#

Dinkes Kota Ternate Gelar Kick Off Pelaksaanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri acara Kick Off Pelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Ternate, di Hotel Bella, Jumat 17 Mei 2024.

Kegiatan Kick Off Pelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Mohd. Taufik Djauhar, SE., M.Si., Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr. Fathiyah Suma, M.Kes, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, dr. Andi Sukurawati, M.MKes, kepala OPD, Camat, dan Kepala Puskesmas.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan, transformasi sistem kesehatan telah digulirkan Kementerian Kesehatan sejak Tahun 2022 untuk memperkuat sistem kesehatan dan mengatasi berbagai tantangan dan pencapaian di kantor kesehatan.

Dijelaskan oleh Wali Kota Ternate, bahwa transformasi sistem kesehatan meliputi 6 (enam) pilar, yakni transformasi pelayanan kesehatan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi sumber daya manusia kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

“Jika berbicara tentang kick off itu intinya adalah siap. Jadi ini berarti integrasi pelayanan kesehatan primer seperti, puskesmas dan kantor kesehatan sudah menunjukan kesiapan,” jelas Wali Kota.

Kesehatan merupakan bagian dari integral harapan kita dalam 20 tahun mendatang. Seluruh instrumen yang terlibat sudah harus siap.

“Kick off pelaksanaan integrasi pelayanan kesehatan primer ini merupakan bagian dari rancangan pembangunan jangka menengah Tahun 2020– 2024. Kita tidak terlambat dalam hal ini, karena adanya tahapan yang harus disesuaikan dengan waktu yang ada,” ungkap Wali Kota.

Menurut Wali Kota, saat ini kita punya keprihatinan yang sama terkait pusat kesehatan kita, ini menjadi pemikiran saya agar dalam rangka mencapai tujuan kita, olehnya itu diperlukan minimal 1 (satu) rumah sakit yang representatif supaya bisa menangani pasien dengan efektif tanpa harus keluar daerah.

“Hari ini anggaplah bagian dari kick off kita menuju 20 Tahun kedepan. Maka dari itu, hal-hal yang berkaitan dengan kick off harus dibereskan,” pintanya.

Wali Kota menambahkan bahwa Pemerintah sudah punya persiapan untuk mambangun rumah sakit, semoga bisa terlaksana dengan baik. Secara prinsip dan regulasi sudah disiapkan tinggal beberapa hal saja yang perlu disepakati pemerintah dengan badan usaha.

Kegiatan ini turut dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen daerah terkait penerapan ILP (Integrasi Pelayanan Primer) di Kota Ternate oleh Wali Kota Ternate, Plt. Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, kepala OPD, Camat, dan Kepala Puskesmas. (TIM IKP_DISKOMINFO KOTA TERNATE)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Ternate Mewisuda 2944 Siswa-Siswi Tahfidz Al-Qur’an dan BTQ

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Ketua TP PKK Kot ...

#

Aksi Penanaman Pohon Pada Rakernas APEKSI Sebagai Komitmen Pelestarian Lingkungan

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota ...

#

Rakernas XVII APEKSI di Balikpapan, Dirangkaikan dengan Cooking Class Untuk Para Istri Wali Kota

PEMKOT TERNATE – Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid mengikuti Cooking Class ...

#

Hadiri Sidang Rakernas XVII APEKSI Tahun 2024, Wali Kota Ternate Paparkan Poin Penting Dalam Pra Muskomwil

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate sekaligus Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) VI Asosia ...