Minggu, 26 Juni 2022
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
08 April 2022 - 21:38:49 - Read: 247

Perkuat City Branding Ternate Kota Rempah, Wali Kota Kunjungi PT Bio Konversi Indonesia

DISKOMINFOSANDI – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate Thamrin Maraoly, , SP, M.Sc mengunjungi PT Bio Konversi Indonesia yang terletak di Bekasi, Jawa Barat. Jum’at (8/4/22).

Kunjungan tersebut di awali dengan rapat bersama pihak Bio Konversi Indonesia yang membahas bahan, cara produksi, pupuk dan peningkatan panen pada tanaman dengan menggunakan pupuk Bio Konversi.

PT Bio Konversi mengklaim bahwa setelah dicoba di tanaman Pala, penggunaan pupuk Bio Konversi meningkatkan panen hingga 3 (tiga) kali lipat.

Usai rapat, Wali Kota dan rombongan di ajak berkeliling pabrik untuk melihat proses pembuatan pupuk yang nahannya bersumber dari alam.

Sumber alam tersebut meliputi limbah sampah pasar berupa sayur dan buah yang dibeli perusahaan yang kemudian diolah menjadi pupuk hayati mikroba dengan kemampuan produksi harian mencapai 50 Ton.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si mengatakan bahwa Kota Ternate ingin memperkuat City Branding Ternate sebagai Kota Rempah.

“Setelah kembali nanti, saya akan menginstruksikan kepada OPD terkait untuk berkoordinasi dengan stake holder dan pihak petani untuk membuat skema kebutuhan pupuk,” ucap Wali Kota.

Menurutnya, hampir semua kebutuhan pertanian rata rata dipenuhi dari luar Ternate karna ketersediaan lokal belum mampu menopang.

“Kami berusaha untuk membuat kekuatan pertanian ala Kota Ternate, dengan harapan agar minimal 50 persen kebutuhan pasar dari produksi pertanian dapat dipenuhi oleh petani lokal. Kita punya semangat untuk mendorong petani berdaya dan mandiri,” tambahnya.

"Nanti kita liat karakteristik tiap kelurahan untuk disesuaikan dengan kondisi pegembangan pertanian ala Kota Ternate", tutup Wali Kota Ternate. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA