Rabu, 01 Desember 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
22 Oktober 2021 - 17:42:54 - Read: 103

Pemkot Ternate Gelar Job Fair Bersama 19 Perusahaan

DISKOMSANDI – Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menggelar Ternate Hybrid Job Fair 2021. Kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan Sasaran Strategis Nasional dan Daerah yaitu menurunkan tingkat pengangguran terbuka dan memfasilitasi perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat tenaga kerja, serta dalam upaya memfasilitasi antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja di Kota Ternate.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, Rabu (20/10/21) yang digelar di Gedung Dhuafa Center Kota Ternate.

Wali Kota Ternate dalam sambutannya mengharapkan pembukaan Ternate Hybrid Job Fair ini menjadi upaya Pemerintah untuk memulihkan ekonomi akibat pandemik Covid-19 yang mana pertumbuhan ekonomi untuk Kota Ternate pada tahun 2020 lalu terkontraksi sebesar minus 0,85%.

"Pelaksanaan pameran bursa kerja atau Job Fair ini merupakan solusi atas perkembangan ketenagakerjaan di Kota Ternate, dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Perkembangan tersebut dapat diketahui dari data penduduk Kota Ternate, pada tahun 2020 mencapai 205.000 jiwa dan terdapat 109.247 angkatan kerja," ucap Wali Kota Ternate.

Selanjutnya, beliau menambahkan bahwa dari jumlah angkatan kerja tersebut yang bekerja berjumlah 102.906 orang dan terdapat jumlah pencari kerja sebanyak 6341 orang atau 5,8 persen serta tingkat pengangguran terbuka. Sehingga, beliau berharap pembukaan atau pelaksanaan Job Fair ini bisa dilaksanakan pada bulan Juli 2022 tahun depan, dikarenakan bertepan dengan selesainya ujian sekolah, dan juga penerimaan CPNS.

"Pembukaan Job Fair ini kedepan saya minta untuk dilaksanakan pada bulan Juli, karena bertepatan dengan selesainya ujian sekola, serta adanya penerimaan seleksi CPNS," Ungkap Wali Kota Ternate.

Selain itu, beliau juga menyampaikan sebelum dibukanya job fair, pemerintah harus terlibat dalam pendampingan kepada para pencari kerja, seperti melakukan pelatihan agar ketika ada penerimaan para pencari kerja bisa lulus kerja.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku Utara Ridwan Hasan mengatakan, Pelaksanaan Job Fair ini diikuti oleh 19 Perusahaan termasuk PT. Harita dan Sub Kontraktor PT. IWIP dengan jumlah total lowongan sebanyak 356 pelamar.

Selain PT. Harita dan Sub Kontraktor PT. IWIP juga Terdapat Perusahaan PT.Muara grup, Hidup Baru Sejahtera, Aneka gas Industri, Makur Utama Kencana, Sarana Niaga, BLK Ternate, BRI, Telkomsel, Mandala Multifaines, Sejahtera Abadi, Indomaret dan Dua sekawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Ternate Nuraini Nawawi meyampaikan akan menindaklanjuti usulan Wali Kota Ternate, terkait dengan pelaksanaan Job Fair pada bulan Juli serta melakukan pendampingan pada masyarakat pencari kerja.

"Kita akan bekerja sama dengan lembaga Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mengasa skil para peserta pencari kerja, sehingga pada saat ada pelaksanaan Job fair dan pihak perusahaan membuka lowongan pekerjaan maka peserta siap menerima lowongan pekerjaan tersebut," ucap Kadis Tenaga Kerja Kota Ternate.

Selanjutnya, beliau mengatakan bahwa jumlah total pelamar yang masuk dalam pameran bursa job fair di Gedung Duafa Center, selama dua hari itu, sebanyak 1075 pelamar.itu terdiri dari 1437 pendaftar pencari kerja.


"Jadi 1437 hanya mendaftar saja, tapi yang melamar 1075," tambahnya.
Dari jumlah tersebut, pelamar yang paling banyak itu pada sektor pertambangan. Untuk sektor pertambangan terdapat hanya dua perusahaan, yakni PT Harita dengan jumlah 81 pelamar dan PT Tempopress International Delivery dengan 200 pelamar. Selain itu ditambah juga dua perusahaan retail minimarket, namun belum diketahui jumlah pastinya, karena masih dalam rekap data. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA