Rabu, 16 Oktober 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
10 April 2019 - 21:41:15 - Read: 170

Walikota Wisudakan 3.247 Generasi Qurani Ternate

DISKOMSANDI - Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pendidikan Kota Ternate menggelar Wisuda Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) dan Thafizd Qur'an Tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kota Ternate. Pelaksanaan Wisuda BTQ dan Thafizd Qur'an ini merupakan program rutin tahunan Pemerintah Kota Ternate yang mana Pada tahun 2019 ini adalah proses wisuda yang ke-7 kalinya. Program Baca Tulis Al-Qur'an merupakan program wajib bagi siswa SD se-Kota Ternate dan menjadi syarat kelulusan dan melanjutkan study ke jenjang SMP. Pada prosesi Wisuda tahun 2019 ini Tidak kurang dari 3.247 pelajar tingkat dasar (SD) yang diwisuda secara langsung oleh Walikota Ternate Dr. H. Burhan Abdurrahman, SH, MM. Prosesi wisuda BTQ dan Thafizd Al-Qur’an sendiri dipusatkan di stadion Gelora Kie Raha Ternate pada Rabu, 10 April 2019. Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Walikota Ternate, Forkompimda, Sekretaris Daerah Kota Ternate, para pimpinan SKPD, Para Kepala Sekolah beserta dewan guru SD dan SMP se-Kota Ternate serta orang tua wali murid dari para wisudawan.

Kepala Dinas Pendidikan  Kota Ternate Ibrahim Muhammad, dalam sambutanya menjelaskan, peserta wisuda BTQ dan Thafizd yang mengikuti wisuda hari ini sebanyak 3.247 orang, terdiri dari 197 Thafizd,  25 juzz, satu orang Thafizd 9 juzz dan satu orang Khafilah 3 juzz. Wisuda BTQ dan Thafizd adalah buah dari kerjasama seluruh elemen masyarakat yang disebut dalam.sebuah filosofi, "kami sebut satu tungku, tiga batu yakni soa, sekolah, sigi, keluarga, sekolah, dan masyarakat, secara umum dalam rangka memberikan pembekalan kepada anak-anak dalam menghadapi tantangan masa depan," ungkapnya.

"Wisuda hari ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumya, dulunya yang mewisudakan selain Walikota Ternate dan pimpinan SKPD, hari ini wisuda  BTQ adalah Kepala SMP negeri dan swasra se-Kota Ternate, karena mereka telah siap akan melanjutkan apa yang dilakukan oleh teman-teman berjenjang SD, " jelasnya

Sementara itu, Walikota Ternate, Dr. H. Burhan Abdurrahman, SH, MM, dalam sambutanya memberi apresiasi atas tema yang diusung pada wisuda ini, "Harmonisasi Ikhtiar Soa, Sekolah, Sigi, dan menghadirkan generasi Quran yang tangguh",

"Saya menghanturkan tahmid kepada Dinas Pendidikan Kota Ternate yang menjadikan budaya. Ternate sebagai pilar dalam membumikan Al- quran di negeri para wali. Wisuda BTQ adalah sebuah ikhtiar deferensasi pendirian seorang muslim terhadap Al- quran, wisuda Baca Tulis Quran merupakan upaya menghadirkan generasi emas permata yang wajib dipelihara, wisuda ini pula kita menguatkan generasi ngofa sedano budaya Ternate, generasi digital  hidup di  tengah-tengah gelombang teknologi," kata Walikota Ternate, dalam sambutannya.

Diakhir sambutannya Walikota berharap, agar semua komponen masyarakat dan pemerintah tidak boleh pasrah dan biarkan generasi muda kita terpengaruh dengan zaman, akan tetapi kita harus tetap berupaya agar mereka dapat mewarnai zaman,dengan berpedoman pada Quran. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA