#

Produk Khas Ternate Turut Ramaikan Indonesia City Expo pada APEKSI di Kota Balikpapan

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop dan UKM) turut meramaikan pameran Indonesia City Expo 2024 (ICE 2024) di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

ICE 2024 merupakan rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XVII tahun 2024 dan Indonesia City Expo, yang diselenggarakan pada 4-6 Juni 2024 di Area BSCC Dome Balikpapan, Kota Balikpapan.

Pada ICE 2024 ini, UMKM Kota Ternate menampilkan kerajinan, seperti tenun dan batik khas Ternate. Selain itu, ada pula beragam produk unggulan seperti kopi rempah, teh rempah, aer guraka, sambal ipa, kenari gurih, stik daun kelor, stik kenari, dan kacang keriting.

Kemudian, abon ikan tuna, beng-beng kenari yang sudah dilapisi coklat, keripik pisang yang juga dilapisi dengan coklat serta berbagai produk lainnya.

"Di pameran ICE 2024 kali ini, Alhamdulillah Kota Ternate ikut berpartisipasi. Mudah-mudahan tahun-tahun berikutnya dapat berpartisipasi kembali. Tahun ini kita membawa produk-produk unggulan binaan kami di Kota Ternate, dan semoga hasil karya ini bisa dikenal masyarakat luas." Ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate, Hadi Hairuddin, Selasa (4/6/2024).

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, dengan kekayaan kerajinan tangan dan budaya yang ada di Kota Ternate, hal ini membuat para pengrajin mengeluarkan berbagai produk-produk unggulannya masing-masing.

Menurutnya, Kota Ternate sendiri memiliki ciri khas rempah dan budayanya, sebagaimana sebutannya Ternate Kota Rempah yang merupakan city branding Kota Ternate.

"Di Kota Ternate terdapat banyak kekayaan budaya, seni, dan kerajinan tangan yang luar biasa. Kami ingin karya-karya ini dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi sumber penghasilan bagi para pengrajin." ungkapnya.

Beliau juga mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kualitas produk UMKM Kota Ternate agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas.

"Tentu dengan dukungan pemerintah dan berbagai pihak diharapkan UMKM Kota Ternate dapat terus berkembang agar dikenal masyarakat luas." Harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM dalam keterangan persnya menyampaikan, stand pameran Kota Ternate pada ajang Indonesia City Expo cukup ramai dikunjungi oleh para delegasi yang hadir dalam Indonesia City Expo 2024 di Kota Balikpapan.

"Ini tentunya ini akan menjadi ajang promosi bagi Kota Ternate untuk memperkenalkan produk-produk UMKM unggulan serta peningkatan hasil UMKM yang kita pamerkan,” ujar Sekda di sela-sela pameran.

Sekda berharap, Pameran Indonesia City Expo 2024 ini, berbagai produk kerajinan maupun hasil produk dari UMKM Kota Ternate, lebih dikenal luas oleh seluruh peserta Rakernas APEKSI.

"Sehingga ke depan UMKM kita dapat dikenal yang akhirnya akan meningkatkan penjualan dan peningkatan ekonomi dari pelaku UMKM di Kota Ternate,” harap Sekda.

Pada kesempatan tersebut, Sekda juga sempat mengunjungi beberapa stand pameran dari daerah lain untuk mendapatkan inspirasi dalam mengembangkan produk-produk UKM di Kota Ternate. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Ternate Mewisuda 2944 Siswa-Siswi Tahfidz Al-Qur’an dan BTQ

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Ketua TP PKK Kot ...

#

Aksi Penanaman Pohon Pada Rakernas APEKSI Sebagai Komitmen Pelestarian Lingkungan

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota ...

#

Rakernas XVII APEKSI di Balikpapan, Dirangkaikan dengan Cooking Class Untuk Para Istri Wali Kota

PEMKOT TERNATE – Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid mengikuti Cooking Class ...

#

Hadiri Sidang Rakernas XVII APEKSI Tahun 2024, Wali Kota Ternate Paparkan Poin Penting Dalam Pra Muskomwil

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate sekaligus Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) VI Asosia ...