#

773 Bibit Cengkeh dan Pala Ditanam Serempak, Wali Kota: Upaya Memperkuat City Branding Ternate Kota Rempah

PEMKOT TERNATE - Dalam rangka memperingati Hari Rempah Nasional yang jatuh pada tanggal 11 Desember dan Hari Jadi Ternate ke-773 pada 29 Desember Tahun 2023, Pemerintah Kota Ternate melakukan Penanaman secara serempak 773 pohon cengkeh dan pala di Kelurahan, OPD, Sekolah (SD dan SMP), ruang publik serta instansi vertikal di seluruh Kota Ternate termasuk wilayah BAHIM (Batang Dua, Hiri, dan Moti).

Ditandai dengan pemukulan Dolo-dolo, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Ketua TP. PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid, Forkopimda Kota Ternate, Asisten, serta Ketua Panitia Pelaksana HAJAT 773 dr. Fathiyah Suma, M.Kes melakukan penanaman pohon Pala dan Cengkeh di Benteng Oranje dibarengi dengan penanaman pohon Pala dan Cengkeh di wilayah BAHIM yang telah terhubung secara daring melalui zoom.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa rempah merupakan kekayaan asli Bumi Maluku Utara, sejak dahulu kala, rempah merupakan aset "mewah". Hal itulah yang membuat Bumi Nusantara dahulu terpandang dan terus didekati oleh banyak negara besar untuk dikuasai kekayaan rempahnya. Fakta bahwa Nusantara pernah menjadi penghasil rempah sebagai pemasok utama dunia "Sebagai Lumbung Rempah Dunia" Nusantara di kenal sebagai Spice Island Country.

"Rempah jangan dipandang sebagai komoditi saja, tetapi sebagai nilai. Keberadaan rempah memberikan nilai menjadi lebih tinggi terhadap makanan, minuman, kesehatan, kebugaran, kecantikan, pewarna, pengawet, dan spiritual. Demikian juga historis tentang situs, artefak, gedung tua, literasi tua dan cerita lama kearifan lokal, dikemas untuk menjadi produk bernilai tinggi sebagai obyek dan tujuan wisata," ucap Wali Kota.

Beliau juga menjelaskan, Maluku Utara adalah bagian penting dalam perjalanan sejarah jalur rempah karena Maluku Utara disebut sebagai titik nol jalur rempah dunia. Dengan adanya sertifikat dari Kementerian Hukum dan HAM RI yang memberikan hak merek Kota Ternate sebagai Kota Rempah, City Branding Ternate Kota Rempah merupakan sebuah revitalis atau pengakuan bahwa Kota Ternate adalah pusat Rempah di dunia. Potensi lain yang dimiliki oleh Kota Ternate adalah adanya Tanaman cengkeh Afo yang merupakan cengkeh tertua di dunia dan telah diakui oleh kementerian Pertanian sebagai varietas unggul Nasional yaitu dengan SK.No 3680/Kpts/SR.120/11/2010 dan Pala Ternate 1 sebagai Pala Unggul Nasional dengan SK Mentri Pertanian No 4061/KPTS/SR.120/12/2009.

"Sesuai Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor 644/KPTS/KB.130/M/10/2021 pada tanggal 29 Oktober 2021 menetapkan tanggal 11 Desember sebagai Hari Rempah Nasional. Penetapannya berdasarkan Kesultanan Tidore pada 11 Desember 1521 mengekspor perdana cengkeh sebanyak 27,3 ton ke Eropa dengan kapal Victoria. Penetapan Hari Rempah Nasional diharapkan sebagai starting point kesinambungan yang dapat melahirkan spirit mengembalikan kejayaan rempah nasional dari hulu hingga hilir peningkatan kesejahteraan demi keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," paparnya.

Menurutnya, dukungan pemerintah baik dari pusat maupun daerah untuk mengembalikan kejayaan rempah telah banyak dilakukan diantaranya yaitu adanya dukungan program rempah pusat dan daerah antara lain GRATIEKS (Gerakan Tiga Kali Ekspor Pertanian) di Kementerian Pertanian, jalur rempah di Kemendikbud Ristek, poros maritim berbasis rempah dan spices culinary for the future di Kemenko Maritim, wisata berbasis rempah di Kemenpar & Ekonomi Kreatif, rempah di kawasan transmigrasi di Kemendes PDT & Trans, lahan sosial kehutanan untuk rempah di kemen LHK, Market Place di Kemenkop UKM, Gosora di gerakan desa rempah di Bappenas, Festival rempah di Sumatera se rempah, dan lainnya banyak lagi.

"Kota Ternate dengan branding sebagai Kota Rempah pada kesempatan ini dalam rangka memperingati Hari Rempah Nasional 11 Desember 2023 dan rangkaian peringatan HAJAT 773 melaksanakan gerakan menanam Rempah (Cengkeh dan Pala) sebanyak 773 pohon secara serentak di seluruh wilayah Kota Ternate," ungkapnya.

"Penanaman Tanaman rempah ini akan di lakukan oleh Instansi pemerintah baik OPD, instansi vertikal, Telkom, Bank Indonesia, KPKNL, sekolah sekolah (SD dan SMP) dan restoran dan hotel yang ada di Kota Ternate," tambahnya.

Dengan adanya peringatan Hari Rempah Nasional pada tanggal 11 Desember 2023 ini, lanjut Wali Kota, "Sebagai sarana untuk mensosialisasikan identitas City Branding Ternate sebagai Kota Rempah kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Ternate”.

"Semoga dengan peringatan Hari Rempah Nasional ini dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk ikut serta menjaga kelestarian dan kebersihan Kota Ternate sebagai Kota Rempah," tutupnya. (TIM IKP_DISKOMINFO TERNATE)

Berita

Berita Lainnya

#

Dispersip Kota Ternate Gandeng Duta Baca Indonesia Masuk ke Sekolah, Baronda di SMP Negeri 2 Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka melakukan edukasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Dinas Pe ...

#

Tahmid Wahab Dilantik Sebagai Penjabat Sementara Wali Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Pj. Gubernur Maluku Utara Drs. H. Samsuddin Abdul Kadir, M.Si melantik ...

#

Pemkot Ternate Serahkan Aset SMAN 8 Kota Ternate Kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM atas nama ...

#

Pimpin Apel Gabungan, Wali Kota : Di Balik Kemampuan Pemimpin Yang Baik Itu Ada Kemampuan Anak Buah Yang Baik

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate menggelar Apel Gabungan ASN dan Non ASN di Lapang ...