#

Buka Bimtek Mitigasi Resiko, Wali Kota : Mari Kita Bangun Sistem Pengadaan yang Lebih Baik Untuk Pelayanan Publik yang Prima

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Mitigasi Resiko Atas Tugas dan Kewenangan Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan, dan Pejabat Pengadaan dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Selasa (21/5/24).

Digelar di Aula Dinas Pendidikan Kota Ternate kegiatan tersebut dirangkaikan juga dengan Pembahasan Sinkronisasi Perubahan Regulasi dan Pengelolaan Keuangan Daerah.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Doleman, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) ini digelar dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah serta Peraturan LKPP Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Sesuai dengan peraturan tersebut, Pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan aspek krusial dalam penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.

“Pengadaan barang dan jasa harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan profesionalisme untuk memastikan hasil yang optimal bagi pembangunan dan pelayanan publik. Karena mitigasi risiko dalam pengadaan barang dan jasa menjadi sangat penting untuk meminimalisir potensi masalah yang dapat menghambat jalannya pemerintahan,” ucap Wali Kota.

Sehingga, menurutnya harus ada upaya pencegahan atau meminimalkan melalui program mitigasi risiko, di mana mitigasi risiko (risk mitigation) ini adalah upaya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya sebuah risiko yang nanti akan berdampak pada proses pengadaan barang dan jasa.

“Karena peran penting dalam proses pengadaan barang dan jasa, yaitu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). Peran-peran ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang spesifik dan harus dijalankan dengan penuh integritas,” jelasnya.

Diakhir sambutannya Wali Kota juga berharap agar kita semua dapat lebih memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing serta dapat menerapkannya dengan sebaik-baiknya.

“Mari bersama-sama kita bangun sistem pengadaan yang lebih baik, yang mampu menghadirkan pelayanan publik yang prima dan pembangunan yang berkelanjutan,” tutup Wali Kota.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate Muhlis S. Djumadil, SE, M.Si., Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Ternate Safiah M Nur, SE., Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Ternate Wanty Julianty, S.STP., M.Si., dan sejumlah Sekretaris OPD serta diikuti oleh para Kasubag Perencanaan di Lingkup Pemerintah Kota Ternate. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Ternate Mewisuda 2944 Siswa-Siswi Tahfidz Al-Qur’an dan BTQ

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Ketua TP PKK Kot ...

#

Aksi Penanaman Pohon Pada Rakernas APEKSI Sebagai Komitmen Pelestarian Lingkungan

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota ...

#

Rakernas XVII APEKSI di Balikpapan, Dirangkaikan dengan Cooking Class Untuk Para Istri Wali Kota

PEMKOT TERNATE – Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid mengikuti Cooking Class ...

#

Hadiri Sidang Rakernas XVII APEKSI Tahun 2024, Wali Kota Ternate Paparkan Poin Penting Dalam Pra Muskomwil

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate sekaligus Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) VI Asosia ...