#

Buka Musrenbang Ternate Tengah, Ini Kata Wali Kota

PEMKOT TERNATE - Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Tingkat Kecamatan di Kota Ternate telah digelar di tiga Kecamatan, dan Hari ini, Rabu (21/2/24) Musrenbang di gelar di kecamatan Ternate Tengah yang dipusatkan di Grand Fatmah Resto.

Musrenbang tersebut turut dihadiri juga oleh Plt. Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Taufik Jauhar, Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate Ir. Thamrin Marsaoly, SP., M.Sc, Camat Ternate Tengah Yusuf Djamal, SH., Forkopimcam Ternate Tengah, para delegasi kelurahan se-Kecamatan Ternate Tengah, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Camat Ternate Tengah Yusuf Djamal, SH dalam laporannya mengatakan bahwa Kecamatan Ternate Tengah telah melaksanakan Musrenbang tingkat kelurahan dan usulan Kecamatan Ternate Tengah mengusulkan 297 daftar usulan kegiatan pada rencana pembangunan Kota Ternate tahun 2025.

Dari angka jumlah ini, usulan pada bidang ekonomi dan sumber daya alam sebanyak 15 usulan, bidang infraatruktur dan pengembangan wilayah 278 usulan serta bidang pemerintahan dan pembangunan manusia sebanyak 4 usulan.

Sementara itu, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam sambutannya mengatakan, tema Musrenbang kecamatan tahun ini, yakni "Pelestarian Cagar Budaya dan Entitas Keragaman Sosial Budaya serta Mitigasi Kebencanaan Untuk Pengembangan Ruang Kota Ternate Yang Mandiri dan Berkeadilan" memiliki dua konsep penting.

“Yang pertama pelestarian cagar budaya dan entitas keragaman sosial budaya, mengapa diangkat keragaman karna antara kecamatan satu dan yang lainnya pasti memiliki ciri khas budaya masing-masing,” ucap Wali Kota Ternate.

Selanjutnya, yang kedua mengenai Mitigasi kebencanaan. Terkait mitigasi bencana telah dilakukan sejak tahun 2021 dan tetap diusulkan kembali untuk tahun 2025.

“Kemarin saya sudah pernah sampaikan ketika kita mengembangkan suatu kecamatan maka hal yang pertama yang harus dilihat adalah apa keunggulan Kecamatan tersebut, misalnya ciri khas budaya, ada yang beda dan bisa diangkat, lalu itu yang harus kita dorong,” ungkap Wali Kota.

Menurut Wali Kota keinginan publik atau aspirasi masyarakat di Kecamatan Ternate Tengah dengan kecamatan lain pasti berbeda, karena karakter masing-masing wilayahnya berbeda, ada yang di wilayah pesisir, di perkotaan, atau yang sekitar pegunungan.

“Saya berharap semua usulan yang menjadi aspirasi masyarakat dapat terakomodir semua di tahun 2025," cetus Wali Kota.

Wali Kota juga berharap, semua perangkat daerah, pihak kecamatan, para pemangku kepentingan dan stakeholder lainnya, untuk bersama-sama saling berkoordinasi dan berkomitmen, untuk melihat urgensi kebutuhan dalam merumuskan usulan program kegiatan setiap tahun melalui pelaksanaan Musrenbang ini, dengan memperhitungkan ketercapaian target indikator dan capaian pada program RPJMD yang telah terintegrasi. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Pimpin Pawai Obor pada Festival Ela-Ela di Dufa-Dufa

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Dae ...

#

Dampingi Sultan Ternate, Wali Kota Bakar Obor Perayaan Malam Ela-Ela

PEMKOT TERNATE – Perayaan malam Lailatul Qodar di Kota Ternate ditandai dengan dinyalaka ...

#

Wali Kota Salurkan Zakat Bagi Para Pengasuh TPQ se-Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka merealisasikan Ternate Kota Zakat, Badan Amil Zakat Nasion ...

#

Sampaikan LKPD tahun 2023 ke BPK RI, Sekda: Pemkot Ternate Siap Pertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM mewakili ...