#

Wali Kota Ternate Buka Rapat Anggota Tahunan Koperasi Jasa ASN

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023 Koperasi Jasa "Aparatur Sipil Negara" Kota Ternate yang digelar di Hotel Jati. Kamis (7/3/24).

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Kota Ternate Rukmini A. Rahman, SE.,M.Si, Sejumlah Kepala OPD, Para Kepala Bagian, serta jajaran dan staf Koperasi Jasa ASN.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan selamat atas prestasi yang telah di raih dan upaya-upaya yang telah dilakukan, sehingga Koperasi Kota Ternate pada tahun 2023 mendapatkan Predikat Koperasi ”SEHAT” oleh pemerintah dan masuk dalam kategori 25 Besar Koperasi ASN Terbaik seluruh Indonesia oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

"Berdirinya Koperasi Jasa ASN Kota Ternate merupakan sarana untuk menunjang upaya pemerintah dalam meningkatkan kejahteraan Pegawai dan Keluarga," ucap Wali Kota.

Beliau juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Ternate, dalam hal ini sangat merespon berdirinya Koperasi Jasa ASN ini, "Karena dengan wadah Koperasi ini, bukan saja dapat meningkatkan kesejahteraan anggota tetapi juga dapat berfungsi sebagai pemersatu, jadi ASN ini sebagai bagian dari pemersatu. Koperasi di Kota Ternate sudah mengalami naik turun atau dinamika, tapi koperasi telah banyak berjasa secara perorangan bagi ASN maupun secara organisasi, terutama disaat genting."

Menurutnya, Pengurus koperasi saat ini telah melewati berbagai dinamika dan Wali Kota turut menyampaikan rasa syukurnya atas kehadiran Koperasi ASN, karena sangat membantu dalam kerangka pemulihan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan Anggota beserta keluarga.

Beliau juga menjelaskan bahwa forum Rapat Anggota Tahunan seperti ini merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam organisasi koperasi.

"Oleh karena itu dalam forum ini setiap anggota mempunyai hak berbicara untuk mengeluarkan pendapatnya sehingga diharapkan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh pengurus benar-benar dapat dipelajari dan dipahami oleh anggota yang hadir pada saat ini," jelas Wali Kota.

Wali Kota juga berharap peserta RAT dapat memberikan masukan, saran, maupun pendapat yang positif bagi kemajuan Koperasi ini pada masa mendatang.

"Kemajuan Koperasi ASN tergantung dari keaktifan dan sumbangsih anggotanya, karena itu untuk mengurangi ketergantungan pada pemodalan dari luar yang saat ini masih menjadi porsi terbesar dari dana yang dikelola oleh Koperasi ini, sehingga Saya berharap porsi dana dari luar tersebut dapat terus dikurangi baik melalui peningkatan simpanan wajib dan simpanan sukarela anggota," harapnya.

Selain itu, terkait dengan pengembangan "Koperasi Jasa ASN” Kota Ternate, beliau sangat menyambut baik keinginan untuk tetap mempertahankan keberadaan koperasi ini karena memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan segenap anggota ASN Kota Ternate.

"Koperasi yang memiliki anggota paling banyak dan sangat solid, merupakan modal besar guna pengembangan koperasi ini kedepan. Untuk itu saya menghimbau agar terus meningkatkan kinerja dan pelayanan yang baik terhadap anggota serta melaksanakan kemitraan yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik secara internal maupun eksternal," imbaunya.

Wali Kota juga mengingatkan kepada seluruh pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan para bendahara agar selalu dapat mengontrol para pegawai yang melakukan pinjaman di Koperasi, sehingga nantinya tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

"Para Pimpinan OPD juga diwajibkan untuk selalu mengevaluasi dan memberikan tindakan tegas kepada para bendahara yang kinerjanya buruk sehingga menimbulkan terjadinya Kredit Macet yang ditimbulkan oleh berbagai spekulasi dan faktor kesengajaan yang dilakukan oknum ASN atau bendahara OPD," tegas Wali Kota.

Diakhir sambutannya Wali Kota berharap RAT yang digelar hari ini dapat melahirkan keputusan-keputusan dan ide yang bermanfaat untuk pengembangan koperasi ini kedepan. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pemkot Ternate Gelar Nobar, Masyarakat Bakal Saksikan Semifinal Indonesia VS Uzbekistan di Piala AFC U-23

PEMKOT TERNATE — Pemerintah Kota Ternate, bakal menggelar nonton bareng (Nobar) laga sem ...

#

Gelar Bakti Bersih Lingkungan Serentak, Sekda : Spirit ASN Untuk Menjaga Ternate Agar Tetap Bersih

PEMKOT TERNATE — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkot Ternate Ke-25, ...

#

Sekda Pimpin Rapat Persiapan HUT Pemkot Ke-25 Yang Bertemakan “Bersinergi Menuju Ternate Bersih”

PEMKOT TERNATE — Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM memimpin ...

#

Wali Kota Ternate Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana 2024 di Bandung

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri Rapat Koordin ...