#

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wali Kota Ternate Tanam Bibit Mangrove di Pantai Kastela

PEMKOT TERNATE — Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 Pemerintah Kota Ternate bersama PT Pertamina (Persero) Fuel Terminal Ternate melakukan penanaman bibit pohon Mangrove tepatnya, di pesisir pantai Kastela, Kelurahan Kastela Kecamatan Pulau Ternate, Jumat (14/6/2024).

Sekira 70 bibit pohon Mangrove ditanam di pesisir pantai Kelurahan Kastela, dan dihadiri Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, Kepala PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Ternate, Giyanto, Kepala DLH Kota Ternate, Muhammad Syafei ST., MT., Kadis Pariwisata Rustam Pandjab Mahli, S.Pd, Camat Pulau Ternate Roy Nasir SH., dan Kapolsek Pulau Ternate Ipda Iwan Mole. SE.

Wali Kota mengatakan, Pemerintah Kota Ternate berkomitmen untuk mewujudkan Ternate yang bersih, sehingga kolaborasi kegiatan antara DLH dan Pertamina merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Kegiatan ini sangat bagus, apalagi dirangkaikan dengan hari Lingkungan Hidup Sedunia. Penanaman Mangrove ini untuk menjaga alam, keberadaan Mangrove diharapkan menjadi tempat habitat bagi ikan dengan baik,” tuturnya.

Wali Kota juga mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, bukan sekedar seremonial tetapi yang terpenting aktualisasi dari peringatan tersebut. Untuk mengaktualisasinya tentu membutuhkan kerjasama, kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, stakeholders dan masyarakat.

Menurutnya, tanpa peran serta masyarakat berbagai program dan kegiatan tidak akan berjalan maksimal. Pemkot Ternate juga akan terus berupaya mengatasi masalah sampah, sehingga butuh dukungan semua pihak termasuk stakeholder dan masyarakat.

"Salah satu dalam kegiatan ini, berkaitan dengan Hari Lingkungan Hidup sehingga Pemkot akan bersinergi dengan instansi terkait bersama-sama masyarakat untuk mengatasi sampah. Karena upaya penanganan sampah itu harus dilakukan secara bersama-sama, maka persoalan sampah dapat diatasi dengan baik. Sebagai Wali Kota, saya akan terus mendorong agar DLH terus bekerja sama dengan berbagai pihak di Ternate untuk mengatasi sampah,” tambah Wali Kota.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate Muhammad Syafei ST.,MT mengatakan, kegiatan ini mengajak masyarakat Ternate agar lebih peduli terhadap lingkungan.

“Jadi kurang lebih ada 70 anakan mangrove yang kita tanam di pesisir pantai Kastela, Kecamatan Pulau Ternate,” ungkapnya.

Dijelaskan, melalui kegiatan ini pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina, dan untuk mengatasi masalah sampah, DLH akan melibatkan semua pihak untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama, mengatasi masalah sampah.

“Kedepan kita juga banyak pekerjaan rumah untuk menggandeng semua pihak, termasuk masyarakat untuk sama-sama mengatasi sampah di Kota Ternate,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala PT Pertamina (Persero) Fuel Terminal Ternate, Giyanto mengatakan, kerjasama ini merupakan program Pertamina. Menurutnya, Pertamina memberikan partisipasi penuh terhadap lingkungan lewat kerjasama dengan masyarakat hingga Pemerintah Daerah.

“Salah satu partisipasi yaitu kita siapkan bibit Mangrove dan bersama DLH kita buat penanaman di pesisir pantai Kastela, dan mudah-mudahan bibit Mangrove bisa hidup hingga menahan ombak atau abrasi pantai,” tandasnya. (TIM IKP DISKOMINFO TERNATE)

Berita

Berita Lainnya

#

FGD Penetapan Warisan Geologi Bersama Kementerian ESDM, 19 Situs di Kota Ternate Akan Ditetapkan

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam ra ...

#

Pemkot Ternate Akan Gelar FGD Penetapan Warisan Geologi Ternate

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam ...

#

Pjs. Wali Kota Ternate Sambut Kedatangan Duta Besar Inggris Untuk Indonesia di Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Pjs. Wali Kota Ternate Tahmid Wahab, S.Sos, M.E mendampingi Duta Besar In ...

#

Pjs. Wali Kota Bertindak Sebagai Irup Pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pan ...