#

Wali Kota Deklarasikan Rumah Ibadah Ramah Anak Se-Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Pengurus Masjid dan Gereja Ramah Anak serta Deklarasi Rumah Ibadah Ramah Anak Se-Kota Ternate Tahun 2023 yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Ternate di Royal Resto, Kamis (23/11/23).

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Pendidikan, Kementerian PPPA-RI Dr. Amurwani Dwi Lestariningsih, S.Sos., M.Hum., Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan Islam Kementerian Agama Kota Ternate H. Lukman Hatari, S.Ag., M.Pd.I., Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Maluku Utara Musyrifah Alhadar, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Ternate Dra. Marjorie Saidah Amal, M.Si., para Camat se-Kota Ternate dan para pengurus rumah ibadah (masjid dan gereja) se-Kota Ternate.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, anak merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat menjadi generasi yang ideal, tangguh, unggul, kompetitif, dan tanggap terhadap perubahan zaman, sekaligus sebagai generasi yang mampu menjadi penggerak pembangunan masyarakat dan bangsa untuk lepas dari kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan.

“Perlindungan anak merupakan tanggung jawab bersama termasuk perlindungan terhadap anak selama mereka berada di dalam rumah ibadah. Selama ini, rumah ibadah masih dianggap sebagai tempat yang bebas dari unsur kekerasan, padahal kita masih banyak melihat kekerasan terhadap anak terjadi di rumah ibadah,” ungkap Wali Kota.

Menurutnya, menciptakan rumah ibadah ramah anak (masjid dan gereja) memang membutuhkan kesiapan pengurus masjid, tata ruang, dan kesadaran tinggi seluruh jemaah. Hal ini sangat penting karena seharusnya rumah ibadah menjadi tempat berkumpul, melakukan kegiatan inovatif, kreatif dan juga rekreatif yang aman dan nyaman dengan dukungan lingkungannya.

“Saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, sudah saatnya kita memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak dan di samping itu rumah ibadah juga memiliki peran yang strategis dalam menumbuhkembangkan kesadaran para pengurus masjid maupun gereja serta masyarakat untuk berpartisipasi mewujudkan lingkungan yang ramah bagi anak sedini mungkin,” ucapnya.

Lebih lanjut Wali Kota mengatakan, Kota Ternate telah meraih predikat Kota Layak Anak kategori Nindya selama 2 (dua) tahun terakhir yang merupakan hasil kolaborasi dan peran semua pihak.

“Tentunya ini menjadi penyemangat bagi kita untuk terus bergerak maju memenuhi hak anak-anak yang ada di Kota Ternate, termasuk salah satunya membuat anak-anak menjadi aktif di setiap rumah ibadah. Jangan biarkan anak-anak menjadi trauma ketika ingin memasuki rumah ibadah karena tidak jarang mereka pernah dimarahi oleh pengurus rumah ibadah,” terang Wali Kota.

“Dengan pembekalan pada hari ini secara bertahap hal yang demikian dapat dirubah sehingga wajah rumah ibadah akan berubah lebih ramah, Pemerintah Kota Ternate sangat menginginkan agar segala aktivitas kehidupan masyarakat dimulai dari rumah ibadah”, tambahnya.

Wali Kota menekankan bahwasannya untuk mewujudkan hal tersebut bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun membutuhkan sinergitas lintas sektor.

“Penting bagi kita semua untuk merubah paradigma bahwa untuk mewujudkan rumah ibadah yang ramah anak harus membangun fasilitas baru namun harus fokus untuk bagaimana mengoptimalkan fasilitas serta pelayanan yang telah dimiliki,” pungkas Wali Kota.

Wali Kota berharap deklarasi ini akan menjadi pijakan bagi pengembangan rumah ibadah ramah anak secara bertahap, sehingga kedepannya seluruh rumah ibadah di Kota Ternate dapat bertransformasi menjadi rumah ibadah yang ramah dan dicintai oleh seluruh anak di Kota Ternate.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan deklarasi bersama rumah ibadah ramah anak oleh para pejabat dan peserta yang hadir. (TIM IKP DISKOMINFO TERNATE)

Berita

Berita Lainnya

#

Pemkot Ternate Serahkan Aset SMAN 8 Kota Ternate Kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM atas nama ...

#

Pimpin Apel Gabungan, Wali Kota : Di Balik Kemampuan Pemimpin Yang Baik Itu Ada Kemampuan Anak Buah Yang Baik

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate menggelar Apel Gabungan ASN dan Non ASN di Lapang ...

#

Wali Kota Ternate Resmikan 79 Rumah Layak Huni di Kelurahan Kasturian

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Kepala Dinas P ...

#

Wali Kota Lakukan Kunjungan Kerja di Pulau Moti

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama sejumlah Kepala O ...