#

Kunjungan Kerja Ke Belanda Wali Kota Ternate Beri Kuliah Umum kepada Civitas Akademika Universitas Erasmus di Rotterdam

PEMKOT TERNATE - Dalam rangka kegiatan Sharing Cities 11-20 Mei 2023, oleh Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Belanda, Walikota Ternate DR. M. Tauhid Soleman M.Si hadir bersama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah, DR. Rizal Marsaoly, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Safia M. Nur dan Bidang Kerjasama Internasional, Kantor Urusan Internasional Universitas Khairun, Maulana Ibrahim, Ph.D.

Kunjungan Kerja ini diikuti oleh beberapa Kepala Daerah dan Dinas terkait, salah satunya Walikota Bogor, Bima Arya dan Walikota Palembang sebagai ketua JKPI. Kegiatan yang dilaksanakan berupa kunjungan dan tukar pikiran dengan Walikota Amsterdam, Kunjungan dan tukar pikiran dengan Walikota Rotterdam, kunjungan dan penelusuran arsip di Arsip Nasional Belanda dan Universitas Leiden, belajar bersama di berbagai Museum Sejarah dan Kebudayaan di Belanda.

Kunjungan Delegasi Indonesia ini juga melaksanakan pameran produk UMKM dari masing-masing kota yang difasilitasi oleh KBRI Den Haag. Kunjungan kerja para kepala daerah ini mendapat dukungan penuh dari KBRI dengan upaya memperkenalkan potensi setiap daerah tersebut kepada para investor. Pemerintah Kota Ternate menampilkan berbagai produk UMKM yang berbahan baku rempah dan hasil olahannya sebagai karakter khas produk Kepulauan Rempah (The Spice Islands)

“Dengan kesempatan itu, Pemerintah Kota Ternate menampilkan berbagai produk UMKM yang berbahan baku rempah dan hasil olahannya sebagai karakter khas produk Kepulauan Rempah (The Spice Islands),” singkat Walikota.

Dalam kesempatan ini juga, Walikota Ternate mendapat kesempatan memberi kuliah umum kepada civitas akademika Universitas Erasmus di Rotterdam dengan bahasan pada upaya memperkuat branding Kota Ternate sebagai Kota Rempah, dengan memanfaatkan potensi lokal tanpa melupakan nilai keberlanjutan dan kelestarian.

Kuliah Tamu ini direncanakan pada 17 Mei 2023, di Institut Housing Studies, Erasmus University of Rotterdam, sebuah institut yang memfokuskan pada ilmu perencanaan, ekonomi dan kebijakan kota dan daerah yang juga menawarkan berbagai program kursus-akademik profesional di berbagai bidang pembangunan berkelanjutan, dimana para calon pengambil kebijakan dilatih dan diberi kasus nyata permasalahan yang dialami berbagai kota dan daerah di berbagai penjuru dunia.

Dengan kunjungan ini harapannya, berbagai kota dan kabupaten anggota JKPI dapat bersama berbagi pemikiran dan solusi atas permasalahan daerahnya, membuka dan memperluas jejaring serta meningkatkan inovasi atas produk lokalnya dan berkolaborasi melaksanakan pembangunan di daerah dan lintas daerah secara global.

Kota Ternate sudah saatnya memperkuat diri dan melakukan berbagai upaya kerjasama global dalam menjawab tantangan masa depan. (TIM IKP_DISKOMINFO)

Berita

Berita Lainnya

#

Pemkot Ternate Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Te ...

#

Wali Kota Buka Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate 2025

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuk ...

#

Sekda Lantik Sejumlah Pejabat Administrasi dan Fungsional

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM melantik dan meng ...

#

Safari Ramadan di Kelurahan Toboko, Sekda Serahkan Bantuan Paket Kebaikan Ramadan

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., serta sejumlah ...