#

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Ternate Gelar Sosialisasi Penguatan SPBE Menuju Ternate Kota Cerdas Tahun 2024

PEMKOT TERNATE – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ternate menggelar Sosialisasi Penguatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Menuju Ternate Kota Cerdas Tahun 2024, yang digelar di Ballroom Hotel Safirna, Kelurahan Stadion, Kecamatan Ternate Tengah. Kamis (17/10/24).

Kegiatan tersebut dibuka dengan laporan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Ternate, Damish Bashir, SE., ME yang dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Daerah kota Ternate yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Ternate Rukmini A Rahman, SE.,M.Si.

Diikuti oleh sejumlah Sekretaris Dinas pada sejumlah OPD di Kota Ternate, kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yang merupaka akademisi (dosen) Informatika Universitas khairun, Arifandy Mario Mamonto, S.Kom dan M. Kom serta Kepala Bidang Informatika Diskominfo dan Persandian Kota Ternate, M. Tauhid Salam, S.Kom.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Ternate Rukmini A Rahman, SE, M.Si. saat menyamoaikan sambutan Sekda, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

“Kita semua menyadari bahwa perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat memberikan peluang besar kepada pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Oleh karena itu, pelaksanaan SPBE menjadi kebutuhan yang besar, guna menghadirkan pelayanan yang cepat, tepat, dan terintegrasi,” pungkasnya.

Pemerintah Kota Ternate berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran melalui Dinas Kominfo Ternate guna mengejar ketertinggalan dalam upaya mencapai tujuan dari SPBE yaitu salah satunya adalah integrasi data pada semua perangkat daerah agar dapat memenuhi atau meningkatkan kualitas pelayanan publik masyarakat Kota Ternate yang mudah, cepat, tepat, dan transparan.

“Saya mengajak seluruh Aparatur Sepil Negara di Kota Ternate untuk berkomitmen dan berperan aktif dalam mengimplementasikan SPBE ini. Perlu sama-sama kita pahami juga bahwa terdapat keterbatasan anggaran pada APBD Kota Ternate yang belum sepenuhnya mengakomodir penguatan SPBE. Namun pada Tahun Anggaran 2025, kami berharap bisa memperbaiki kemampuan SPBE untuk mempunyai kekuatan SPBE yang lebih besar,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk meningkatkan indeks SPBE bukan hanya tanggung jawab Dinas Kominfo, akan tetapi seluruh perangkat daerah harus berkolaborasi, bersinergi, dan kooperatif karena data dan informasi dalam indikator-indikator penilaian SPBE yang bersumber dari perangkat daerah teknis sangatlah penting.

Sementara itu akademisi (dosen) Informatika Universitas khairun, Arifandy Mario Mamonto, S.Kom dan M. Kom yang merupakan narasumber, dalam wawancaranya mengatakan bahwa Kota Ternate sendiri merupakan gerbang SPBE untuk Provinsi Maluku Utara, yang didukung dengan kondisi infrastruktur, dan stakeholder yang ada ini seharusnya mendukung percepatan pelaksanaan SPBE.

“Kita mulai berfokus pada penerapan SPBE itu di masing-masing OPD. OPD akan bersinergi dengan Dinas Kominfo mulai dari tahapan perencanaan di domain pertama, kemudian proses bisnisnya di domain kedua, dan cara mengolah datanya di proses ketiga,” jelasnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ternate, Damish Bashir, SE., ME dalam kesempatan wawancara usai kegiatan sosialisasi, menginformasikan bahwa pelaksanaan SPBE ini akan masuk pada tahap interview yang dilakukan oleh tim penilai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

“Kegiatan hari ini bermaksud untuk menguatkan pelaksanaan SPBE pada tahap berikutnya yakni interview,” pungkas Kadis.

Lebih lanjut, Kadis menjelaskan bahwa terkait penilaian SPBE Pemkot Ternate atau evaluasi interview dari Kementerian PAN RB akan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober mendatang.

“Kami membutuhkan dukungan-dukungan dari semua pihak terkait untuk tambahan data ataupun dukungan-dukungan tertentu, dan kita berharap agar poin atau hasil akhirnya lebih meningkat daripada sebelumnya,” harap Kadis. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

FGD Penetapan Warisan Geologi Bersama Kementerian ESDM, 19 Situs di Kota Ternate Akan Ditetapkan

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam ra ...

#

Pemkot Ternate Akan Gelar FGD Penetapan Warisan Geologi Ternate

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam ...

#

Pjs. Wali Kota Ternate Sambut Kedatangan Duta Besar Inggris Untuk Indonesia di Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Pjs. Wali Kota Ternate Tahmid Wahab, S.Sos, M.E mendampingi Duta Besar In ...

#

Pjs. Wali Kota Bertindak Sebagai Irup Pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pan ...