#

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 Tingkat Kota Ternate

DISKOMSANDI - Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pada hari Senin, 14 Oktober 2019 menggelar peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 di Halaman Ex-Kantor Walikota Ternate jl. Yos Sudarso Kelurahan Kampung Pisang. Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekertaris Daerah Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia Aris Merdeka Sirait, Forkompimda Kota Ternate, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate, Para Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Ternate, Ketua Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesian (APSAI), Jaringan Media Peduli Anak Kota Ternate Para camat dan Lurah serta Para pelajar SD, SMP, SMA se-Kota Ternate.

Acara peringatan hari anak Nasioanal tahun 2019 ini diawali dengan pembacaan deklarasi Kecamatan Ternate Barat Menuju Kecamatan Layak Anak yang dibacakan oleh Camat Ternate Barat beserta para Lurah Se-Kecamatan Ternate Barat dan pengukuhan pengurus Forum Anak Kota Ternate periode 2019-2021 oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate.

Sekretaris Daerah Kota Ternate dalam sambutannya mengatakan, pentingnya peran seluruh pihak dalam mewujudkan sebuah lingkungan menjadi lingkungan yang layak anak. Selain itu, Sekda juga menghimbau kepada seluruh pihak terutama para orang tua agar dapat selalu meningkatkan pengawasan dan perkembangan ana-anak agar nantinya tidak terjerumus pada hal-hal negative seperti kekerasan fisik, pelecehan seksual, penyimpangan norma dan etika serta ekploitasi.

Pada kesempatan tersebut pula, Sekda mengapresiasi atas upaya seluruh pihak baik Pemerintah melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Ternate maupun stakeholder dan warga masyarakat Kota Ternate yang telah berupaya menjadikan Kota Ternate sebagai Kota Layak Anak, sehingga pada tahun 2019 untuk ketiga kalinya meraih predikat Kota Ternate menjadi Kota Layak Anak yang mana pada tahun ini meraih predikat Madya. Sekda juga mengapresiasi deklarasi Kecamatan Ternate Barat menuju Kota Layak Anak berharap gerakan ini dapat menyebar pada seluruh institusi Pemerintah Kota Ternate baik ditingkat terendah di Kelurahan, RT/RW maupun pada lingkungan masyarakat dan juga orang tua dirumah. Sehingga kedepannya upaya bersama dalam melindungi anak-anak Kota Ternate dari segala bentuk kekerasan dapat diwujudkan.

Sementara itu, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia Aris Merdeka Sirait dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya peran orang tua dalam pencegahan tindak kekerasan dan perlindungan pada anak-anak. Saat ini berbagai hal negative terhadap anak selalu menghantui, sehingga peran orang tua sangat penting dalam melindungi anak. Orang tua menjadi garda terdepan dalam memproteksi segala hal buruk yang akan terjadi pada anak-anak, sehingga perlu adanya komitmen bersama untuk memberantas segala kekerasan terhadap anak baik fisik maupun mental serta menghindari segala bentuk hal-hal negative seperti narkoba dan lain sebagainya di lingkungan sekitar anak-anak.

Pada Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Ternate ini, dilaksanakan penandatanganan MoU dengan lintas sektor dalam hal ini Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesian (APSAI) dan Jaringan Media Peduli Anak Kota Ternate. Acara dilanjutkan dengan Sekretaris Daerah bertanya anak menjawab yang dipandu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Ternate. Suasana acara peringatan hari anak berubah meriah saat anak-anak diberikan kesempatan untuk bertanya dan diberikan pertanyaan yang mana pada kesempatan tersebut langsung diberikan hadiah oleh sekda Kota Ternate, Ketua Komnas Perlindungan Anak dan para tamu undangan lainnya. (TR_diskomsanditernate)

Berita

Berita Lainnya

#

Sebanyak 266 Calon Jemaah Haji Kota Ternate Ikut Napak Tilas

PEMKOT TERNATE — Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM secara la ...

#

Pimpin Apel Se-Kecamatan Ternate Tengah, Wali Kota : ASN Harus Peka Terhadap Lingkungan dan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si memimpin apel gabungan Lu ...

#

Usai Cuti Bersama, Pemerintah Kota Ternate Gelar Apel Gabungan Sekaligus Halal Bi Halal

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si memimpin apel gabungan seka ...

#

Wali Kota Buka Festival Ela-Ela di Sango

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Dae ...