijadikan daerah ekspor perikanan atau mungkin membangun sarana dan prasarana perikanan yang masih kurang,” lanjutnya.

“Selain Pulau Ternate ini masih ada 3 pulau lainnya, ada pulau Hiri kurang lebih setengah jam dari Ternate, kemudian pulau Moti kurang lebih 1 jam dari Ternate, kemudian Pulau Batang Dua ada Tifure dan Mayau kurang lebih 8 jam. Saya kira ini potensi-potensi perikanan. Maka kita sudah membagi tata ruang kita sesuai dengan potensi-potensi pulau yang ada dan kita utamakan daerah batang dua sebagai daerah basis perikanan. Jadi dengan kehadian ibu Alien minimal memperjuangkan agar Pulau Batang Dua dijadikan sebagai sentral perikanan,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan penyediaan ikan sehat dan bermutu sebanyak 1.800 paket dari Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ternate, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan kepada Ibu Alien Mus selaku anggota Komisi IV DPR-RI. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA