#

Pertunjukan Rima Raga Rempah Perkuat City Branding Ternate Kota Rempah

PEMKOT TERNATE - Lembaga Seni Budaya Molokiyah mempersembahkan pementasan Teater Musikal Rima Raga Rempah di Sport Hall Marimoi Terante, pada Sabtu, (14/1/23) Malam.

Makna dari Rima Raga Rempah sendiri, yakni nada, gerak dan kekayaan alam, Rima berarti mengantarakan senandung yang mempunyai banyak makna, dalam alunan Kitab Molokiyah seperti dalil tifa dan dalil moro, atau dikenal sebagai dorabololo.

Turut hadir menyaksikan pertunjukan ini Kepala Stasiun RRI Ternate, Kepala BPCB Maluku Utara, dan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate.

Pertunjukan Rima Raga Rempah ini dibuka langsung oleh Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si di tandai dengan pemukulan tifa.

Dalam sambutanya Wali Kota Ternate mengatakan semestinya pementasan Teater Musikal Rima Raga Rempah dilaksakan di gedung kesenian, namun di Kota Ternate saat ini gedung tersebut tidak kita miliki, bukan karena tidak bisa membangun, tetapi karena keterbatasan lahan di Kota Ternate. Gedung Kesenian membutuhkan luas lahan di atas 2000 m2 sehingga sulit di dapatkan di Kota Ternate.

“Melalui panitia pelaksana, Rima Raga Rempah dapat dilakukan di gedung olah raga ini yang tidak hanya khusus untuk kegiatan olah raga saja namun gedung ini memang dibangun sebagai gedung serba guna, bisa untuk kegiatan olah raga, dan bisa untuk kegiatan seni budaya.”Ucap Wali Kota.

Wali Kota Ternate menambahkan saat ini Pemerintah Daerah Kota Ternate berusaha untuk menguatkan apa yang disebut dengan City Branding. Di tahun 2022 City Branding itu telah mendapatkan pengakuan yang disebut dengan Hak Kekayaan Intelektual dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai Kota Rempah.

“Saat ini kita lagi memperkuat City Brandingnya atau disebut dengan Internalisasi Kota Rempah atau Spice City. Banyak hal sudah dilakukan termasuk didalamnya revitalisasi tanaman cengkeh dan pala, kita memperkuat juga dibeberapa tempat tertentu, dihotel, kantor dan sekolah yang di sebut dengan sudut rempah”. Jelas Wali Kota

Diakhir sambutan Wali Kota memberikan apresiasi kepada Lembaga Seni Budaya Molokiyah yang telah menggagas kegiatan Rima Raga Rempah yang mendapat dukungan langsung dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI. Kegiatan ini juga menjadi salah satu bentuk promosi untuk memperkuat Ternate sebagai Kota Rempah melalui karya Musik Teatrikal. (Tim IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Pimpin Pawai Obor pada Festival Ela-Ela di Dufa-Dufa

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Dae ...

#

Dampingi Sultan Ternate, Wali Kota Bakar Obor Perayaan Malam Ela-Ela

PEMKOT TERNATE – Perayaan malam Lailatul Qodar di Kota Ternate ditandai dengan dinyalaka ...

#

Wali Kota Salurkan Zakat Bagi Para Pengasuh TPQ se-Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka merealisasikan Ternate Kota Zakat, Badan Amil Zakat Nasion ...

#

Sampaikan LKPD tahun 2023 ke BPK RI, Sekda: Pemkot Ternate Siap Pertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM mewakili ...