#

Wali Kota Sampaikan Ranperda RPJPD Kota Ternate 2025-2045

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si mengahadiri Rapat Paripurna ke-5 Masa Persidangan ke-II Tahun Sidang 2024 DPRD Kota Ternate dengan agenda "Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Senin (15/7/24).

Digelar di Gedung DPRD Kota Ternate, rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Arifin Djafar dan turut dihadiri oleh Staf Ahli Wali Kota Ternate Bidang Pemerintahan, hukum dan Politik Ardina Radjiloen, ME., perwakilan unsur Forkopimda Kota Ternate dan sejumlah Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyampaikan, penyampaian Ranperda RPJPD Kota Ternate Tahun 2025-2045 hari ini, terlebih dahulu pada hari Kamis, tanggal 11 Juli 2024 kemarin, Pemkot Ternate telah menyampaikan surat Nomor: 100.3.2/51/2024 tentang Pengajuan Ranperda RPJPD Kota Ternate Tahun 2025-2045 kepada Pimpinan DPRD Kota Ternate.

Lanjut, hal tersebut sebagai pemberitahuan bahwa Ranperda RPJPD Kota Ternate Tahun 2025-2045 telah selesai disusun, sebagaimana amanat Pasal 35 Ayat (1) dan Ayat (2) Permendagri 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD.

Beliau menjelaskan, tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD menjelaskan bahwa Kepala Daerah menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD kepada DPRD untuk dibahas dalam rangka memperoleh persetujuan bersama DPRD dan Kepala Daerah terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD, yang terdiri dari Rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan akhir RPJPD.

“Setelah melewati berbagai tahapan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD Kota Ternate Tahun 2025-2045, dimulai dari Penyempurnaan Rancangan Awal RPJPD berdasarkan Evaluasi RPJPD tahun 2005-2025, yang difokuskan pada perumusan Visi dan Misi Daerah, Perumusan Arah Kebijakan dan Sasaran Pokok pembangunan daerah jangka Panjang untuk 20 tahun kedepan,” jelas Wali Kota

Kemudian, Esensi dari arah kebijakan dan sasaran pokok, serta permasalahan dan isu strategis jangka panjang daerah, maka dirumuskan visi jangka panjang daerah Kota Ternate tahun 2025-2045 yaitu "Kota Ternate Pusat Perdagangan dan Jasa Berbasis Kepulauan Yang Maju dan Berkelanjutan.

“Visi jangka panjang ini sudah selaras dengan visi Indonesia Emas 2045 mewujudkan Indonesia sebagai Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan. Untuk mewujudkan itu semua, dan dalam rangka pencapaian visi dan misi pembangunan jangka panjang daerah menjadi dasar bagi perumusan arah kebijakan daerah selama 20 (dua puluh) tahun,” ungkapnya.

Diakhir laporannya, Wali Kota menyebutkan arah kebijakan pembangunan di Kota Ternate dibagi ke dalam empat periode RPJMD yaitu periode I (2025-2029), periode II (2030-2034), periode III (2035-2039), periode IV (2040-2045).

Arah Kebijakan Pembangunan RPJMD Tahap I (2025-2029) yakni pembangunan I pertama merupakan pondasi awal pembangunan dalam perubahan penyelenggaraan sistem kinerja pemerintah. Arah kebijakan ini diharapkan mampu membangun pondasi yang kuat dengan sistem pemerintahan yang profesional sehingga akan membantu proses pembangunan daerah.

Arah Kebijakan Pembangunan RPJMD Tahap II (2030-2034) yakni berdasarkan pada pelaksanaan dan capaian kinerja pembangunan tahap sebelumnya, maka arah kebijakan pembangunan pada 5 tahun kedua (periode 2) di Kota Ternate difokuskan pada akselerasi pembangunan.

Arah Kebijakan Pembangunan RPJMD Tahap III (2035-2039) yakni Pembangunan tahap ketiga merupakan tahapan ekspansi regional, yang diharapkan mampu melanjutkan arah kebijakan pada tahap II. Sehingga akan tercipta pembangunan yang berkesinambungan dan mampu mengatasi kekurangan pembangunan pada tahap II.

Arah Kebijakan Pembangunan RPJMD Tahap IV (2040-2045) pada tahap keempat ini arah kebijakan diharapkan mampu melanjutkan arah kebijakan pada tahap ketiga. Sehingga akan tercipta pembangunan yang berkesinambungan dan mampu meningkatkan pembangunan agar maju dan berkembang dengan mantap dengan bekal pencapaian hasil pembangunan pada tahap ketiga.

Implementasi pembangunan jangka panjang dalam pentahapan 20 tahun kedepan tersebut, merupakan kondisi ideal yang harus dicapai dan diwujudkan bersama selama periode RPJPD, yang secara garis besar terdapat 5 Sasaran Visi, 5 Misi, 13 Arah Pembangunan, 5 Sasaran Pokok dan 34 Indikator Utama Pembangunan, yang dinilai dapat menjadi tolok ukur dalam upaya pencapaian visi jangka panjang Kota Ternate.

“Untuk itulah, saya sangat mengharapkan semua jajaran perangkat daerah, para pemangku kepentingan dan stakeholder lainnya, mari bersama kita berkomitmen dan konsisten untuk mendorong masyarakat Kota Ternate di tahun 2045 bisa menjadi masyarakat generasi emas,” harapnya. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok dan Menekan Laju Inflasi, TPID Kota Ternate gelar High Level Meeting

PEMKOT TERNATE - Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM memimpin lan ...

#

Sekda Buka Rakor TPPS Semester I Tahun 2024

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM membuka R ...

#

Sekda Sambut Kunjungan Kerja Bupati Musi Rawas Utara

PEMKOT TERNATE - Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM   ...

#

Sambut Tahun Baru Islam, Wali Kota Hadiri Tabligh Akbar 1 Muharram 1446 Hijriah

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota T ...