#

Ini Kolaborasi Bappelitbangda Kota Ternate dan Bappenas

PEMKOT TERNATE - Kolaborasi apik dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, lewat Bappelitbangda Kota Ternate dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Kolaborasi dengan Bappenas ini terkait peningkatan kapasitas aparatur perencana yang nantinya akan berdampak pada meningkatnya kualitas perencanaan pembangunan daerah.

Dr. Rizal Marsaoly MM, Kepala Bappelitbangda Kota Ternate mengatakan ada 57 orang yang terdiri dari aparatur perencana di Bappelitbangda dan Kasubag Perencanaan disetiap OPD yang dilibatkan untuk mengikuti sosialisasi dan bimtek.

Sosialisasi dan bimtek ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah melalui peningkatan kapasitas aparatur perencana dan menjamin konsistensi antara prioritas pembangunan pusat dan daerah.

“Bimtek ini merupakan hasil kerja sama antara Pemkot dengan Pusdiklat Bappenas. Mereka yang memfasilitasi kami Bappelitbangda. Ini juga dalam rangka persiapan penyusunan RPJPD tahun 2025-2045 dan RPJMD Kota Ternate tahun 2025-2030 yang mendasar pada Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD,” jelas Kepala Bappelitbangda.

Menurutnya, kegiatan yang berlangsung selama dua ini menghadirkan dua narasumber. Narasumber pertama yakni, Supriyadi , S.Si.,MT dari Bappenas dengan materinya Penyelarasan Renstra PD dengan RPJMD sebagai Penguatan Kapasitas Kinerja Perangkat Daerah, sesuai PERMENDAGRI Nomor 86 Tahun 2017. Narasumber kedua Drs. Setia Budi,MA dari Pusbindiklatren Bappenas dengan materinya terkait Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Dalam Perspektif Anggaran Berbasis Kinerja dan Sinergitas Pusat – Daerah Berdasarkan RPJMD dan Renstra PD.

Dr. Rizal mengatakan, merumuskan sebuah kebijakan perencanaan yang tepat sasaran, tidak cukup hanya menguasai data dan informasi tapi juga membutuhkan cara dan metode dalam merumuskan strategi ke depan.

“Kita semua hadir di sini untuk belajar dan lebih memperdalam pengetahuan tentang perencanaan, terutama terhadap beberapa regulasi atau aturan yang mengatur tata cara penyusunan dokumen (RPJPD, RPJMD, RENSTRA PD dan RENJA) dalam merumuskan strategi yang lebih terarah kedepan. Bimtek hari ini juga, adalah bentuk apresiasi dan dukungan kepada Sekretaris Bappelitbanda Kota Ternate, Ronny Aries Setyono yang sementara ini Dlklat Pim III Ambon dengan gagasan proyek perubahan tentang peran komunitas dalam pembangunan daerah,” sambung Rizal.

Dr. Rizal berharap, pasca Bimtek ini ada peningkatan kapasitas aparatur perencana di setiap OPD. (TIM_IKP DISKOMINFO TERNATE)

Berita

Berita Lainnya

#

Buka Bimtek Mitigasi Resiko, Wali Kota : Mari Kita Bangun Sistem Pengadaan yang Lebih Baik Untuk Pelayanan Publik yang Prima

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si membuka Bimbingan Teknis (B ...

#

Wali Kota Lepas Jemaah Calon Haji Kloter 15

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si melepas Jemaah Calon Haji ( ...

#

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Wali Kota : Percepatan Transformasi Digital, Membuka Peluang bagi Indonesia

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024, ...

#

Wali Kota serahkan Bantuan Alat Pertanian Untuk Kelompok Tani Bina Bersama

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Kepala Dinas Per ...