#

Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Moti, Ini 4 Prioritas yang Dikatakan Sekda

PEMKOT TERNATE – Usai digelar di 4 Kecamatan di Pulau Ternate, Hari ini Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di gelar di Kecamatan Pulau Moti. Kamis (22/2/24).

Dipusatkan di Kantor Camat Moti, Musrenbang tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM.

Turut hadir pada Musrenbang tersebut sejumlah Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kota Ternate diantaranya Plt. Kepala Bappelitbangda Mohd. Taufik Djauhar, SE., M.Si., Kepala BKPSDMD Samin Marsaoly S.STP., Kepala Dinas Lingkungan Hidup sekaligus Direktur Utama Perumda Ake Gaale Muhammad Syafei, ST., MT., Kepala Dinas PUPR Rus'an Muhammad Nur Taib, ST. MT., Kepala Dinas Pendidikan Muhlis S. Djumadil, SE, M.Si., Kepala Dinas Pertanian Ir. Thamrin Marsaoly, SP., M.Sc., Kepala Dinas Tenaga Kerja Dra. Nuraini Nawawi, M.M., Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muhammad Hartono, S.Pd., M.Eng., Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Faisal Harun Dano Husein, SP., M.Si., Kepala Dinas Pariwisata Rustam Pandjab Mahli, S.Pd, serta Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Ternate Fahruddin, S.STP.

Selain itu, hadir juga Camat Pulau Moti Ahmad Yasin, SP., Forkopimcam Pulau Moti dan diikuti oleh para delegasi kelurahan se-Kecamatan Pulau Moti, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sekretaris Daerah Kota Ternate dr. Rizal Marsaoly, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa Musrenbang merupakan satu tahapan yang tidak bisa dihindari, kerna tahapan ini bersifat normatif sehingga Musrenbang menjadi salah satu instrumen yang perlu kita hormati.

“Hari ini kami hadir disini bersama-sama bapak, ibu sekalian untuk pecahkan isu-isu yang ada. Salah satunya terkait peningkatan jalan, saya minta sesuai dengan amanat Wali Kota Ternate untuk langsung dieksekusi. Saya telah berdiskusi dengan OPD terkait dan Camat setempat mengenai masalah peningkatan jalan ini dan hasil diskusi tersebut sama dengan aspirasi masyarakat,” ucap Sekda.

Kemudian yang kedua, Sekda juga menjelaskan terkait dengan Penerangan Jalanan Umum (PJU), di Tahun ini kita akan tambahkan 500 titik sehingga total 500 set dengan kapasitas 250 namun modelnya adalah solar shell dan akan kita berikan 50 set kepada Kecamatan Moti.

“Jadi, apa yang menjadi aspirasi masyarakat Kecamatan Moti untuk prioritas kedua ini InshaAllah bisa kita realisasikan,” ungkapnya.

Selanjutnya untuk prioritas ketiga yakni ambulance laut di tahun ini memang belum bisa direalisasikan tetapi menurutnya di tahun 2025 akan dialokasikan anggaran untuk penyediaan ambulance laut.

“Musrenbang ini bukan hanya sekadar diskusi atau mengobral janji tetapi ini merupakan salah satu komitmen Wali Kota Ternate. Untuk prioritas keempat yakni air bersih, diminta kepada pihak PDAM untuk mempelajari pola penanganan air bersih untuk Kecamatan Moti, juga kepada Lurah setempat untuk memberikan data yang relevan terkait permasalahan ini,” pungkasnya.

Selain itu, terkait dengan ambulance darat juga merupakan bagian dari komitmen Wali Kota Ternate, dimana pada tahun 2023 sudah ada penyedian 9 unit dan di tahun 2025 nanti akan ada penyediaan ambulance laut untuk Kecamatan Moti.

“Berbicara tentang perencanaan pembangunan, kita butuh fokus terhadap satu-satu permasalahan agar penganannya lebih terarah dan tepat sasaran. Sehingga saya berharap di tahun 2025, Kecamatan Moti sudah ada ambulance laut,” terangnya.

Sekda juga menyampaikan salah satu pesan yang ditekankan Wali Kota Ternate terkait dengan penyediaan 1 (satu) mobil berjenis pick up yang diperuntukkan kepada anak sekolah yang tinggal jauh dari sekolah.

Selanjutnya, untuk bahasan mengenai pengembangan aparatur atau pengembangan kapasitas sumber daya manusia di lingkup Kecamatan Moti telah terdapat 9 orang yang masuk kedalam SK Pegawai Tidak Tetap (PTT) Tahun 2024.

“Tinggal nanti diarahkan kepada para PTT tersebut terkait tugas yang harus mereka kerjakan. Wali Kota juga menyampaikan mengenai seleksi Paskibraka agar nantinya diharapkan ada perwakilan dari Kecamatan Moti untuk mengikuti seleksi,” harapnya.

Terakhir Sekda juga mengatakan bahwa terkait pariwisata, “Saya harap kepada OPD terkait untuk buat perencanaan kemudian kemas wisata di Kecamatan Moti ini menjadi sesuatu yang bernilai,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Ternate didampingi Kepala BKPSDMD Kota Ternate menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Kecamatan Pulau Moti. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Pimpin Pawai Obor pada Festival Ela-Ela di Dufa-Dufa

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Dae ...

#

Dampingi Sultan Ternate, Wali Kota Bakar Obor Perayaan Malam Ela-Ela

PEMKOT TERNATE – Perayaan malam Lailatul Qodar di Kota Ternate ditandai dengan dinyalaka ...

#

Wali Kota Salurkan Zakat Bagi Para Pengasuh TPQ se-Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka merealisasikan Ternate Kota Zakat, Badan Amil Zakat Nasion ...

#

Sampaikan LKPD tahun 2023 ke BPK RI, Sekda: Pemkot Ternate Siap Pertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM mewakili ...