#

Pemkot Ternate Wisuda 1601 Siswa SD yang Lulus BTA

DISKOMINFO SANDI - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate mewisuda 1601 siswa SD dari Kecamatan Ternate Selatan dan Kecamatan Ternate Pulau yang telah lulus Baca Tulis Al-Qur’an (BTA). Acara wisuda digelar di Halaman Waterboom Kota Ternate. Sabtu (21/5/22).

Program BTA ini termasuk ke dalam salah satu program Pemerintah Kota Ternate di bidang keagamaan.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate Dr. Muslim Gani, memberikan sambutan sekaligus mewisuda para siswa.

Dalam sambutannya,Wali Kota Ternate mengingatkan untuk menjaga kualitas dari baca tulis Al-Qur’an. Selanjutnya dari hasil evaluasi yang dilakukan terhadap program BTA, belum ada keyakinan bahwa apakah seluruh siswa sudah mahir membaca dan menulis Al-Qur’an sehingga mulai tahun depan, wisuda akan dilaksanakan dua kali yakni saat kelas 5 SD dan kelas 6 SD.

“Indikasi itu memberi respon kepada saya untuk mengambil kebijakan wisuda BTA dimulai pada kelas 5, dengan maksud bagi mereka yang kelas ketika dilakukan evaluasi terkait BTA, maka masih ada waktu kurang lebih enam bulan sampai setahun mengulang BTA,” ucap Wali Kota Ternate.

Selanjutnya, menurut Wali Kota, Pemkot Ternate berencana membuat talent pool dari BTA ini, sehingga diharapkan nantinya dapat berkontribusi pada STQ maupun MTQ tingkat Kota Ternate atau bahkan tingkat Provinsi Maluku Utara.

“Dengan jumlah wisuda ribuan anak ini, akan ada anak-anak yang bertalenta dalam membaca Al-Qur’an untuk mengikuti MTQ maupun STQ, sehingga ada regenerasi tiap tahunnya,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota juga mengatakan bahwa ke depan nanti sertifikat BTA akan ditandatangani oleh guru TPQ yang ada di wilayah Kota Ternate, sebab para guru TPQ lah yang lebih mengerti kemampuan anak dan sebagai bentuk penghargaa kepada para guru mengaji, sehingga diharapkan para siswa memiliki kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pemkot Ternate Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Te ...

#

Wali Kota Buka Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate 2025

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuk ...

#

Sekda Lantik Sejumlah Pejabat Administrasi dan Fungsional

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM melantik dan meng ...

#

Safari Ramadan di Kelurahan Toboko, Sekda Serahkan Bantuan Paket Kebaikan Ramadan

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., serta sejumlah ...