Jumat, 23 Agustus 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
23 Juli 2019 - 23:53:29 - Read: 243

Gelar Job Fair, Disnaker Ternate Siapkan 652 Lowongan

DISKOMSANDI - Guna meningkatkan taraf hidup masyarakat Kota Ternate yang lebih sejahtera dengan menurunkan tingkat pengangguran dan memfasilitasi perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat Kota Ternate, Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Tenaga Kerja memfasilitasi para pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja menggelar Pameran Bursa Kerja “Ternate Job Fair 2019” yang dibuka secara resmi oleh Walikota Ternate Dr. H. Burhan Abdurrahman, SH, MM, bertempat di gedung Dhuafa Center pada hari Selasa 23 Juli 2019. Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Ternate H. Abdullah Tahir, SH, Sultan Tidore, Kasi Bursa Kerja Pemerintah Direktorat dan Analis Bursa Kerja Khusus Direktorat PTKDN (Pengembangan Tenaga Kerja Dalam Negeri) Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, Kepala Kejaksaan Negeri  Ternate, Rektor Unkhair dan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME, dalam laporannya mengatakan, Ternate Job Fair ini merupakan program rutin tahunan yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate, yang mana tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan publik dalam bidang kesempatan ketenagakerjaan. Selain itu, adanya ketidakseimbangan ketersediaan kerja, baik kualitas dan kuantitas kerja, karena pencari kerja setiap tahunnya semakin meningkat sementara lowongan kerja sangat sedikit. Selain itu, Masih minimnya informasi antara perusahaan pengguna tenaga dan pencari kerja, sehingga sulit untuk menemukan potensi dan bakat para pencari kerja untuk menduduki sebuah jabatan sesuai kulitas yang dimiliki. Olehnya itu, dengan adanya Job Fair ini diharapkan dapat pertemukan langsung pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja atau perusaahan, sehingga dapat dengan mudah mempertemukan  bakat dan minat yang diinginkan oleh perusahaan tersebut.

Data yang diperoleh melalui situs pendaftaran Kemenaker RI “Ternate Job Fair 2019” secara online sebanyak 1262 peserta, sedangkan pendaftaran secara manual 5000 lebih. Kemudian secara statistic gender pelamar 99,8 persen adalah perempuan, 0,16 persen laki-laki, sementara lowongan yang tersedia 652 lowongan di 24 perusaahan.

Sebelum dimulainya Pameran Bursa Kerja “Ternate Job Fair 2019” dilakukan penandatanganan Perjanjian Bersama tentang Pendampingan, Bantuan dan Pertimbangan Hukum Ketenagakerjaan antara Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate dengan Kejaksaan Negeri Ternate, yang menyangkut segala hal terkait produk hukum dan penyelesaian perselisihan ketenagakerjaan, termasuk didalamnya tentang bantuan hukum bagi tenaga kerja. Perjanjian ini merupakan perpanjangan dari MoU tentang program kerjasama antara Pemerintah Kota Ternate dengan Kejaksaan Negeri Ternate di Bidang Perdata Tata Usaha Negara.

Kepala Kejaksaan Negeri Ternate Pendi Sijabat, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan, program melalui hubungan kerjasama Pemerintah Kota Ternate untuk kepentingan bersama yakni kepentingan masyarakat. Kejaksaan sendiri menjalankan tugas dan fungsi kejaksaan dibidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Jaksa Pengacara Negara memiliki kapasitas dan kompetensi menurut UU No. 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia dalam memberikan bantuan hukum, pertimbangan hukum, tindakan hukum lain, penegakan hukum  dan pelayanan hukum.

Sehingga MoU yang telah dibuat ini patut ditindaklanjuti secara terperinci, terarah dan berkenan kita perlakukan bersama. Khusus, apabila terjadi permasalahan hukum bagi tenaga kerja maka langsung ditindaklanjuti. Kajari Ternate juga berharap agar MOU menjadi tongkat jalinan kerjasama dalam menciptakan sinergitas dalam membuat keberhasilan tugas  dan fungsi peran masing masing dalam tujuan bersama atas pembangunan ketenagakerjaan agar adil dan merata.

Sementara  itu, Walikota Ternate Dr. H. Burhan Abdurrahman, SH., MM,  menyampaikan,  adanya perpanjangan kerjasama ini semoga dapat lebih mengoptimalkan kinerja Pemerintah Kota Ternate bagi seluruh OPD termasuk Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate dalam menata dan mengelola fungsi ketenagakerjaan.

Menyangkut pelaksanaan Ternate Job Fair 2019 ini Wali Kota juga berharap, dapat menjadi langkah strategis guna menekan peningkatan jumlah pengangguran dan memberi ruang yang seluas-luasnya bagi para pencari kerja. Untuk itulah, Ternate Job Fair ini akan terus dilakukan setiap tahunnya dan berharap agar lebih banyak lagi perusahan-perusahan yang dapat bergabung dalam kegiatan Job Fair ini.

Selanjutnya acaara dilanjutkan dengan peninjauan stand-stand peserta Job Fair oleh Walikota beserta seluruh tamu dan undangan yang turut hadir pada kesempatan tersebut. Ternate Job Fair sendiri dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 23 hingga 24 Juli 2019. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA