#

Dinkes Kota Ternate Gelar Kick Off Pelaksaanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri acara Kick Off Pelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Ternate, di Hotel Bella, Jumat 17 Mei 2024.

Kegiatan Kick Off Pelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Mohd. Taufik Djauhar, SE., M.Si., Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr. Fathiyah Suma, M.Kes, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, dr. Andi Sukurawati, M.MKes, kepala OPD, Camat, dan Kepala Puskesmas.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan, transformasi sistem kesehatan telah digulirkan Kementerian Kesehatan sejak Tahun 2022 untuk memperkuat sistem kesehatan dan mengatasi berbagai tantangan dan pencapaian di kantor kesehatan.

Dijelaskan oleh Wali Kota Ternate, bahwa transformasi sistem kesehatan meliputi 6 (enam) pilar, yakni transformasi pelayanan kesehatan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi sumber daya manusia kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

“Jika berbicara tentang kick off itu intinya adalah siap. Jadi ini berarti integrasi pelayanan kesehatan primer seperti, puskesmas dan kantor kesehatan sudah menunjukan kesiapan,” jelas Wali Kota.

Kesehatan merupakan bagian dari integral harapan kita dalam 20 tahun mendatang. Seluruh instrumen yang terlibat sudah harus siap.

“Kick off pelaksanaan integrasi pelayanan kesehatan primer ini merupakan bagian dari rancangan pembangunan jangka menengah Tahun 2020– 2024. Kita tidak terlambat dalam hal ini, karena adanya tahapan yang harus disesuaikan dengan waktu yang ada,” ungkap Wali Kota.

Menurut Wali Kota, saat ini kita punya keprihatinan yang sama terkait pusat kesehatan kita, ini menjadi pemikiran saya agar dalam rangka mencapai tujuan kita, olehnya itu diperlukan minimal 1 (satu) rumah sakit yang representatif supaya bisa menangani pasien dengan efektif tanpa harus keluar daerah.

“Hari ini anggaplah bagian dari kick off kita menuju 20 Tahun kedepan. Maka dari itu, hal-hal yang berkaitan dengan kick off harus dibereskan,” pintanya.

Wali Kota menambahkan bahwa Pemerintah sudah punya persiapan untuk mambangun rumah sakit, semoga bisa terlaksana dengan baik. Secara prinsip dan regulasi sudah disiapkan tinggal beberapa hal saja yang perlu disepakati pemerintah dengan badan usaha.

Kegiatan ini turut dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen daerah terkait penerapan ILP (Integrasi Pelayanan Primer) di Kota Ternate oleh Wali Kota Ternate, Plt. Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, kepala OPD, Camat, dan Kepala Puskesmas. (TIM IKP_DISKOMINFO KOTA TERNATE)

Berita

Berita Lainnya

#

Menyambut HUT Ke-79 RI, Pemkot Ternate Bagikan Bendera Merah Putih dalam Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

PEMKOT TERNATE - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia ...

#

Proper "SI BATAGI", Pengoptimalan PAD Dengan Pemberdayaan Jukir Liar

PEMKOT TERNATE - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ternate, Mochtar Hasyim, S.Pi., ...

#

Konsolidasi Organisasi Roadshow Penasehat dan Pemberian Bantuan Pendidikan

PEMKOT TERNATE – Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Ternate Ny. Marliza M. Tau ...

#

Lantik Pengurus Kota Purna PPI Ternate, Wali Kota : Semoga Bisa Menjadi Mitra Strategis Pemerintah

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si membuka dengan resmi Rapat ...